Bimtek AKM SMP Tahap 6 Asesmen Numerasi pada Tingkat SMP | Simak Soal dan Referensi Jawaban


Tinggal 2 tahap lagi peserta Bimtek AKM SMP akan segera menyelesaikan serangkaian tahapan dari Bimbingan Teknis Asesmen Kompetensi Minimum.

Pada Bimtek AKM SMP Tahap 6 Asesmen Numerasi pada Tingkat SMP, peserta bimtek akan mempelajari 7 (tujuh) sub materi kegiatan, diantaranya:
  1. Konsep Numerasi Tingkat SMP.
  2. Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Tingkat SMP.
  3. Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SMP.
  4. Contoh Butir Asesmen Numerasi Tingkat SMP.
  5. Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMP.
  6. Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 4: Asesmen Numerasi.
  7. Refleksi Topik 4: Asesmen Numerasi.

Bimtek AKM SMP Tahap 6 Asesmen Numerasi pada Tingkat SMP | Simak Soal dan Referensi Jawaban

Untuk lebih lanjut, simak arsip materi Tahap 6 Asesmen Numerasi pada Tingkat SMP berikut ini, agar nanti bila suatu saat dibutuhkan.

Konsep Numerasi Tingkat SMP

Numerasi termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum.

Numerasi merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas.

Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

Secara umum kompetensi numerasi ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini dalam penerapannya terkait dengan mata pelajaran lain yang siswa pelajari.

Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Tingkat SMP

Asesmen Numerasi yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 

Pada Numerasi konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.

Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.  Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik.

Simak gambaran Komponen Kompetensi Minimum Numerasi Tingkat SMP melalui infografis penilaian asesmen literasi membaca berikut ini.

Komponen Kompetensi Minimum Numerasi Tingkat SMP

Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Pada jenjang SMP/MTS terdapat 1 level pembelajaran. Pada level pembelajarannya terdapat 3 konten yang dipelajari yakni, bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, serta data dan ketidakpastian.

Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 8, siswa akan belajar merepresentasikan bilangan cacah. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, serta rasio dan proporsi.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link berikut ini: Level Pembelajaran 1 Numerasi.

Contoh Butir Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Pada tahap ini, Bapak dan Ibu peserta Bimtek AKM SMP akan mengenal contoh-contoh butir asesmen numerasi jenjang SMP/MTS.

Masing-masing soal terdapat beberapa level pembelajaran yang terbagi sesuai kompetensi materi.

Level Pembelajaran 1 Numerasi untuk kelas 8

Kompetensi: Memahami bilangan cacah (maks. enam angka)
  1. Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat  menggunakan  Teorema Pythagoras.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 1 level 1.
  2. Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 2 level 1.
  3. Menyelesaikan pertidaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 3 level 1.
  4. Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 4 level 1.
  5. Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 5 level 1.
  6. Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 6 level 1.
  7. Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 7 level 1.
  8. Menghitung peluang kejadian sederhana.
    Simak contoh soal: Contoh-contoh soal kompetensi 8 level 1.

Dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal asesmen numerasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas.

Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Pada aktivitas ini Bapak dan Ibu akan berlatih membuat butir soal numerasi yang akan membantu siswa Anda untuk berlatih menggunakan kompetensi numerasi untuk bernalar dalam pembelajaran di kelas.

Bagaimana langkahnya:
  1. Pertama, pahami kompetensi numerasi siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih kasus yang sesuai.
  2. Kedua, setelah memilih kasus sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi. 
  3. Ketiga, dari kompetensi numerasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan gambar yang Anda pilih tadi. 
Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, akan tetapi memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar numerasinya dalam penalaran.

Soal dan Referensi Jawaban Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Soal dan Referensi Jawaban Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Simak Soal dan Referensi Jawaban Latihan Membuat Soal Asesmen Numerasi Tingkat SMP yang nantinya dapat Bapak Ibu unggah dalam kotak latihan.
  • Soal Latihan
    Nah, sekarang Bapak dan Ibu dapat mengunggah contoh soal yang telah dibuat pada kuis berikut ini.
  • Referensi Jawaban
    Pak Ali berencana akan membangun sebuah rumah yang akan dihuni bersama isteri dan satu anak. Kriteria rumah yang ingin dibangun pak Ali adalah sebagai berikut:
    1) Pak Ali tidak memiliki asisten rumah tangga sehingga tidak membuat kamar asisten rumah tangga.
    2) Pak Ali tidak membuat kamar khusus tamu.
    3) Pak Ali ingin membuat dua buah kamar mandi
    Pak Ali membeli sebidang tanah yang luasnya 1 are. Pak Ali mengalokasikan 15 m2 dari tanah tersebut untuk dibuat halaman rumah. Apakah Pak Ali bisa membangun rumah yang ideal?

Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 4: Asesmen Numerasi

Pada akhir kegiatan dari Bimtek AKM SMP Tahap 6 Asesmen Numerasi pada Tingkat SMP, peserta diminta untuk merefleksikan kegiatan.

Refleksi Topik 4: Asesmen Numerasi

Pada Refleksi Topik 4: Asesmen Numerasi ini, peserta diminta menjawab soal yang nantinya dapat ditulis pada kolom yang disediakan.
  • Soal Refleksi
    Menurut Anda, apa informasi penting yang Anda peroleh setelah mempelajari materi pada topik Butir Soal Asesmen Numerasi Pendidikan Dasar? Apakah komptensi numerasi cukup dikembangkan dengan banyaknya latihan soal matematika?
  • Referensi Jawaban Refleksi
    Menurut Anda, apa informasi penting yang Anda peroleh setelah mempelajari materi pada topik Butir Soal Asesmen Numerasi Pendidikan Dasar?
    Jawab: Yaitu, butir-butir soal asesmen numerasi AKM melibatkan proses penalaran yang perlu dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas.

    Apakah komptensi numerasi cukup dikembangkan dengan banyaknya latihan soal matematika?
    Jawab: Ya. Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar numerasinya dalam penalaran.

Klik Tandai Telah Selesai untuk menuju tahap berikutnya, yaitu: Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum.

Berarti Bapak Ibu peserta telah selesai menuntaskan kegiatan Bimtek AKM SMP Tahap 6 Asesmen Numerasi pada Tingkat SMP.

Post a Comment

0 Comments