Penjelasan Singkat Menu Data Referensi Dapodik dan Cara Meringkas Singkatan Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD


Jika sebelumnya Admin sudah menjelaskan bagaimana cara Membuat Data User Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar.

Pada kali ini ada 2 (dua) hal yang sengaja akan kita bahas sebagaimana judul diatas.

Penjelasan Singkat Menu Data Referensi Dapodik dan Cara Meringkas Singkatan Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD

Menu Data Referensi Dapodik Pada Aplikasi E-Raport SD

Untuk menu Data Referensi Dapodik Pada Aplikasi E-Raport SD, terbagi menjadi beberapa sub menu, antara lain: Profil Sekolah, Data Guru, Data Siswa, Data Kelas dan Wali, Data Anggota Kelas, Data Mata Pelajaran, Data Pembelajaran, dan Data Ekstra Kurikuler.

Profil Sekolah
Pada profil sekolah ini, menampilkan identitas lembaga, seperti Nama Sekolah, NPSN, NSS, Alamat, Kode Pos, TeleponKelurahan, Kecamatan, Kabupaten / Kota, Propinsi, Website, E-Mail, Kepala Sekolah, dan NIP Kepala Sekolah.

Hasil tampilan pada profil sekolah ini sama dengan apa yang ada pada Dapodik, apabila ada yang kurang sesuai dengan profil sekolah yang ditampilkan, Admin dapat merubah dengan cara menekan tombol Edit di pojok kanan atas.

Yang dapat di edit pada profil sekolah yaitu: Nama Kepala Sekolah dan NIP Kepala Sekolah. Jika ada yang kurang sesuai, misal Kepala Sekolah Plt, maka silahkan mengubah pada menu Edit dan klik SIMPAN.

Data Guru dan Data Siswa
Data Guru berisikan kolom-kolom guru, seperti Nama, NIP, NUPTK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan menu Edit.

Khusus pada menu Edit di Data Guru, yang dapat di ubah adalah Gelar Depan, apabila memiliki gelar depan sebelum nama silahkan di isikan dan kemudian klik tombol SIMPAN.
 
Sedangkan pada Data Siswa berisikan kolom-kolom seperti NIS (Nomor Induk Siswa), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan menu Edit.

Untuk menu Edit pada Data Siswa ini, akan menampilkan Data Individu Siswa yang sudah di generete sesuai dengan Data Dapodik.

Yang dapat di ubah atau di edit pada Data Siswa adalah Data Pelengkap Rapor, jika ada yang kurang sesuai, maka Admin dapat mengubahnya kemudian klik SIMPAN.

Data Kelas dan Wali Kelas
Isian Data Kelas dan Wali Kelas pada menu Data Referensi Dapodik Pada Aplikasi E-Raport SD ini kurang lebih sama dengan menu Rombongan Belajar pada sub menu Reguler di aplikasi dapodik.

Tampilan isian pada Data Kelas dan Wali Kelas berisikan jumlah kelas yang ada pada sekolah, yang meliputi: Semester, Kurikulum, Tingkat, Jurusan, Nama Kelas, Wali Kelas, dan Jumlah Anggota berupa siswa pada masing-masing kelas.

Data Anggota Kelas
Pada data anggota kelas, berisi nama-nama peserta didik sesuai dengan tahun pelajaran, NIS, Nama Siswa dan Nama Kelas sesuai dengan rombel (rombongan belajar).

Data Mata Pelajaran dan Cara Meringkas Singkatan

Data mata pelajaran berisi Mata Pelajaran pada kelas reguler, isian yang ada pada data mata pelajaran di ambil dari hasil generete yang sudah dilakukan sebelumnya.

Isian data mata pelajaran yang tertampil adalah isian yang sama pada Aplikasi Dapodik (Rombongan Belajar - Reguler - Pembelajaran).

Cara Meringkas Singkatan
Pada tampilan Data Mata Pelajaran, pastinya ada mapel yang belum di Ringkas (Singkatan), hal ini dikarenakan mata pelajaran yang masuk adalah mata pelajaran Muatan Sekolah.

Cara Menambah Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD

Pada masing-masing sekolah, pastinya ada pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Arab, atau BTQ (Baca Tulis Al-quran) dan lain-lain sebagai mata pelajaran muatan sekolah.

Mata pelajaran ini terkadang ada pada rapor yang nantinya diberikan kepada peserta didik. Tergantung dari masing-masing lembaga.

Cara Menambah Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD
Cara Menambah Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD

Untuk menambah data mata pelajaran muatan sekolah, yang harus dilakukan oleh Admin Operator Sekolah yaitu menambah pelajaran pada Aplikasi Dapodik terlebih dahulu, jika sudah maka lakukan generete pada Aplikasi E-Raport dengan menekan tombol Menu Ambil Data User kemudian Sinkron Semua Data.

Cara lain yang dapat dilakukan setelah menambah mata pelajaran pada aplikasi dapodik yaitu dengan menekan tombol Menu Ambil Data User, klik tombol Sinkron Data Mapel pada DATA MAPEL DAN EKSTRA.

Jika sudah, periksa Data Mata Pelajaran apakah sudah tertampil mata pelajaran muatan sekolah yang sudah di generete. Ringkas data mapel yang tertampil.

Data Pembelajaran
Untuk data pembelajaran berisi mata pelajaran dari mulai kelas 1 (satu) sampai dengan kelas 6 (enam) di masing-masing kelas dan guru pengajar.

Data Ekstrakurikuler dan Cara Menambah Pada Aplikasi E-Raport SD

Untuk data Ekstrakurikuler pada lembaga atau sekolah, pastinya ada yang namanya Ekstrakurikuler Pramuka atau Ekstrakurikuler lainnya.

Dalam pembahasan Data Ekstrakurikuler, Admin Guru Dikdas Lamongan sendiri belum bisa memecahkan masalah, bagaimana cara menambah atau menampilkan ekstrakurikuler, meski pada aplikasi dapodik sudah di isikan kegiatan ekstrakurikuler dan sudah melakukan sinkron semua data pada E-Raport.

Penjelasan Singkat Menu Data Referensi Dapodik dan Cara Meringkas Singkatan Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD khusus pada Data Ekstrakurikuler dan Cara Menambah Pada Aplikasi E0Raport mungkin akan dibahas pada lain kesempatan.

Penjelasan Singkat Menu Data Referensi Dapodik dan Cara Meringkas Singkatan Data Mata Pelajaran Pada Aplikasi E-Raport SD

Untuk tahap selanjutnya, yaitu: Penjelasan Singkat Menu Data Referensi Lokal dan Cara Mengisi Pada Aplikasi E-Raport SD.*)

Post a Comment

0 Comments