Cara Mengisi e-Supervisi PMP Akun Pengawas

Cara Mengisi e-Supervisi PMP Akun Pengawas - Hal yang dibutuhkan adalah Aplikasi e-Supervisi yang terdapat di Play Store, hasil Instrumen Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) dan Instrumen Supervisi Keterlaksanaan 8 SNP.

Aplikasi e-Supervisi yang terdapat di Play Store itu di unduh terlebih dahulu, baru kemudian dapat dipergunakan untuk mengisikan masing-masing instrumen sesuai lembaga binaan.

Pengawas akan mengunggah masing-masing instrumen setelah melaksanakan kegiatan supervisi baik secara daring atau virtual atau berupa kunjungan.


Dalam contoh instrumen diatas, akan lebih mempermudah pengawas dalam Mengisi e-Supervisi PMP Akun Pengawas.

Tinggal pengawas membuka hasil masing-masing instrumen dan mengcopy paste berdasarkan supervisi yang telah dilaksanakan.

Cara Mengisi e-Supervisi PMP Akun Pengawas

Untuk mempermudah, silahkan menginstal Emulator di laptop atau komputer terlebih dahulu, jika menginstal di gawai atau handphone pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melaksanakan kegiatan e-Supervisi.

Untuk login dan cara memasukkan akun pengawas sebagai syarat masuk pada e-Supervisi, Admin skip ajja dech, karena juga privasi.

Cara Mengisi Instrumen e-Supervisi PMP Akun Pengawas Pada Sekolah Binaan

Nah! Lanjut pelaksanaan pengisian e-Supervisi pada masing-masing sekolah binaan. Untuk pengisian Instrumen Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) dan Instrumen Supervisi Keterlaksanaan 8 SNP ini terdapat waktu mulai dan waktu selesai.

Untuk waktu mulai dan waktu selesai tidak berbatas waktu, ingat! Tidak berbatas waktu. Lalu bagaimana cara mengisi instrumen e-Supervisi PMP Akun Pengawas Pada Sekolah Binaan.

Langsung saja menuju Aplikasi e-Supervisi PMP Akun Pengawas.
  1. Pada tampilan Instrumen Terkini, pilih salah satu Instrumen (BDR/SNP) kemudian klik Isi Instrumen.
  2. Pilih salah satu sekolah pada Daftar Sekolah Binaan.
  3. Tunggu proses hitung mundur dari mulai 3, 2, 1 untuk memulai.
  4. Simak masing-masing standar sesuai nomor komponen.
    Untuk BDR, isikan Catatan Penilaian dan Skor pada Isian Jawaban. Lebih mudahnya tinggal copy paste kemudian Submit Jawaban.
    Dilakukan hingga selesai sesuai jumlah instrumen.
    Simak gambar.
    Instrumen e-Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah
    Untuk Kesimpulan dan Analisis Akar Masalah tinggal mengcopy paste agar lebih mudahnya.
    Simak gambar.
    Kesimpulan Instrumen e-Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah
    Untuk Rekomendasi, Waktu Pelaksanaan, dan Tindak Lanjut sama dengan diatas sebelumnya, tinggal mengcopy paste saja.
    Simak gambar.
    Rekomendasi Instrumen e-Supervisi Keterlaksanaan Belajar Dari Rumah
  5. Lakukan hal yang sama pada point 4 diatas untuk 8 SNP. Tetapi yang di isikan sesuai dengan rubrik berupa Catatan, Penilaian, dan Rekomendasi.
    Khusus untuk Kesimpulan Kondisi, isikan permasalahan yang perlu diperbaiki, hal tersebut dari catatan nilai yang paling terendah misalnya, kemudian dimasukkan sesuai masing-masing standar berdasarkan Analisis Akar Masalah.
    Untuk Kesimpulan kondisi, simak gambar berikut.
    Kesimpulan Kondisi Pelaksanaan e-Supervisi
    Untuk Rekomendasi, silahkan isikan Judul Rekomendasi sesuai dengan Aspek dalam salah satu 8 Standar, berikan Konten Rekomendasi berdasarkan pengataman dan catatan yang perlu perbaikan.
    Konten Rekomendasi

Langkah-langkah diatas merupakan tahapan sebagaimana Cara Mengisi e-Supervisi PMP Akun Pengawas pada sekolah binaan.

Jadi, yang perlu dipersiapkan dalam Mengisi e-Supervisi PMP Akun Pengawas adalah emulator, file hasil supervisi Instrumen Supervisi Keterlaksanaan BDR dan Instrumen Supervisi Keterlaksanaan 8 SNP.

Mudah bukan? Lebih mudahnya tinggal mempraktikkan dan semoga bermanfaat.(DS/GDL)

Post a Comment

0 Comments