PROGRAM GURU BELAJAR DAN BERBAGI SERI BELAJAR MANDIRI CALON GURU ASN PPPK, SIMAK PROSES PENDAFTARAN


Mulai tanggal 3 Maret sampai dengan 12 April 2021, Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini dibuka dan dikhususkan bagi Bapak dan Ibu Guru Non PNS yang sudah terdaftar di Aplikasi Dapodik dan telah memiliki Akun SIMPKB.

Untuk mengenal lebih jauh tentang program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, Admin Guru Dikdas Lamongan akan sedikit memberikan beberapa gambaran mengenai program tersebut, mulai dari Tujuan, Pola Pelaksanaan, Tahapan, Jadwal Pelaksanaan, Hasil, dan Proses Pendaftaran.

PROGRAM GURU BELAJAR DAN BERBAGI SERI BELAJAR MANDIRI CALON GURU ASN PPPK, SIMAK PROSES PENDAFTARAN
Simak Proses Pendaftaran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK adalah program yang dirancang dan disediakan oleh Kemdikbud khusus bagi Bapak dan Ibu Guru Non PNS yang terdaftar di Aplikasi Dapodik dan telah memiliki Akun SIMPKB sebagai calon pendaftar agar lebih siap dalam menghadapi seleksi guru ASN PPPK.

Peserta yang mengikuti program kegiatan ini akan diberikan Materi, Perangkat, Latihan soal-soal, Community Learning serta Tryout sebagai tambahan bekal untuk mengikuti seleksi.

Tujuan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Ada 3 (tiga) tujuan yang disampaikan dalam Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, antara lain:
  1. Peserta mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Guru ASN PPPK.
  2. Peserta mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang mudah, ringan, ringkas.
  3. Peserta mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam membangun pengetahuan dan keterampilannya.

Pola Pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Masing-masing peserta akan melaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK ini sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh sistem.
  1. Fleksibilitas Waktu
    Untuk pola pelaksanaannya sendiri, dapat dilaksanakan secara Fleksibel, jadi peserta dapat mengatur sendiri waktu belajar menyesuaikan waktu luang yang dimiliki selama kurun waktu tersebut.
  2. Bahan Ajar atau Modul
    Sistem bahan belajar mandiri yang disajikan dengan mengedepankan konsep mudah, ringan, ringkas, jadi peserta dapat mengikuti kegiatan secara bertahap atau dapat mempelajari modul-modul yang dapat di unduh dan dipelajari.
  3. Kolaboratif
    Peserta dapat belajar secara berkelompok dengan rekan guru serumpun agar dapat mempelajari dan menguasai bahan ajar atau modul yang disampaikan.

Tahapan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Ada 2 (dua) tahap yang akan di ikuti oleh peserta, yaitu Tahap 1 berupa Fasilitasi Pembelajaran dan Tahap 2 berupa Tryout Modul Belajar Mandiri.

Pada tahap 1 (Fasilitasi Pembelajaran) ini, peserta secara mandiri atau berkolaborasi secara berkelompok dengan rekan guru serumpun dapat: a) Mempelajari substansi pedagogi dan bidang studinya masing-masing. b) Peserta dapat memanfaatkan fasilitas komunitas pembelajaran dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya. c) Mencoba beberapa soal formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman pada substansi yang telah dipelajari.

Pada tahap 2 (Tryout Modul Belajar Mandiri), peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti latihan (tryout) berupa soal-soal pedagogi dan bidang studinya masing-masing (guru kelas atau guru mata pelajaran) setelah proses belajar mandiri atau berkolaborasi secara berkelompok dengan rekan guru serumpun dilakukan. Peserta yang telah mengikuti tryout dapat kembali ke Tahap 1 (Fasilitasi Pembelajaran) untuk melakukan pendalaman materi pedagogi dan materi sesuai bidang studinya masing-masing. Sehingga lebih meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

Jadwal Pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Jadwal Fasilitasi Pembelajaran untuk Pemilihan Mata Pelajaran akan dilaksanakan mulai 3 Maret sampai dengan 12 April 2021 dan mulai tanggal 3 Maret sampai dengan 18 April 2021 berupa Fasilitasi Pembelajaran.

Untuk jadwal pelaksanaan Try Out akan dimulai tanggal 15 Maret sampai dengan 17 Mei 2021.

Hasil Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Hasil yang didapatkan apabila peserta mengikuti program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, yaitu:
  1. Peserta dapat merefresh kembali pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat sebelumnnya.
  2. Memberikan pengalaman baru kepada peserta terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran.
  3. Peserta dapat memanfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilan.
  4. Peserta akan lebih siap dalam menghadapi seleksi calon guru ASN PPPK.

Proses Pendaftaran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Untuk dapat mengikuti Program Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK sebagai bekal khususnya Bapak atau Ibu Non PNS, terlebih dahulu siapkan Akun SIMPKB yang Anda miliki, kemudian simak tahapan atau proses yang akan Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan.
  1. Buka Portal Layanan Program GTK Kemendikbud kemudian pilih Guru Belajar dan Berbagi.
  2. Klik Portal pada Guru Belajar dan Berbagi.
  3. Klik Ayo Guru Belajar. Setelah jendela baru terbuka,
  4. Cari Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK kemudian klik Selengkapnya.
  5. Klik Mulai Belajar.
  6. Masukkan Username dan Password SIMPKB.
  7. Setelah berhasil login, pilih Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK dan klik Selengkapnya.
  8. Klik DAFTAR kemudian Pilih salah satu mata pelajaran yang ingin diikuti.
  9. Pada point 8, Pilih salah satu mata pelajaran yang ingin diikuti. Pastikan mapel yang dipilih sesuai dan atau linear dengan prodi kelulusan D4/S1 terakhir. Baca terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan, jika sudah klik Pilih Mata Pelajaran dan centang pada kotak kemudian klik DAFTAR.
  10. Jika sudah, maka proses kegiatan Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK sudah dapat dimulai. Silakan klik Tautan Fasilitasi untuk mengakses Fasilitasi Pembelajaran yang meliputi Materi, Perangkat, Comunity Learning dan Latihan Soal.
  11. Untuk selanjutnya peserta dapat memulai proses belajar sesuai dengan Modul Belajar Mandiri yang telah disediakan. Klik bagian Pendahuluan, PGSD, dan Pedagogi.
Untuk lebih lanjut, simak Alur Proses Pendaftaran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK melalui PDF berikut ini.


Semoga dengan mengikuti alur Proses Pendaftaran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK dapat membantu Bapak atau Ibu Guru Non PNS dalam melakukan proses regeristasi. (Diyan Shodik/Guru Dikdas Lamongan).

Post a Comment

0 Comments