Tips Belajar Bapak atau Ibu Guru Dalam Menyukseskan Pembelajaran Daring Maupun Luring dan Memilih Media Teknologi Sesuai Kemampuan

Sebelum memancing minat pembelajaran daring dan luring peserta didik melalui teknologi di masa pandemi baik di sekolah dan di rumah. Tentunya guru juga harus belajar dan mempalajari seperti apa aplikasi, media, dan teknologi yang mudah untuk digunakan untuk bertatap muka dan mengirimkan tugas.

Pentingnya peran guru dalam mengiringi pembelajaran peserta didik, apalagi tuntutan peran yang semakin menumpuk disaat kondisi masa darurat pandemi saat ini yang belum pasti kapan masa berakhirnya.

Kebutuhan belajar teknologi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan luring menjadi tuntutan tersendiri agar pembelajaran bisa dirasa sukses oleh peserta didik dan orang tua atau wali murid.

Tergugah atau tidak seorang guru tersebut mau belajar dan mempelajari teknologi, masih perlu dipertanyakan!

Pastinya peran penting guru sekolah dasar harus berani menggugah diri untuk terus belajar dan mempelajari teknologi serta media daring, luring, dan kombinasi yang akan dipergunakan nantinya, agar pembelajaran tidak dirasa monoton.

Butuh apa saja guru dalam menyukseskan pembelajaran daring maupun luring serta belajar mengoperasikan teknologi apa saja dalam menyukseskan pembelajaran daring maupun luring agar tidak monoton?

Tips Belajar Bapak atau Ibu Guru Dalam Menyukseskan Pembelajaran Daring Maupun Luring dan Memilih Media Teknologi Sesuai Kemampuan

Berikut beberapa tips belajar untuk Bapak atau Ibu Guru dalam menyukseskan pembelajaran daring maupun luring dan memilih media teknologi sesuai kemampuan.
  • Menyingkirkan Rasa Malu
    Bagi guru yang berusia atau bahkan guru yang tidak mempunyai dasar berteknologi, tentu malu untuk bertanya.

    Mempunyai segudang keinginan untuk menyukseskan kegiatan daring dan luring tetapi tidak mempunyai dasar berteknologi menjadi salah satu penghambat bagi diri pribadi.

    Oleh karena itu, jangan malu bertanya kepada yang dirasa lebih mampu untuk sama-sama belajar.

  • Menyusun Rencana Belajar Mengoperasikan Teknologi
    Sebelum membagikan materi secara daring, maka seorang guru harus belajar mengoperasikan teknologi yang dipilih untuk nantinya disampaikan kepada peserta didik.

    Bagi yang sudah mampu akan terasa lebih mudah, tetapi bagaimana yang belum?

    Bagi yang belum dapat mengajak guru yang belum mampu untuk mengoperasikan. Tetapi sudah juga jika sudah diajak dan tidak mau. Putus sudah perkara.

    Bagi yang mau diajak, langkah tepat yang dapat diambil adalah menyusun rencana belajar secara berkolompok, karena belajar secara berkelompok akan lebih mempermudah dalam belajar mengoperasikan teknologi.

  • Memilih Media Daring dan Luring Sesuai Kemampuan
    Tidak usah muluk-muluk dalam memilih media ketika menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran daring atau luring. Google meet misalnya, jika sudah merasa mampu menggunakan maka proses pembelajaran bagi guru untuk dapat diterapkan dapat ditingkatkan dengan cara berjenjang, Google ClassroomQuizizzKahoot, CBT, dan lain sebagainya.

  • Mau Menjadi Self Learner
    Berusaha menutupi kekurangan dan menjadikan kebutuhan belajar berteknologi tanpa harus diketahui oleh oranglain, misalnya guru, dan teman sejawat adalah dengan mau menjadi Self Learner atau pembelajar mandiri.

    Menancapkan keinginan dalam hati untuk selalu belajar dan menambah wawasan baru melalui internet atau youtube adalah langkah instan untuk menjadi self learner.

    Yang terpenting adalah memiliki kemauan dan menjadikan kebutuhan untuk terus belajar mengasah kemampuan.

  • Mengikuti Diklat/Pelatihan/Webinar
    Sebagai alat penunjang yang lain dalam menyukseskan pembelajaran daring maupun luring dan memilih media teknologi sesuai kemampuan adalah dengan mengikuti kegiatan diklat, pelatihan, dan atau webinar yang diselenggarakan sesuai dengan profesi.

  • Membuat Komunitas Belajar.
    Tak lepas dari kegiatan baik secara mandiri atau berkelompok, membuat komunitas belajar dapat menambah wawasan untuk berinovasi dan saling bertukar informasi akan mempercepat proses belajar mengoperasikan teknologi.

Tips Belajar Bapak atau Ibu Guru Dalam Menyukseskan Pembelajaran Daring Maupun Luring dan Memilih Media Teknologi Sesuai Kemampuan diatas merupakan sebagian tips yang dapat Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan.

Banyak atau sediki tips tersebut kembali ditangan Bapak atau Ibu Guru sendiri, mau atau tidak untuk terus belajar, berkarya, menggugah diri, berinovasi, dan bertukar informasi. 

Kesemuanya kembali pada diri pribadi bapak atau ibu guru sekalian sebelum memancing minat pembelajaran daring dan luring peserta didik melalui teknologi di masa pandemi baik di sekolah dan di rumah.

Post a Comment

0 Comments