Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud Tahap 1 dilaksanakan 9 Hari, Simak Tahap Kegiatan Pelaksanaan

Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Bimbingan Teknis (Bimtek), Pelatihan, dan Pengimbasan.

Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud yang dilaksanakan dalam kurun waktu 9 hari ini merupakan kegiatan yang dirancang untuk menjawab tantangan guru-guru di sekolah selaku penyelenggara pendidikan inklusi agar mereka mampu melayani keragaman peserta didik di kelasnya masing-masing.

Untuk mengetahui Apa Itu Pendidikan Inklusif, maksud, tujuan, dan ruang lingkupnya, Admin Guru Dikdas Lamongan juga sudah menyampaikan pada artikel sebelumnya, terkait Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud. (Simak: Apa Itu Pendidikan Inklusif? Ikuti Bimtek Pendidikan Inklusif Pada Portal GTK Kemendikbud, 2 Sertifikat dan Piagam Penghargaan).

Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud Tahap 1 dilaksanakan 9 Hari, Simak Tahap Kegiatan Pelaksanaan

Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud

Apabila guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Administrasi Sekolah yang hendak mengikuti Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud, simak seputar kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud berikut ini.

Tahap Kegiatan Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif

Pengantar Tahap Bimtek
Pada Pengantar Tahap Bimtek – Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif, peserta diminta untuk membaca arahan jika ingin lolos pada tahap ini, karena pada tahap ini peserta perlu mendapat nilai >=70 untuk tuntas Bimtek.

Jika semua terlampaui, maka peserta akan mendapat sertifikat senilai 32 JP setelah mengisi kuesioner.

Persiapan Bimtek - Tes Awal
Pada tahap ini, peserta diminta untuk menjawab tiap soal dengan memilih jawaban yang paling tepat dan akan diberi waktu 50 menit untuk menyelesaikan 25 butir soal.

Klik tombol di kanan bawah (Next) untuk menuju pertanyaan berikutnya dan soal terakhir untuk mengakhiri kuis berupa Quit Summary.

Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud 9 Hari, Simak Tahap Kegiatan Pelaksanaan

Ingat! Jawaban yang sudah dipilih tidak bisa diulang kembali.

Keberagaman Peserta Didik

Pada kegiatan Keberagaman Peserta Didik, peserta akan melaksanakan kegiatan belajar dan beberapa aktivitas.

Aktivitas pembelajaran Keberagaman Peserta Didik akan dilaksanakan selama 3 hari yang terinci sebagaimana berikut:
  • Pembelajaran Hari Pertama
    Untuk hari pertama, peserta akan melaksanakan 2 Aktivitas kegiatan pembelajaran, yaitu: Aktivitas 1. Pendahuluan - Keberagaman Peserta Didik dan Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik.
    Peserta diminta untuk menanggapi pertanyaan dengan menuliskan 150 kata pada kotak yang sudah disediakan.
  • Pembelajaran Hari Kedua
    Untuk hari kedua, peserta akan melaksanakan 1 Aktivitas kegiatan pembelajaran, yaitu: Aktivitas 3. Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.
    Peserta diminta untuk menanggapi pertanyaan dengan menuliskan 150 kata pada kotak yang sudah disediakan.
  • Pembelajaran Hari Ketiga
    Pada kegiatan hari ketiga ini, peserta akan mempelajari tentang ruang lingkup pada Aktivitas 4. Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Pada kegiatan ini peserta akan mempelajari tentang kebutuhan pembelajaran dari masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus, kemudian peserta diminta untuk menjawab pertanyaan dan menuliskan hasil jawaban minimal sebanyak 150 kata pada kotak yang juga sudah disediakan.
    Setelah selesai menyelesaikan Aktivitas 4, peserta kegiatan akan melanjutkan kegiatan ke Aktivitas 5. Penilaian Keberagaman Peserta Didik. Pada kegiatan tersebut peserta akan mempelajari materi keberagaman peserta didik setelah itu peserta diminta untuk menjawab soal pilihan.
    Untuk kegiatan pada Aktivitas 6. Refleksi Keberagaman Peserta Didik. Pada aktivitas ini, peserta diminta untuk mengunggah pernyataan di salah satu media sosial: twitter, instagram, atau facebook dilengkapi dengan teks berikut: #GBBInklusif #PendidikanInklusif, kemudian menscreenshoot (tangkap layar) post tersebut yang dilengkapi dengan komentar-komentarnya lalu diunggah pada menu upload yang sudah disediakan.

Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
Pada kegiatan Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, peserta akan melaksanakan kegiatan belajar dan 5 Aktivitas kegiatan pembelajaran sebagai lanjutan pada aktivitas sebelumnya.

Aktivitas pembelajaran Konsep Dasar Pendidikan Inklusif akan dilaksanakan selama 2 hari yang terinci sebagaimana berikut:
  • Pembelajaran Hari Keempat
    Pada kegiatan Pembelajaran Hari Keempat, peserta akan mempelajari beberapa aktivitas, antara lain:
    Aktivitas 1. Stimulus Pembelajaran.
    Aktivitas 2. Pengantar Sapaan – Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.
    Aktivitas 3. Pengantar Alur Pembelajaran – Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.
    Aktivitas 4. Hakikat Pendidikan Inklusif dan Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif – Tahap Bimtek.
    Aktivitas 5. Sekolah Ramah Anak dan Kuis Sekolah Ramah Anak – Tahap Bimtek.
Khusus pada Aktivitas 1, 2, dan 3, peserta diminta untuk menyimak materi yang ditampilkan pada layar terkait Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.
Pada Aktivitas ke 4 dan ke 5, peserta diminta untuk menyimak materi dan menjawab pertanyaan kemudian menuliskan hasil jawaban minimal sebanyak 150 kata pada kotak yang juga sudah disediakan.
  • Pembelajaran Hari Kelima Bagian 1
    Pada kegiatan ini, peserta akan mempelajari:
    Aktivitas 6. Mekanisme Layanan PDBK
    Aktivitas 7. Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.
    Aktivitas 8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.
Penjelasan terkait Pembelajaran Hari Kelima Bagian 1 sebagai berikut:
Pada Aktivitas 6, peserta akan mempelajari modul lanjutan tentang Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, kemudian pada Aktivitas 7, peserta diminta untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta dengan menjawab soal pilihan. Khusus untuk Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, peserta diminta untuk mengunggah pernyataan terkait topik Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, mengapa pendidikan inklusif penting diterapkan. Posting pernyataan di salah satu media sosial: twitter, instagram, atau facebook dilengkapi dengan teks berikut: #GBBInklusif #PendidikanInklusif, kemudian menscreenshoot (tangkap layar) post tersebut yang dilengkapi dengan komentar-komentarnya lalu diunggah pada menu upload yang sudah disediakan.

Sistem Layanan Pembelajaran
Pada kegiatan Sistem Layanan Pembelajaran, peserta akan melaksanakan kegiatan belajar dan beberapa aktivitas.

Aktivitas Sistem Layanan Pembelajaran akan dilaksanakan selama 3 hari yang terinci sebagaimana berikut:
  • Pembelajaran Hari Kelima Bagian 1
    Aktivitas 1. Pendahuluan - Sistem Layanan Pembelajaran
  • Pembelajaran Hari Keenam
    Aktivitas 2 Pengantar Alur Pembelajaran - Sistem Layanan Pembelajaran
    Aktivitas 3 Identifikasi
  • Pembelajaran Hari Ketujuh
    Aktivitas 4 Asesmen dan Planning Matrix
    Aktivitas 5 Akomodasi Kurikulum
  • Pembelajaran Hari Kedelapan
    Aktivitas 6 Program Pembelajaran Individual (PPI)
    Aktivitas 7 Kuis PPI
    Aktivitas 8 Penilaian Sistem Layanan Pembelajaran
    Aktivitas 9 Refleksi Sistem Layanan Pembelajaran
    Tes Akhir

Setelah peserta mengikuti serangkaian kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud Tahap 1 dilaksanakan 9 Hari, maka pada akhir kegiatan akan dilaksanakan Tes Akhir.

Tes Akhir ini dapat dilanjutkan ke Tahap 2 apabila pada mendapat nilai >=70 untuk tuntas Bimtek, atau minimal menjwab 19 butir soal dengan benar.

Untuk lebih lanjut terkait Bimtek Pendidikan Inklusif Kemendikbud Tahap 2, tunggu informasi pada Guru Dikdas Lamongan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments