Mau Lolos PPPK Segera Ikuti Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Apakah anda berkeinginan mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan ingin mengetahui kompetensi serta mampu melakukan sesuai kompetensi yang Anda miliki.


Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja merupakan program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan Kompetensi guru bagi calon peserta PPPK.

Mau Lolos PPPK Segera Ikuti Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Hadirnya Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti tes seleksi Guru PPPK.

Pada kesempatan kali ini, Admin akan mencatakan point-point penting tentang Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang meliputi:
  1. Apa itu program Guru Belajar seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)?
  2. Apa tujuan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?
  3. Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?
  4. Apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?
  5. Apa saja tahapan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?
  6. Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?
  7. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan.

Apa itu program Guru Belajar seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru Non PNS dalam memahami tujuan pembelajaran mandiri calon Guru PPPK.

Apa tujuan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Tujuan utama dari Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang dapat diikuti oleh Guru Non PNS adalah:
  1. Guru mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal yang membekali pengetahuan dan keterampilan dalam mengikuti seleksi Guru PPPK.
  2. Guru mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, ringkas).
  3. Guru mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilannya.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

  1. Semua guru non PNS.
  2. Telah memiliki Akun SIMPKB.

Bagi yang belum memiliki Akun SIMPKB dan masuk dalam Aplikasi Dapodik, silahkan melakukan Regristasi Akun GTK secara mendiri.

Jika registrasi tidak berhasil atau terkendala, Silahkan menghubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/KKG/GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing untuk meminta bukti CETAK AKUN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Bagaimana jika sudah memiliki Akun SIMPKB namun lupa akan passwordnya sehingga terdeteksi sudah pernah diaktifkan sebelumnya?
Anda dapat melakukan reset password melalui Admin PKB Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin P4TK naungan Anda.
Bila Anda hendak mencetak ulang akun (reset password), silakan minta cetak ulang (reset password) ke Ketua Komunitas KKG/MGMP atau Admin PKB Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK naungan Anda.

Apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Pelaksanaan kegiatan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, terdapat 3 (tiga) komponen secara pelaksanaannya, yaitu: Lebih FleksibelUser Friendly, dan Lebih Kolaboratif.
  1. Lebih Fleksibel yaitu pelaksanaan kegiatan dapat diikuti oleh peserta dengan mengatur sendiri waktu belajar menyesuaikan waktu luang.
  2. User Friendly yaitu Sistem bahan belajar mandiri disajikan dengan mengedepankan konsep mudah, ringan, ringkas.
  3. Lebih Kolaboratif yaitu Peserta dapat belajar dengan peserta atau rekan guru lainnya.

Apa saja tahapan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Terdapat 3 (tiga) tahapan pelaksanaan kegiatan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, diantaranya:
  1. Tahap 1
    Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai tantangan belajar mandiri, tujuan, manfaat, dan alur sistem belajar mandiri calon Guru PPPK, penjelasan pentingnya komunitas pembelajaran, penjelasan teknis dan penggunaan sistem bahan belajar mandiri.
  2. Tahap 2
    Pada tahap ini peserta akan disediakan bahan belajar mandiri dan latihan soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru, sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, dan ringkas), pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring dengan menggunakan konstruktivisme sosial melalui komunitas pembelajaran.
  3. Tahap 3
    Membiasakan calon guru PPPK mencoba soal-soal sesuai bidang studinya. Mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman substansi materi sesuai bidang studinya.

Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Yang akan didapatkan oleh peserta dalam kegiatan pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, antara lain:
  1. Pengalaman belajar yang seru.
  2. Pengalaman belajar bersama sesama guru.
  3. Lebih siap menghadapi seleksi guru PPPK.

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja terbagi menjadi 3 (tiga) tahap pelaksanaan kegiatan, yaitu:
  • Tahap 1 : Orientasi.
  • Tahap 2: Fasilitasi calon guru PPPK.
  • Tahap 3: Try Out.

Regristasi Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Regristasi calon peserta Program Guru Belajar Seri Pendidikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dapat di ikuti pada Portal Layanan Program GTK Kemendikbud.

Peserta dapat melakukan regristasi keikutsertaan dan mulai belajar pada portal dan memilih Seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Silahkan ditunggu proses regristasi dan tanggal pelaksanaan pada Jadwal Pelaksanaan Kegiatan.

Post a Comment

0 Comments