JADWAL PERSIAPAN SELEKSI GURU PPPK 2021 DAN JUMLAH SOAL UJIAN

Jadwal Persiapan Seleksi Guru PPPK 2021 dan Jumlah Soal Ujian dilaksanakan setelah peserta melaksanakan serangkaian tes administratif berdasarkan nominasi pendaftaran dan linieritas.

Pelaksanaan nominasi pendaftaran dan linieritas ini sudah dimulai dengan melaksanaan verval ijazah pada laman Info GTK di masing-masing akun guru yang sudah teraktivasi dan tervalidasi. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Guru dapat melakukan pengecekan proses verval ijazah sendiri yang nantinya dapat ikut PPPK di tahun 2021, apakah ijazah yang dimiliki sudah tidak terdapat kendala dan dinyatakan valid oleh sistem.

Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan seleksi administrasi tersebut diatas dan calon peserta PPPK 2021 yang sudah dinyatakan valid, pastinya calon peserta ini nanti akan bertanya. Kapan dimulainya? Berapa banyak soal dan bagaimana tahapannya?

JADWAL PERSIAPAN SELEKSI GURU PPPK 2021 DAN JUMLAH SOAL UJIAN

JADWAL PERSIAPAN SELEKSI GURU PPPK 2021

Pada bulan Desember 2020, seleksi Administrasi yang masuk akan berada pada Database Kualifikasi Info GTK dengan meihat Data Kebutuhan dimasing-masing Daerah.

Pada bulan Januari 2021, data yang masuk akan disaring berdasarkan Kualifikasi Pendidikan.

Pada bulan Februari 2021, Mendikbud akan menyediakan modul atau materi bahan pembelajaran secara daring yang dapat digunakan untuk membantu pendaftar calon peserta seleksi PPPK agar dapat mempersiapkan diri sebelum melaksanakan ujian seleksi.

Setelah bulan Februari 2021, akan ada Pengumuman Seleksi dan Ujian Seleksi yang nantinya akan diikuti oleh masing-masing peserta sesuai bidang yang diampu dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat itu sedang tidak mengajar.

JUMLAH SOAL UJIAN SELEKSI Guru PPPK 2021

Pola materi ujian yang akan diikuti oleh peserta PPPK terbagi menjadi beberapa tipe konten, dimana masing-masing tipe ini wajib dilalui oleh peserta jika ingin lulus seleksi.

Tipe konten tersebut terbagi menjadi beberapa tahap seleksi, yaitu: Kompetensi Teknis dan Tes Bakat Skolastik, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosio Kultural dan Kompetensi Wawancara.

Untuk ujian Kompetensi Teknis dan ujian Tes Bakat Skolastik prosentase bobotnya adalah 60%.

Pada ujian seleksi Kompetensi Teknis dilaksanakan sesuai mata pelajaran atau bidang yang diampu dengan jumlah butir soal sebanyak 50 dengan durasi waktu 60 menit.

Sedangkan untuk ujian seleksi Tes Bakat Sekolastik dilaksanakan melalui ujian penalaran dengan jumlah butir soal sebanyak 50 dengan durasi waktu 60 menit.

Untuk ujian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosio Kultural dan Kompetensi Wawancara prosentase bobotnya adalah 40%.

Pada ujian Kompetensi Manajerial jumlah butir soal sebanyak 30 dengan durasi waktu 25 menit, ujian Kompetensi Sosio Kultural jumlah butir soal sebanyak 20 dengan durasi waktu 15 menit, dan untuk Kompetensi Wawancara dilaksanakan dengan menjawab pertanyaan tertulis dengan jumlah butir soal sebanyak 10 dengan durasi waktu 10 menit.

Perlu diingat, masing-masing guru akan melaksanakan ujian Seleksi Kompetensi Teknis sesuai dengan bidang atau mata pelajaran yang diampu.

PERBEDAAN SELEKSI PPPK GURU HONORER 2021

Ingat! Peserta diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi (di tahun yang sama atau berikutnya).


Semoga bermanfaat.(DS/GDL)

Post a Comment

0 Comments