Apa Itu Pendidikan Inklusif? Ikuti Bimtek Pendidikan Inklusif Pada Portal GTK Kemendikbud, 2 Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Apa itu Pendidikan Inklusif

Pendidikan Inklusif adalah Program pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif merupakan program yang dirancang khusus untuk guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

Apa Itu Pendidikan Inklusif? Ikuti Bimtek Pendidikan Inklusif Pada Portal GTK Kemendikbud, 2 Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Bimtek Pendidikan Inklusif Pada Portal GTK Kemendikbud

Bimtek Pendidikan Inklusif yang akan diikuti oleh peserta yaitu dapat meningkatkan pengetahuan guru terhadap konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus dan dapat memberikan pengalaman terhadap guru dalam melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).

Peserta Bimtek Pendidikan Inklusif

Siapa saja peserta yang berhak mengikuti Bimtek Pendidikan Inklusif, yaitu mereka-mereka dari kalangan guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Administrasi Sekolah yang Telah memiliki Akun SIMPKB serta tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek Daring Pemenuhan GPK.

Tujuan Program Bimtek Pendidikan Inklusif

Tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif yang dilaksanakan melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud, antara lain:
  1. Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  2. Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  3. Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

Pola dan Rincian Tahapan Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif

Pola Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif

Pola Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif dilaksanakan secara bertahap dan terbagi menjadi 4 tahap kegiatan, yaitu: Bimtek, Pelatihan, Microlearning, dan Pengimbasan.

Untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, peserta wajib melaksanakan masing-masing tahapan secara berurutan (Tahap Orientasi, Tahap Bimtek, Tahap Pelatihan, Tahap Microlearning, dan Tahap Pengimbasan) dengan nilai atau menyelesaikan kegiatan dengan hasil yang memuaskan.

Rincian Tahapan Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif

  1. Tahap Orientasi
    Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
  2. Tahap 1 Bimtek
    Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran.
    Pada tahap ini peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur setiap harinya dengan ekuivalensi 4 JP/hari dan peserta yang dinyatakan Tuntas Bimtek akan mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP.
  3. Tahap 2 Pelatihan
    Pada tahap ini peserta akan diberikan latihan untuk melaksanakan identifikasi, melakukan asesmen dan menyusun planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
    Pada tahap ini peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan 32 JP setelah mengakses microlearning dan melakukan pengimbasan dengan mengunggah URL video pengimbasan ber-platform youtube di SIM Ayo Guru Belajar.
  4. Tahap 3 Microlearning
    Pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pelengkap/penunjang berupa microlearning yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).
    Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.
  5. Tahap 4 Pengimbasan
    Pada tahap ini peserta diharapkan melakukan pengimbasan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Bimtek Pendidikan Inklusif pada satuan pendidikan tempat peserta mengajar, kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.
    Peserta mendokumentasikan kegiatan pengimbasan dalam bentuk video kemudian mengunggah URL video pengimbasan tersebut ke SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
    Pada tahap ini peserta akan mendapatkan Piagam Penghargaan bagi satuan pendidikan yang akan mencantumkan nama-nama peserta tuntas Bimtek dan Pelatihan.
Jadi, peserta Bimtek Pendidikan Inklusif ini nanti akan mendapatkan 2 Sertifikat dan Piagam Penghargaan apabila berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian program kegiatan yang disajikan.

Jadwal Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jadwal Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif Pada Portal GTK Kemendikbud, simak pada image berikut ini:

Jadwal Pelaksanaan Bimtek Pendidikan Inklusif

Hasil Kegiatan Bimtek Pendidikan Inklusif

Hasil yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif, antara lain:
  1. Meningkatnya pengetahuan guru terhadap konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  2. Meningkatnya pengalaman guru dalam melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  3. Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.
  4. Terdukungnya implementasi kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apakah bapak dan ibu guru tertarik? Mengingat ini adalah program Kemendikbud, maka segera ikuti dan dapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang Pendidikan Inklusif melalui Bimtek Pendidikan Inklusif Pada Portal GTK Kemendikbud.

Post a Comment

2 Comments

  1. Surat pemberitahuan bimtek seri pedidikan inklusif tidak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nyari Om, klo ada pasti udah tak share

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.