Langkah Instalasi dan Update Versi Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Aplikasi E-Raport SD adalah aplikasi atau perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Untuk dapat menggunakan Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar, terdapat 2 (dua) hal yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah sebelum melakukan instalasi.

2 (dua) tersebut yaitu mengunduh Aplikasi e-RaporSD V 1.0 dan Updater e-RaporSD V 1.0 to V 1.1. dengan mengunjungi portal resmi atau dengan mengunjungi laman Download Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar.

Setelah mengunduh 2 (dua) Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar tersebut, pastikan terlebih dahulu pada laptop yang akan digunakan sudah terinstal Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Aplikasi E-Raport SD dapat digunakan apabila bersandingan dengan Aplikasi Dapodik, agar Operator Sekolah dan Guru dapat mengoperasikan dalam melakukan penginputan atau pengisian nilai, mengolah, dan melaporkan hasil belajar peserta didik.

Langkah Instalasi Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Langkah Instalasi Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Untuk melakukan instalasi, silahkan unduh terlebih dahulu Aplikasi e-RaporSD V 1.0 (Unduh Aplikasi e-RaporSD V 1.0).

Setelah terunduh, baru kemudian silahkan melakukan instalasi seperti pada aplikasi dapodik. Tunggu proses berjalan.

Sebagai bahan catatan:
  • Untuk menguninstall, masuk ke Control Panel > Add/Remove Programs.
    Mohon diperhatikan bahwa SELURUH DATA ERAPOR YANG TERSIMPAN AKAN DIHAPUS jika aplikasi di uninstall, 
  • Jika data sudah terisi, lakukan backup data terlebih dahulu sebelum menghapus atau menguninstall aplikasi.
  • Jangan sesekali uninstall Aplikasi jika Tidak ingin data terhapus.
  • Jika Muncul Updater, segera lakukan Update tanpa harus menghapus aplikasi lama.

Regristasi Admin Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Regristasi Admin Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Untuk registrasi awal pada Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar, silahkan aktifkan level user sebagai Admin terlebih dahulu sebelum membuat Data User untuk guru yang ber NIP dan yang belum ber NIP, masukkan:
  • Username: admin
  • Password: admin123456
  • Pilih Level User: Admin
  • Klik Login

Administrator dapat menambah maupun menghapus admin.

Sebagai catatan penting: Silahkan lakukan ubah password, dan simpan password baik-baik, karena jika lupa password dan salah login aplikasi, maka iduser akan diblok dan tidak dapat direset kembali.

Proses Aplikasi E-Raport SD Mengambil Data Dapodik

Setelah Admin berhasil login, langkah selanjutnya adalah Proses Aplikasi E-Raport SD Mengambil Data Dapodik.

Proses Aplikasi E-Raport SD Mengambil Data Dapodik
Simak gambar proses Mengambil Data Dapodik

Pastikan bahwa semua isian pada data di dapodik sudah benar. Hal ini diperlukan agar data referensi di e-Raport SD selalu sama dengan data yang dikirim ke Dapodik.

Untuk dapat melakukan proses mengambil data dapodik seperti gambar diatas, langkah yang harus dilakukan oleh Admin atau Operator sekolah yaitu:
  1. Klik Ambil Data Dapodik pada menu sebelah kiri.
  2. Klik Sinkron Semua Data di pojok kanan atas.
Biarkan proses Mengambil Data sinkronisasi. Jika sudah berhasil melakukan proses mengambil data, maka tampilan Aplikasi E-Raport SD dapat dilihat pada Dashboard.

Langkah Update Versi Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Setelah berhasil melakukan proses tahapan instalasi dan berhasil melakukan Sinkron semua Data, langkah selanjutnya adalah proses Update Versi.

Untuk melakukan proses Updater e-RaporSD V 1.0 to V 1.1 caranya cukup mudah. Langkah dan prosesnya sama dengan proses instalasi Aplikasi e-RaporSD V 1.0.

Setelah selesai, silahkan tekan Ctrl + f5 pada tampilan Dashboard. Cukup mudah bukan? 

Langkah Update Versi Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar

Setelah tampilan Dashboard menampilkan Nama dan Data Lembaga, langkah selanjutnya yaitu: Membuat Data User Aplikasi E-Raport SD Resmi Dari Direktorat Sekolah Dasar.*)

Post a Comment

0 Comments