Verval Ijazah PPPK Segera Berakhir! Ketahui Perbedaan Metode Verval API, Status Verval Selesai, dan Status Dalam Proses Verifikasi

Kabar gembira bagi guru khususnya honorer dengan diadakannya Verval Ijazah pada laman Info GTK, sebagai persiapan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di tahun 2021.

Tetapi Verval Ijazah tersebut akan segera berakhir, banyak kabar yang beredar di dunia maya jika verval ijazah ini akan berakhir di bulan Desember atau sebelum tanggal 15 Desember 2020.

Bagi guru honorer yang belum dan akan melakukan verval ijazah, segera saja melakukan verval menggunakan akun masing-masing guru yang sudah teraktivasi dan tervalidasi.

Bagi yang sudah melakukan verval dan akan melakukan proses simpan, pastikan dulu pada kolom NIM, Nama, Nomor Ijazah, Nama PT, dan Prodi dengan teliti sebelum melakukan proses simpan tersebut.

Nah. Bagi guru honorer yang sudah diterima dan selesai melakukan verval dengan tanda kutip sukses, pastinya tinggal menunggu saja kapan Jadwal Persiapan Seleksi Guru PPPK 2021 dan berapa Jumlah Soal Ujian yang nantinya akan dilaksanakan.

Pastinya ada 5 (lima) Perbedaan Seleksi PPPK Guru Honorer 2021 yang sangat mencolok dengan tahun sebelumnya.

Verval Ijazah PPPK Segera Berakhir! Ketahui Perbedaan Metode Verval API, Status Verval Selesai, dan Status Dalam Proses Verifikasi

Bagi yang belum melakukan Verval Ijazah Guru Calon PPPK bagaimana, ketahui saja perbedaan status Metode Verval API, Status Verval Selesai, dan Status Dalam Proses Verifikasi.

Metode Verval API Pada Laman Info GTK

Sedikit penjelasan untuk status pada laman Info GTK yang terdapat tulisan Metode Verval API.

Metode Verval API, Application Programming Interface atau antarmuka pemrograman aplikasi merupakan sebuah software atau program yang memungkinkan para pengembang untuk mengintegrasikan data berupa ijazah dan mengizinkan dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan untuk saling terhubung satu sama lain.

Jadi, data yang berupa verval ijazah ini akan dihubungkan dan di integrasikan dengan data base PD Dikti agar sesuai.

Status Verval Selesai Pada Laman Info GTK

Jika pada tampilan Info GTK status verval selesai maka data antara keduanya sudah saling terhubung.

Jika data keduanya sudah saling terhubung, maka status verval dianggap selesai.

Maksud dari Status Verval Selesai, yaitu ajuan verval ijazah sudah diterima dan bapak atau ibu guru tidak perlu lagi melakukan verval ijazah kembali dan menekan tombol Perbaikan Hasil Verval, karena itu akan membatalkan ajuan verval ijazah yang sudah di setujui oleh admin verval.

Status Dalam Proses Verifikasi Pada Laman Info GTK

Untuk status verval dalam proses verifikasi, bapak dan ibu guru calon peserta PPPK diminta untuk menunggu proses verifikasi verval ijazah.

Apabila bapak atau ibu menggunakan metode verval upload dikarenakan kampus sudah tutup atau berubah nama dan lain sebagainya, maka akan di verifikasi manual dengan membandingkan data dengan melakukan pemeriksaan dokumen untuk uji kelayakan atau keabsahan. 

Proses verivikasi ini sedang dalam antrian pencocokan data antara perbaikan yang di ajukan dengan data yang ada pada PD DIKTI yaitu data hasil inputan kampus dimana bapak dan ibu kuliah.

Jadi pada tahap ini bapak dan ibu menunggu hasil verval yang dilakukan oleh verifikator.

Catatan Proses Verval Ijazah Yang Perlu Diketahui

Jika data hasil verval belum diupdate pada aplikasi Dapodik, bisa saja ijazah bapak dan ibu guru honorer yang tertera diriwayat pendidikan formal belum sama dengan hasil verval ijazah.

Apabila bapak dan ibu guru honorer menekan tombol Perbaikan Hasil Validasi berarti Anda akan menghapus data hasil verval ijazah dan menggantinya dengan yang baru.

Untuk itu, pastikan dulu proses perbaikan yang Anda lakukan sampai selesai atau data anda akan salah.

Jadi, bapak dan ibu guru honorer yang saat ini sedang atau masih melaksanakan verval ijazah, jangan sembarangan menekan tombol perbaikan jika memang tidak ada perbaikan data verval ijazahnya, karena data hasil verval akan kembali menjadi nol dan harus melakukan verval kembali dari awal.

Post a Comment

0 Comments