Contoh Instrumen Supervisi Pengawas Ke Sekolah (SD) dalam Kegiatan e-Supervisi 8 Standar, BDR, dan Laporan Kegiatan

Berikut ini adalah kegiatan Pengawas dalam melaksanakan Instrumen Supervisi Pengawas Ke Sekolah (SD) dalam Kegiatan e-Supervisi 8 Standar, BDR, dan Laporan.

Mengawali kegiatan tersebut adalah Kegiatan Daring atau Virtual dan Kegiatan Kunjungan yang nantinya pada akhirnya pengawas akan melaksanakan kunjungan secara langsung.
Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan yang nanti hasilnya akan diunggah ke dalam Aplikasi e-Supervisi.

Macam kegiatan Supervisi ke lembaga binaan pengawas adalah Pemenuhan Mutu 8 Standar, Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) dan Laporan Laporan Kegiatan.

Instrumen Supervisi Pengawas Ke Sekolah (SD) dalam Kegiatan e-Supervisi

Sebagai Contoh Instrumen Supervisi Pengawas Ke Sekolah dalam Kegiatan e-Supervisi 8 Standar, BDR, dan Laporan Kegiatan.

Terdapat beberapa dokumen yang akan disupervisi (Dokumen I, KTSP Dokumen Raport Mutu sekolah, Dokumen Proker KS, Perangkat Pembelajaran Prota, Promes, Silabus, RPP, Dokumen Penilaian Pembelajaran, dan lain-lain).

Pihak yang diamati dalam kegiatan supervisi oleh pengawas adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Guru Mapel.

Untuk Instrumen Pemenuhan Mutu itu sendiri terdapat Nama Sekolah, NPSN, Kabupaten/Kota, dan Nama Pengawas yang berisikan instrumen kegiatan Pengawas terhadap sekolah dalam melaksanakan kegiatan.

Kegiatan tersebut akan dinilai dan dicatat serta akan diberikan rekomendasi dari tiap-tiap indikator.

Begitu juga dengan Instrumen Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah, Pengawas akan melaksanakan kegiatan sesuai dengan aspek instrumen kemudian mengevaluasi kegiatan dan menilai berdasrkan rubrik penilaian dan memberikan nilai kepada lembaga baru setelah itu memberikan catatan.

Hasil kegiatan dari kunjungan supervisi melalui Instrumen Pemenuhan Mutu dan Instrumen Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah nantinya akan terdapat Laporan Kegiatan.

Masing-masing lembaga binaan pengawas akan dimasukkan dalam Google Classroom pada kegiatan daring atau virtual dan seluruh lembaga binaan bisa jadi akan menerima sofy copy pelaksanaan kegiatan berupa Instrumen Pemenuhan 8 Standar, Instrumen BDR, dan Laporan Kagiatan Supervisi Mutu.

Teknis kegiatan tersebut sepenuhnya dilaksanakan oleh pengawas tergantung kondisi pada masa darurat saat ini.

Lembaga-lembaga yang menerima Instrumen Pemenuhan 8 Standar, Instrumen BDR, dan Laporan Kagiatan Supervisi Mutu akan mencetak berdasarkan hasil kegiatan sebelum dilaksanakan e-supervisi.

Untuk mengetahui Instrumen Pemenuhan 8 Standar, Instrumen BDR, dan Laporan Kagiatan Supervisi Mutu, silahkan mengunduh referensi dokumen berikut:
  1. [Unduh] Instrumen Belajar Dari Rumah Jenjang SD
  2. [Unduh] Instrumen Pemenuhan 8 Standar Jenjang SD
  3. [Unduh] Referensi Laporan Supervisi Mutu Jenjang SD

Apabila Kepala Sekolah sudah menerima Instrumen Pemenuhan 8 Standar, Instrumen BDR, dan Laporan Kagiatan Supervisi Mutu entah itu berupa soft copy atau hard copy dari pengawas, maka Kepala Sekolah dapat mengarsipkan kegiatan tersebut sebagai kegiatan Supervisi Mutu Tahun 2020.(DS/GDL)

Post a Comment

4 Comments

  1. Maaf ijin bertanya, kenapa pada saat pengisian BDR dan PMP tidak bisa tercentang biru semua pada menu Instrumen

    ReplyDelete
  2. Maaf ijin bertanya, kenapa pada saat pengisian BDR dan PMP tidak bisa tercentang biru semua pada menu Instrumen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Submit Om untuk melanjutkan, klik Instrumen melihat selanjutnya.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.