Apa itu Seminar dan Apa itu Webinar di Masa Darurat Covid Bagi Guru

Apa itu Seminar dan Apa itu Webinar di Masa Darurat Covid Bagi Guru - Apalagi kegiatan yang dulunya wajib tatap muka sekarang beralih ke maya.

Beralihnya kegiatan ini akibat dari masa darurat covid-19 yang terjadi dan merebak mulai Maret 2020 hingga saat ini, sehingga banyak kegiatan yang secara kedinasan dihentikan atau beralih ke media maya.

Meeting Online menggunakan zoom, video conference, google meet dan masih banyak lain kegiatan serupa dipergunakan sebagai sarana webinar.

Sebelum masa pandemi, seminar biasanya sering di ikuti oleh guru atau pegawai, entah setahun 1 (satu) atau bahkan 2 (dua) kali sebagai bahan pendukung kenaikan pangkat.

Akan tetapi, dengan masa darurat yang belum berakhir hingga saat ini, kegiatan webinar semakin banyak diucapkan oleh kalangan pendidik sebagai sarana untuk melaksanakan seminar atau kegiatan yang dilaksanakan secara online atau daring.

Apa itu Seminar dan Apa itu Webinar di Masa Darurat Covid Bagi Guru

Apa itu Seminar Bagi Guru

Bagi sebagian guru atau kalangan pendidik, pasti memahami apa itu seminar bagi guru?

Secara umum, kegiatan seminar bagi guru merupakan sebuah bentuk kegiatan pengajaran secara akademis yang diberikan oleh suatu organisasi atau profesi secara kedinasan sesuai tugas pokok dan fungsi.

Seminar bagi guru biasanya memiliki fokus khusus pada satu topik yang disampaikan, di mana peserta yang hadir dapat berpartisipasi aktif secara langsung dengan pemateri.

"Seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli".

Dalam kegiatan seminar tatap muka dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan adanya moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk yang lebih formal.

Rata-rata, mayoritas peserta dalam tanda kutip guru yang hadir dalam kegiatan seminar biasanya disediakan untuk guru itu sendiri dan sebagai penyelenggara bisa organisasi profesi, Dinas Pendidikan bahkan vertikal hingga lingkup Ditjen atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seminar yang disampaikan memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan guru kepada topik yang dibicarakan. Sehingga guru dapat bertanya jawab dengan pemateri karena seminar sendiri memiliki sifat lebih informal.

Secara pelaksanaan, seminar biasanya dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Terkadang dalam acara seminar biasanya tersedia souvenir seperti seminar kit, note book, pulpen seminar, tas seminar, sertifikat seminar tergantung dari panitia penyelenggara.

Apakah guru yang telah mengikuti seminar membuat laporan kegiatan? Iya.

Apa itu Webinar Bagi Guru

Dimasa darurat covid-19, seringkali kita melihat kegiatan-kegiatan guru yang dialihkan ke webinar. Web dan Nar. Gabungan 2 kata antara Web dan Seminar.

Menurut KBBI (https://kbbi.web.id/web), web berarti sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet; jejaring; jaringan.

"Webinar adalah seminar yang dilakukan secara daring yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada audiens dengan menggunakan audio suara, slide, berbagi layar dan obrolah teks".

Fungsi, tujuan dan pelaksanaan seminar dan webinar ini intinya hampir sama, akan tetapi pelaksanaan webinar dilakukan secara daring (live) melalui situs web atau aplikasi yang mendukung fitur seperti zoom, video conference, google meet dan masih banyak lain alat atau aplikasi yang serupa

Dalam pelaksanaan kegiatan webinar, para peserta hanya perlu bergabung melalui situs web atau aplikasi yang telah disediakan atau di  bagikan (share) berupa tautan.

Semua kegiatan dalam pelaksanaan webinar yang dilakukan secara daring, juga terdapat beberapa sesi, antara lain pembukaan yang dilakukan oleh pembawa acara, perkenalan moderator, pemaparan materi oleh pemakalah maupun dan sesi tanya jawab.

Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh peserta untuk mengikuti webinar, antara lain Komputer, Netbook, Laptop, Smartphone, paket data atau jaringan internet agar dapat terhubung dalam webinar.

Jadi kegiatan webinar ini bersifat fleksibel. Penyelenggara kegiatan webinar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya kegiatan, lain halnya dengan kegiatan seminar.

Apakah guru yang telah mengikuti webinar membuat laporan kegiatan? Iya.

Dari informasi diatas, bapak dan ibu guru pasti sudah bisa menyimpulkan sendiri Apa itu Seminar dan Apa itu Webinar di Masa Darurat Covid Bagi Guru.(DS/GDL)

Post a Comment

0 Comments