Iklan Header

Referensi Jawaban CGP Seleksi Wawancara Guru Penggerak

gurudikdaslamongan.id - Referensi Jawaban CGP Seleksi Wawancara yang akan ditanyakan oleh asesor dalam kegiatan lanjutan setelah pelaksanaan Seleksi Simulasi Mengajar.

Pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan bersifat personal sesuai dengan kondisi bapak dan ibu selaku peserta CGP alami baik secara pribadi maupun secara umum.

Sebagaimana yang telah lalu Admin Guru Dikdas Lamongan tulis dalam Rangkuman Pertanyaan Tes Wawancara Guru Penggerak. Siapkan Sejak Dini. Bapak dan ibu dapat mempersiapkan diri. Mengingat Admin hanya sebatas mengurai jawaban sesuai dengan kondisi yang Admin alami.

Referensi Jawaban CGP Seleksi Wawancara Guru Penggerak

Tentu, hal ini akan kembali kepada bapak dan ibu sendiri dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan oleh asesor.

Sebagai gambaran, dalam kurun waktu kurang lebih 60 menit, Anda akan ditanya terkait Seleksi Wawancara.

Referensi Jawaban Calon Guru Penggerak Seleksi Wawancara

Berikut ini bahan Referensi Jawaban CGP Seleksi Wawancara Guru Penggerak yang tentu saja jawaban yang Anda sampaikan menyesuaikan dengan apa yang peserta alami dan bagaimana menyikapi jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan yang bersifat jawaban pribadi.

Apa pendapat Anda tentang Guru Penggerak?
Yaitu guru yang mampu menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid dan mampu menjadi katalis perubahan pendidikan di sekolah maupun lingkungan.

Apa saja tugas Anda saat ini di sekolah?
Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran, menganalisis hasil pembelajaran, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian selain itu melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah.

Berapa lama Anda mengajar?
Kurang lebih 17 tahun.

Apa yang mendorong Anda sehingga ikut serta dalam program Guru Penggerak?
Ingin mengembangkan diri seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi agar selalu mampu berkolaborasi dan sebagai pengiring generasi.

Apa kelebihan yang Anda miliki?
Secara pribadi, saya tidak memiliki kelebihan namun saya ingin memiliki kemampuan dan kemauan yang kuat sebagai guru pembelajar yang berkelanjutan. Dengan adanya kemauan yang kuat itulah saya pribadi akan terus berliterasi dan menggali informasi agar dapat saya bagikan melalui blog yang saya kelola.

Apa motivasi Anda mengikuti seleksi sebagai Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak?
  1. Ingin menjadi katalis perubahan pendidikan.
  2. Ingin mengetahui kemampuan dan kelemahan dalam diri pribadi.
  3. Menggali potensi diri sebagai pengiring generasi.
  4. Mengembangkan kemampuan dan kemauan yang kuat sebagai pembelajar yang berkelanjutan.
  5. Menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi.
  6. Meningkatkan kualitas diri.
  7. Memperoleh pengalaman baru berkaitan dengan kegiatan guru penggerak.
Apa kesulitan terbesar yang pernah Anda alami mengajar?
Bagaimana langkah-langkah Anda dalam mengatasinya, siapa saja orang yang Anda libatkan dalam mengatasi masalah tersebut dan bagaimana hasilnya.
  • Bagaimana langkah-langkah Anda dalam mengatasinya?
    Kesulitan terbesar yang pernah saya alami ketika mengajar yaitu tidak adanya media maupun alat yang akan saya gunakan tidak ada. Dengan keterbatasan itulah saya berusaha untuk membuat media secara sederhana sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan media lain.
  • Siapa saja orang yang Anda libatkan dalam mengatasi masalah tersebut?
    Peserta didik dan guru.
  • Bagaimana hasilnya?
    Dengan keterbatasan media dan mengalihkan sesuai dengan fungsinya, hasilnya cukup memuaskan peserta didik dalam menerima pemahaman sebuah materi yang disampaikan.

Jika Anda lolos seleksi sebagai Guru Penggerak, hal apa yang akan Anda lakukan terhadap siswa maupun sekolah tempat Anda bertugas?
Ingin tetap selalu menjadi katalis perubahan pendidikan dengan terus menggali potensi diri sebagai pengiring generasi agar menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi.

Apakah pernah Anda melaksanakan suatu program atau kegiatan yang melebihi dari target yang sudah ditentukan?
Jika pernah, apa nama program kegiatan dan apa hambatan serta kesulitan yang Anda hadapi serta bagaimana cara Anda menyikapinya.
Jawab: Melihat kondisi dan lingkungan yang ada di sekolah, saya memberanikan diri untuk membuat program ekstra renang yang dilaksanakan setelah kegiatan PTS dan PAS. Ternyata kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari seluruh stakeholder yang ada.

Apa potensi atau kelebihan yang Anda miliki?
Secara pribadi, saya berkeinginan untuk selalu beristiqomah dalam belajar sehingga dapat menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi dengan meningkatkan kualitas diri dan terus menginformasikan program-program kemendikbudristek melalui blog yang saya kelola.

Apa yang sudah Anda lakukan untuk menciptakan perubahan?
Secara khusus bagi peserta didik yaitu melakukan perubahan dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid meski dengan minimnya sarana prasarana melalui teknologi.
Secara umum bagi diri pribadi dan guru yaitu menciptakan sebuah informasi yang bergerak dan sewaktu-waktu dapat terbuka terarsip melalui dunia maya.

Bagaimana menjalin hubungan dengan teman dan atasan?
Yaitu dengan saling bertukar informasi, pendapat, inovasi, kreasi yang bersifat membangun demi kamjuan pendidikan.

Bagaimana cara Anda dalam mengambil keputusan?
Contoh kejadian saat Anda mengambil keputusan secara langsung tanpa ada orang lain.
Tetap melihat kondisi yang timbul akibat sebuah kejadian.

Bagaimana cara Anda mengembangkan diri?
Dalam hal Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, saya terus memantau Portal Layanan Program GTK Kemendikbud sehingga saya dapat mengikuti program-program yang di sampaikan melalui diklat maupun bimtek. Selain itu, selama proses pandemi, saya berusaha untuk menulis sebuah buku yang ber-ISBN.

Apakah Anda pernah mencari pengetahuan secara mandiri?
Ya, melalui media maya dan teman sejawat didalam maupun diluar lingkungan sekolah.

Pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban diatas hanya sebagai gambaran dari sebuah Referensi Jawaban CGP Seleksi Wawancara Guru Penggerak.

Jawaban-jawaban diatas jangan dijadikan patokan mutlak atas apa yang akan bapak dan ibu sampaikan, cukup sebagai bahan literasi pribadi agar bapak dan ibu tidak merasa was, canggung, hingga merasa cemas dalam menjawab.

Cukup sampaikan jawaban sesuai dengan topik pertanyaan yang ada. Tetap semangat dan semoga berhasil menuju tahap Pengumuman Calon Guru Penggerak.

Post a Comment

0 Comments