Jadikan Hari Guru Tahun 2020 Sebagai Momentum Bagi Guru Honorer Bahwa Anda Siap Menghadapi PPPK

Tepat di Tanggal 25 November 2020, Admin Guru Dikdas Lamongan mengucapkan "Selamat Memperingati Hari Guru Nasional Yang Ke-75".

Dimana peringatan pada hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ungkapan peringatan ini kiranya bukan hanya diberikan kepada guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja yang berada di sekolah, guru yang tak hanya di madrasah, tetapi juga orang tua, lingkungan, pengalaman yang dapat menjadi guru dan mampu merubah diri kita menjadi pribadi yang terus menerus memupuk semangat belajar agar menjadi orang yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Jadikan Hari Guru Tahun 2020 Sebagai Momentum Bagi Guru Honorer Bahwa Anda Siap Menghadapi PPPK

"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain"

Dimasa darurat ini, kondisi dunia pendidikan serasa sepi sejak Maret 2020 hingga kini karena Pandemi, tiada tawa tatap muka, tiada senyum sapa di pagi hari, tiada riuh bersama peserta didik di sekolah.

Semua proses kegiatan belajar mengajar beralih, proses pembelajaran jarak jauh, belajar dari rumah, kegiatan daring, luring maupun kombinasi.

Adanya masa darurat Covid, Guru terasa dibangkitkan kembali untuk belajar dan berpacu dengan teknologi, menjadi guru yang merdeka dalam memberikan materi yang terkadang terbentur kondisi.

Melalui tema di Hari Guru Nasional "Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar" tahun 2020, tak hanya peserta didik yang dituntut untuk belajar tetapi juga guru yang selalu dituntut untuk bisa berinovasi dan beregenerasi sesuai zamannya.

Bagi guru yang berstatus ASN atau PNS, rasanya sah dan mudah saja jika mau berinovasi dan beregenerasi karena bentuk kesejahteraan yang diterima, tergantung pada diri pribadi masing-masing.

Lain halnya dengan guru yang berstatus honorer, faktor kesejahteraan yang diterima dengan tuntutan untuk mau berinovasi dan beregenerasi serasa berbanding terbalik.

Dengan perbandingan kesejahteraan inilah, hembusan angin segar bertiup seiring kondisi masa darurat mereda (semoga saja berakhir) dengan adanya Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang sebentar lagi terlaksana di tahun 2021.

Seleksi ini terbuka bagi guru honorer atau istilahnya guru tidak tetap yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Serasa tinggal menghitung bulan saja jika gebyar rekrutmen PPPK terlaksana pada Maret 2021 jika tidak ada kendala.

Oleh karena itu, mari bagi Anda, saya, dan kita selaku guru honorer atau guru tidak tetap yang berada di jenjang satuan pendidikan negeri maupun swasta kita "Jadikan Hari Guru Tahun 2020 Sebagai Momentum Bagi Guru Honorer Bahwa Anda Siap Menghadapi PPPK".

Mari kita beri dukungan dan motivasi kepada seluruh guru honorer agar siap dalam mengikuti dan menghadapi PPPK Tahun 2021.(DS/GDL)

Post a Comment

0 Comments