Iklan Header

PPT AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD, MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR


PPT AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD, MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR

Bagi bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan yang sudah menyelesaikan kegiatan Platform Merdeka Mengajar Pengembangan Diri Pelatihan Mandiri pada Topik Merdeka Belajar Modul Pelatihan Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik, Mendidik dan Mengajar, Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh, Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti, Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan, akan diminta untuk melakukan aksi nyata sebagai tugas akhir kegiatan.

Ada 2 (dua) pilihan Aksi nyata pada Topik Merdeka Belajar, yaitu: Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar atau Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar.

Bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan diminta untuk memilih salah satu untuk dijadikan aksi nyata yang akan dilakukan.

PILIHAN AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR

Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar
Aksi Nyata:
  1. Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.
  2. Komunikasikan pemahaman tentang topik Merdeka Belajar kepada audiens sasaran (murid/teman sejawat/orang tua/komunitas/lainnya) yang menurut Anda perlu memahami konsep ini.
  3. Pemahaman boleh disampaikan melalui media (presentasi/video/poster/booklet/lagu/puisi/dll) untuk audiens sasaran. Bisa luring (forum diskusi guru seperti KKG sekolah, MGMP, dll) maupun daring melalui media sosial.
  4. Buatlah form umpan balik untuk disebarkan pada audiens, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5)
    Minta audiens Anda melanjutkan kalimat ini;
    Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir .............., ternyata .................
    Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ................
  5. Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya
  6. Unggah bukti dokumentasi kegiatan, hasil pengisian form feedback (dari poin 4), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 5)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar
Aksi Nyata:
  1. Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.
  2. Buatlah strategi penerapan Merdeka Belajar sesuai dengan pemahaman Anda
  3. Koneksikan/hubungkan konsep Merdeka Belajar yang Anda pahami dengan konsep, materi dan pengalaman lain Anda selama ini.
  4. Komunikasikan strategi Anda dalam bentuk visual (bisa berupa cerita bergambar/video/audio/infografis/karikatur/bentuk lain) yang menurut Anda menarik dan menjelaskan
  5. Buatlah form untuk mendapat umpan balik dari rekan Anda, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5)
    Minta audiens Anda menjawab pertanyaan ini:
    Bagaimana strategi yang disampaikan sesuai dengan tujuan merdeka belajar?
    Bagaimana strategi bisa diterapkan?
    Bagaimana kesesuaian strategi dengan target audiens?
  6. Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya
  7. Unggah bukti dokumentasi kegiatan, hasil pengisian form feedback (dari poin 5), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 6)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

PILIHAN AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD, MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR GURU DIKDAS LAMONGAN

Admin Guru Dikdas Lamongan memilih Aksi Nyata "Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar" untuk dijadikan bahan tugas akhir kegiatan pada Topik Merdeka Belajar.

Aksi nyata Topik Merdeka Belajar "Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar" ini Admin komunikasikan di sekolah tempat bertugas Admin kepada teman sejawat sebagai audiens sasaran melalui media presentasi berupa PPT (PowerPoint Presentation) dengan metode luring (luar jaringan) atau tatap muka.

SIMAK PDF PPT AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD, MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

Sebelum bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan mengunduh PPT Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar Jenjang SD, Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar yang nantinya akan Admin bagikan.

Simak terlebih dahulu PPT (PowerPoint Presentation) berikut ini yang sudah Admin unggah pada Lembar Aksi Nyata.


UNDUH PPT AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD, MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

Setelah melihat PPT (PowerPoint Presentation) Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar Jenjang SD, Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar diatas, jangan lupa untuk mengubahnya ke bentuk pdf untuk di unggah pada lembar aksi nyata.


Silahkan gunakan PPT Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar Jenjang SD, Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar ini sebagai bahan referensi untuk disampaikan kepada audiens sasaran.

Selamat beraksi bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan.
Sukses Platform Merdeka Mengajar.
Sukses Pengembangan Diri Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar.

Post a Comment

0 Comments