Cek Keaslian Surat Resmi dari Kemendikbudristek, Begini Caranya

Cek Keaslian Surat Resmi dari Kemendikbudristek. Caranya cukup mudah, apalagi di saat-saat seperti ini sering kali terdapat email masuk ke instansi yang bergerak dalam dunia pendidikan khususnya sekolah.

Entah itu sekolah tempat bapak ibu mengajar atau bahkan sering kali Operator Sekolah juga mendapat surat yang berasal dalam tanda kutip "seolah-olah itu dari Kemendikbud" yang dikirim via surat elektornik maupun melalui POS.

Untuk mengetahui keaslian surat tersebut atau mengenali surat yang kita terima itu asli atau palsu? maka Cek Keaslian Surat Resmi dari Kemendikbudristek.

Agar, sekolah atau bapak dan ibu guru tidak menjadi korban sasaran penipuan yang mengatasnamakan lembaga atau instansi pemerintah.

Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui apakah surat yang kita terima atau keluar dari Kemendikbudristek itu benar adanya? Simak informasi lebih lanjut berikut ini.

Cek Keaslian Surat Resmi dari Kemendikbudristek, Begini Caranya

Cara Cek Keaslian Surat Resmi dari Kemendikbudristek

Untuk memeriksa keaslian surat dari lingkup Kemendikbudristek, caranya cukup mudah, apalagi baru-baru ini terdapat Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang keluar, Nomor 2796/B/GT.00.06/2021 tentang Seleksi PPPK Guru Tahun 2021.

Simak caranya untuk melakukan pengecekan keaslian surat dari kemendikbudristek secara online melalui SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik) berikut ini.
  1. Akses SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik) atau klik tautan berikut agar langsung menuju portal: https://persuratan.kemdikbud.go.id/
  2. Klik kolom Cek Surat.
  3. Masukkan Nomor Surat dan Kode Pengaman (tanpa spasi)
  4. Klik Cek Surat Keluar.
Maka Anda akan ditampilkan secara rinci diantaranya: Tanggal surat, Penandatangan, Perihal, Unit Kerja, dan Penerima Surat.

Untuk mengetahui alurnya, simak langkah-langkah yang sudah Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan atau lihat gambar diatas.

Mudah bukan cara untuk mengetahui keaslian surat resmi dari Kemdikbudristek, teliti dan pahami terlebih dahulu dalam membaca dan memahami surat agar sekolah atau bapak ibu guru tidak menjadi korban penipuan. 

Semoga, Cek Keaslian Surat Resmi dari Kemendikbudristek yang Admin sampaikan dapat menambah wawasan bapak atau ibu guru sekalian. Share ke Sosmed (Sosial Media) yang bapak ibu miliki sebagai pengingat dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments