Jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD

Berikut Jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD yang terdiri dari 30 pertanyaan.

Simak pertanyaan dan jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD.

Jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD

[01] Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
  • ­čĹŹDigunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
  • Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
  • Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
  • Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah

[02] Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….
  • Survei karakter
  • ­čĹŹSurvei lingkungan belajar
  • Asesmen Kompetensi Minimum
  • Survei kualitas sekolah

[03] Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….
  • Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
  • ­čĹŹMengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
  • Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
  • Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah

[04] Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
  • Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
  • Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
  • ­čĹŹUjian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
  • Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring

[05] Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….
  • Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
  • Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama
  • ­čĹŹSoal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
  • Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya

[06] Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
  • ­čĹŹTeks informasi dan teks fiksi
  • Teks prosedur dan teks prosedur kompleks
  • Teks observasi dan teks deskripsi
  • Teks wacana dan teks argumentasi

[07] Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
  • ­čĹŹKompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
  • Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah
  • Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
  • Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa

[08] Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?
  • Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
  • ­čĹŹSoal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
  • Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
  • Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam

[09] Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
  • Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
  • Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
  • Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
  • ­čĹŹMenekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan

[10] Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
  • Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
  • Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
  • ­čĹŹHasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
  • Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten

[11] Perhatikan komponen berikut:
(a)  Konten
(b)  Proses kognitif
(c)   Proses non kognitif
(d)  Konteks

Manakah yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?
  • (a), (b), (c)
  • ­čĹŹ(a), (b), (d)
  • (a), (c), (d)
  • (b), (c), (d)

[12] Guru Anwar memberikan soal teks bacaan sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?
  • ­čĹŹMenemukan informasi tersurat
  • Membandingkan hal-hal utama dalam teks
  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
  • Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita

[13] Pada soal-soal literasi yang diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?
  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
  • ­čĹŹMenyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks
  • Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita
  • Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks

[14] Guru Aziz meminta siswa untuk memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?
  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain
  • Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra
  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks
  • ­čĹŹMengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks

[15] Pada asesmen numerasi tingkat SD, hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran 2 yaitu….
  • Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran
  • Mengenal limas kerucut dan bola
  • ­čĹŹMengenal prisma dan tabung
  • Mengenal balok dan kubus

[16] Menyelesaikan soal mengenai persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi yaitu….
  • Bilangan
  • Geometri dan pengukuran
  • ­čĹŹAljabar
  • Data dan ketidakpastian

[17] Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….
  • 1 level pembelajaran
  • 2 level pembelajaran
  • ­čĹŹ3 level pembelajaran
  • 4 level pembelajaran

[18] Analisis soal berikut dan temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!
  • Andi memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi …. kilogram.
  • ­čĹŹPerhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?/
  • KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….
  • Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?

[19] Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional sebelumnya?
  • Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan
  • Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD untuk memasuki jenjang SMP
  • Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa
  • ­čĹŹAsesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses

[20] Pada tingkat SD asesmen literasi maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?
  • Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.
  • Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.
  • Pada level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.
  • ­čĹŹPada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.

[21] Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
  • Berpusat pada materi pembelajaran
  • Belajar untuk cakupan materi
  • ­čĹŹBelajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
  • Berorientasi pada nilai akhir

[22] Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:
  1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
  2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
  3. Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
  4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi 
  5. Berorientasi pada nilai akhir
  6. Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks 
Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
  • 1), 3), 5)
  • 2), 4), 5)
  • ­čĹŹ3), 5), 6)
  • 1), 4), 6)

[23] Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
  • Perlu intervensi khusus
  • Dasar
  • ­čĹŹCakap
  • Mahir

[24] Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
  • Perlu intervensi khusus
  • Dasar
  • Cakap
  • ­čĹŹMahir

[25] Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
  • Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
  • Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan
  • ­čĹŹAsesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
  • Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah

[26] Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….
  • Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
  • Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
  • Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
  • ­čĹŹMengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya

[27] Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
  • ­čĹŹMenyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
  • Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
  • Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
  • Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa

[28] Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong  siswa untuk….
  • Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika
  • ­čĹŹMengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
  • Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika

[29] Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
  • Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
  • Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi
  • Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM
  • ­čĹŹMerefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa

[30] Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM  dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
  • ­čĹŹPelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
  • Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai
  • Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
  • Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan

Post a Comment

42 Comments

  1. Alhamdulillaah, sangat bermanfaat. Barokallooh ilmunya pak Dyan. Kami tunggu untuk pembuatan Laporan Bimteknya. Matur Nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu sertifikatnya dulu saja Pak/Bu. In Sha Allah nanti akan saya share Laporan Pengembangan Dirinya.

      Delete
  2. Alhamdulillah, trimakasih Bpk, sgt bermanfaat ilmuny

    ReplyDelete
  3. Matursuwun njeh pak dian,,sangat membantu saya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bu/Pak.
      Itu juga saya arsipkan. Sewaktu-waktu jika ada bimtek offline nya

      Delete
  4. Hebat pak, membantu sekali karena yg kali ini ad batas minimal nilai untuk dapat lulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Yang dinyatakan lulus itu diatas KKB atau KBM 70.

      Delete
  5. matur suwun pak semoga jadi ladang amal jenengan

    ReplyDelete
  6. pak laporan pengembangan diri seri masa pandemi covid19 sudah ada belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada Pak, saya post juga dulu setelah menerima sertifikatnya.
      Coba cari saja.

      Delete
  7. kalau sudah 100 persen coomplete pak, apa langkah slanjutnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal nunggu sertifikat, tapi ini ada juga pengimbasan.
      Tapi ndak tau kok tidak di informasikan melalui akun SIMPKB masing-masing peserta

      Delete
  8. Alhamdulillaah, sangat bermanfaat. Barokallooh ilmunya pak Dyan. Matur Nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sama-sama Pak/Bu. Itu juga mengarsipkan dan untuk bahan belajar apabila ada Diklat Offlinenya

      Delete
  9. Luar biasa sangat membantu sekali.
    terimakasih pak untuk semua nya. semoga bertambah rezky nya. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih Om, selagi masih bisa untuk mengarsipkan juga.

      Delete
  10. Terima-kasih..... dan sangat membantu sekali
    Smoga kedepannya semakin maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Om, selagi masih bisa untuk mengarsipkan juga.

      Delete
  11. Terima kasih mas Diyan, share materinya sangat membantu dalam mengikuti program bimtek Guru Belajar seri AKM tingkat SD. Semoga barokallah ilmunya dan keluarganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih Mbak. Ini juga mengarsipkan kegiatan juga kok.

      Delete
  12. Alhamdulillaaahh,, maturnuwun bantuannya... semoga sukses selalu.. Aamiin..

    ReplyDelete
  13. Terimakasih pak ... Semoga selalu dilimpahkan keberkahan

    ReplyDelete
  14. ajibbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

    ReplyDelete
  15. terima kasih atas bantuanya, semoga berkah selalu...

    ReplyDelete
  16. mohon di buatkan laporan pengembangan diri diklat AKM... pasti semakin banyak yang berkunjung di blog ini.. mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe
      Sudah Om, saya publish kemaren, tanggal 24 Januari 2021

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.