Contoh SKP PNS Guru Golongan IV b Sekolah Dasar

Contoh SKP PNS Guru Golongan IV b Sekolah Dasar sebenarnya tak jauh beda dengan SKP PNS Guru Golongan IV a.

Yang membedakan adalah Target yang akan ditempuh pada lembar Formulir Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil dalam kurun waktu 1 (satu) tahun di bulan Januari.


Contoh SKP PNS Guru Golongan IV b Sekolah Dasar

Pembelajaran/Pembimbingan/Tugas Tertentu

Seperti dalam Unsur Utama Pembelajaran/Pembimbingan/Tugas Tertentu, rincian-rincian untuk guru kelas sama dengan golongan-golongan yang lain, yang membedakan adalah AK pada masing-masing golongan.

Rincian pada lembar Formulir Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil Pembelajaran/Pembimbingan/Tugas Tertentu seperti:
  1. Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran, menganalisis hasil pembelajaran, melaksanakan tindak  lanjut hasil penilaian.
  2. Menjadi Guru Kelas.
  3. Menyusun kurikulum pada satuan pendidikannya.
  4. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap  proses dan hasil belajar.
  5. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.
  6. Melaksanakan pembimbingan pada kelas yang menjadi tanggung jawabnya (khusus Guru Kelas).
Untuk Guru Mata Pelajaran pada lembar Formulir Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil Jenjang Sekolah Dasar, entah itu Guru Mata Pelajaran Agama Islam atau Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, pada point 6 (enam) dihilangkan.


Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Untuk lembar Formulir Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB, guru membuat target yang akan ditempuh dengan menyesuaikan keinginan yang akan dicapai selama 1 (satu) tahun.

Sebagai contoh pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB, sebagai berikut:
  1. Melaksanakan pengembangan diri. Mengikuti Diklat Fungsional Lamanya 30 - 80 jam.
  2. Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru dengan 5 (lima) topik bahasan, yaitu : (1) menyusun RPP; (2) pengembangan Silabus; (3) pembehasan PTK; (4) penyusunan jurnal pembelajaran; (5) pengembangan materi ajar (0,15 AK/topik kegiatan).
  3. Membuat Karya Tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di perpustakaan.
  4. Membuat Artikel llmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/sekolah/madrasah dstnya).
  5. Menjadi peserta pada kegiatan ilmiah
Guru yang bersangkutan dapat merubah atau menambah komponen-komponen yang ada pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB.


Unsur Penunjang Formulir Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil

Unsur Penunjang Formulir Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil Guru Golongan IV b Sekolah Dasar dapat diisi sesuai dengan penunjang atau kegiatan yang mendukung tugas guru yang nantinya juga dimuat dalam DUPAK.

Meski isi dalam Unsur Penunjang Guru terdapat 3 (tiga) point utama, antara lain: a) Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya. b) Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru. c) Perolehan penghargaan/tanda jasa.

Tetapi isi dari masing-masing pilihan dapat menyesuaikan dengan kegiatan yang mendukung tugas guru, sebagaimana contoh berikut ini:
  1. Sebagai pengawas ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat Sekolah.
  2. Sebagai pengawas ujian penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat Nasional.
  3. Menjadi Anggota Aktif PGRI.
  4. Menjadi Anggota Pembina Pramuka.


Download Contoh SKP PNS Guru Golongan IV b Sekolah Dasar

Sebagai bahan referensi, silahkan Download Contoh SKP PNS Guru Golongan IV b Sekolah Dasar yang nantinya dapat kita pelajari bersama.


[DownloadContoh SKP PNS Guru Golongan IV b Sekolah Dasar.

Post a Comment

0 Comments