Ujian Nasional Dibekukan, Ujian Sekolah Dilaksanakan, Asesmen Nasional Diterapkan

Ujian Nasional Dibekukan, Ujian Sekolah Dilaksanakan, Asesmen Nasional Diterapkan. Mendengar hal ini pasti semua guru, kepala sekolah dan segenap stake holders di setiap lini pendidikan akan bertanya-tanya.

Bagaimana kebijakan UN tahun 2020/2021?
Apakah UN dibekukan atau dibatalkan?
Bagaimana dengan informasi Asesmen Nasional?

Ujian Nasional Dibekukan, Ujian Sekolah Dilaksanakan, Asesmen Nasional Diterapkan

Bagaimana nanti Ujian Nasional di tahun 2021, apakah ditiadakan sebagaimana tahun 2020 sebagai akibat dari dampak kondisi darurat?

Dari sini (https://bsnp-indonesia.org/2020/10/ibar-uhuy/) saya membaca tentang isi dari "Wawancara dengan Ketua BSNP Kebijakan USBN, UN dan Protokol Covid-19" yang disampaikan (17/10/2020) oleh Ketua BSNP (Abdul Mu’ti).

Yang pada inti awal paragraf bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah menetapkan kebijakan bahwa UN tahun ini merupakan UN yang terakhir. Mulai tahun 2021 akan diterapkan Asesmen Kompetensi Minimal dan Survei Karakter.

Untuk Ujian Sekolah sendiri tetap akan dilaksanakan pada tahun 2021, acuan dan kendali aturannya masih pada Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Ujian Sekolah (US) sepenuhnya menjadi kewenangan sekolah dan satuan pendidikan menyusun POS Ujian Sekolah.

Soal Ujian Sekolah sepenuhnya disusun oleh masing-masing satuan pendidikan. Seluruh mata pelajaran diujikan dalam Ujian Sekolah, mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Berbagai macam pertimbangan dan dampak sebagai akibat kondisi darurat saat ini yang belum tahu pasti kapan masa berakhir dan yang perlu diantisipasi penyebarannya, maka Asesmen Nasional muncul.

Munculnya Asesmen Nasional yang sedang dirancang lebih merupakan evaluasi dari Pemerintah untuk menilai kualitas layanan pendidikan di satuan pendidikan yang bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas belajar peserta didik secara berkelanjutan.


Rancangan-rancangan Asesmen Nasional masih dalam berupa rancangan, tetapi hasilnya dapat dilihat pada Fitur dan Soal Tiap Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA Pada Pusmenjar.

Selang berapa hari kemaren (18/10/2020) ada kiriman 2 (dua) file yang diteruskan oleh anggota group melalui WhatsApp Info Guru, yaitu file tentang Kebijakan Ujian Nasional dan Asesmen Nasional serta file tentang Koordinasi Nasional dengan Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, LPMP, PP/BP PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Ternyata! file-file itu yang disampaikan dalam materi diskusi rapat koordinasi Asesmen Nasional, entah sepenuhnya atau sebagian (06.10.2020).

Sebagai gambaran! Apa toh isi kedua file itu? Silahkan unduh saja sebagai gambaran bapak atau ibu guru tentang penerapan Asesmen Nasional tahun 2021.
  • [Unduh FileKoordinasi Nasional dengan Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, LPMP, PP/BP PAUD dan Pendidikan Masyarakat
  • [Unduh FileKebijakan Ujian Nasional dan Asesmen Nasional

Semua wewenang ada dalam pemangku kebijakan mengingat dampak dan kondisi saat ini yang sedang memprihatinkan akibat dari Covid-19.

Post a Comment

0 Comments