Download Laporan Pengembangan Diri Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kemendikud

Laporan Pengembangan Diri Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kemendikud Merupakan referensi laporan kegiatan peserta setelah melaksanakan kegiatan Bimtek Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Kegiatan Bimtek Asesmen Kompetensi Minimum ini diselenggarakan oleh Kemendikbud melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud pada kegiatan Guru Belajar.

Guru Belajar sendiri adalah program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin GTK dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

Program Guru Belajar yang dikembangkan melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud merupakan salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. 

Untuk itu pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Download Laporan Pengembangan Diri Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kemendikud

Pada kesempatan kali ini, Program Guru Belajar yang diikuti adalah Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Program pembelajaran yang dirancang bagi Guru dan Kepala Sekolah untuk dapat meningkatkan kompetensi berdasarkan literasi dan numerasi yang diharapkan dapat lebih mendorong perbaikan mutu pembelajaran.

Sebelum menuju ke Laporan Pengembangan Diri Bimtek AKM Kemendikud dan nantinya Bapak dan Ibu Peserta Bimtek mengunduh referensi laporan tersebut, alangkah baiknya kita kembali mengingat-ingat tentang:
  1. Apa itu program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.
  2. Tujuan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.
  3. Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.
  4. Pola kegiatan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.
  5. Tahapan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.
  6. Hasil kegiatan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Apa itu program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK, Guru/Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, SMALB, dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

Tujuan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Tujuan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum adalah:
  1. Memahami konsep Asesmen Nasional.
  2. Memahami bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional.
  3. Menganalisis contoh asesmen literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  4. Menganalisis contoh asesmen numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.
  5. Membaca dan menindaklanjuti laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum.
  6. Melakukan pengimbasan dengan mengajak rekan guru yang lain untuk mengikuti program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum adalah:
  1. Semua Guru SD, SMP dan SMA/SMK.
  2. Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK.
  3. Pengawas SD, SMP dan SMA/SMK.
  4. Semua Guru SDLB, SMPLB, dan SMALB.
  5. Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, dan SMALB.
  6. Peserta yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sederajat SD, SMP, SMA/SMK.
  7. Telah memiliki Akun SIMPKB.

Pola kegiatan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum

Pola pelaksanaan kegiatan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum dibagi menjadi 2 (dua) tahap, Tahap 1 yaitu pelaksanaan peserta bimtek di masing-masing angkatan dan Tahap 2 pelaksanaan pengimbasan.

Untuk tahap 1 pelaksanaan peserta bimtek di masing-masing angkatan adalah Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK, Guru/Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, dan SMALB, dan PKBM sederajat.

Sedangkan tahap 2 pelaksanaan pengimbasan adalah Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK, Guru/Kepala Sekolah SDLB, SMPLB, dan SMALB, dan PKBM sederajat yang telah menyelesaikan Tahap 1 (Bimtek) dengan nilai minimal 70 dan dilakukan di satuan pendidikan peserta.

Tahapan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Tahapan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum sebagaimana pola diatas terinci sebagaimana berikut:
  • Tahap 1 Bimtek
    Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada tahap Bimtek, peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerasi, serta membaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama 5 (lima) hari.
  • Tahap 2 Pengimbasan
    Peserta diharapkan dapat menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan peserta untuk mengikuti Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum. Peserta mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.

Hasil kegiatan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

Hasil yang diharapkan pada kegiatan program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum yaitu:
  1. Pengalaman belajar yang seru.
  2. Pengalaman belajar bersama sesama guru, kepala sekolah, pengawas, dan PKBM sederajat.
  3. Pemahaman terhadap Asesmen Kompetensi Nasional.
  4. Sertifikat Bimtek 32 JP dan Piagam Penghargaan.

Download Laporan Pengembangan Diri Bimtek Guru Belajar Seri AKM Kemendikud

Setelah peserta Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum melaksanakan serangkaian kegiatan dan menuntaskan setiap program, maka peserta nantinya akan mendapat Sertifikat Bimtek 32 JP dan Piagam Penghargaan.

Namun sebelum mengunduh Sertifikat Bimtek, peserta diwajibkan untuk mengisi kuesioner yang ada dan memberikan tanggapan.

Baru setelah itu Sertifikat Bimtek dapat diunduh pada tautan unduhan yang sudah disediakan.

Sertifikat Bimtek dapat di unduh sesuai dengan pemberitahuan pada Sertifikat Kegiatan di tiap-tiap angkatan peserta.

Download Laporan Pengembangan Diri AKM

Sebagai referensi Laporan Pengembangan Diri Bimtek AKM Kemendibud, peserta dapat mengunduh dan menyesuaikan pelaksanaan bimtek masing-masing angkatan di setiap jenjang baik SD dan SMP untuk angkatan 1, 2, 3 dan seterusnya.



Silahkan ubah waktu kegiatan laporan dan sesuaikan dengan Angkatan yang sudah bapak ibu peserta ikuti.

Bagi yang menginginkan Laporan Pengembangan Diri Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum berupa file word baik jenjang SD maupun SMP di setiap Angkatan sebagaimana referensi pdf diatas.

Caranya, silahkan Hubungi Admin pada WhatsApp di pojok kiri bawah, tuliskan "Laporan AKM Jenjang SD/SMP Angkatan ..." dan berikan donasi secukupnya minimal Rp. 10.000 ke Rekening BNI Kantor Cabang Senayan dengan Nomor Rekening 0374411084 atas nama Diyan Shodik Nurhadi Hadiyatullah, agar dapat membantu Admin untuk terus selalu berkarya.

Post a Comment

0 Comments