Sumber Belajar Adalah dan Bagaimana Mengenal Berbagai Sumber Belajar

Sengaja Judul "Sumber Belajar Adalah dan Bagaimana Mengenal Berbagai Sumber Belajarini saya tempatkan pada dalam kolom label Artikel dan Media Guru.

Sebagai pengingat Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saya ikuti pada minggu-minggu ini.

Sebagai seorang guru, pasti kita sudah mengenal dan mengingat diluar kepala, Apa itu sumber belajar? Tetapi lha wong namanya juga ingatan, pasti lambat laun akan terkikis oleh faktor usia, kecuali bagi mereka-mereka yang sudah melatihnya sejak dini.

Oleh karena itu, sengaja saya tulis sebagai pengingat sesuai dengan apa yang telah saya ikuti, yakni Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19.

Dan ternyata sumber belajar itu pernah saya terapkan meski dengan segala keterbatasan dan hasilnya memuaskan.

Sumber Belajar Adalah dan Bagaimana Mengenal Berbagai Sumber Belajar

Sumber Belajar Adalah

Seperti apa yang disampaikan (Sumber: https://belajar.simpkb.id/courses/ujicoba-bimtek-1/lessons/penggunaan-teknologi-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/topic/mengenal-berbagai-sumber-belajar/) Sumber belajar adalah berbagai atau semua sumber, baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar. 

Dengan kata lain bahwa, sumber belajar yang digunakan oleh guru dapat memberikan informasi yang diperlukan peserta didik dalam proses pembelajaran, serta memberikan dampak berupa kesempatan belajar seketika, dimana peserta didik dapat menerima informasi langsung.

Sumber belajar juga dapat mengurangi kesenjangan antara informasi yang disampaikan oleh guru yang bersifat verbal dan abstrak dengan informasi yang konkrit dan sesuai realitas.

Mengenal Berbagai Sumber Belajar

Setelah mengetahui sumber belajar adalah, pastinya Anda dan saya sebagai guru perlu mengetahui dan mengenal sumber-sumber belajar apa saja yang yang ada disekitar kita yang dapat digunakan sesuai 4 K, yaitu: kondisi, kebutuhan, kegunaan, dan kemanfaatan.

Lantas! Bagaimana kita mengenal sumber belajar?

Sebagaimana sumber tautan diatas. Dapat saya tuliskan disini bahwa sumber-sumber belajar dapat berupa:
  • Pesan
    Pesan ini dapat berupa informasi, cerita rakyat, dongeng, hikayat, dan lain sebagainya 
  • Orang.
    Misalnya guru, instruktur, siswa, ahli, narasumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier, orang tua, tetangga, atau orang yang lebih tua dan sebagainya
  • Bahan
    Sumber belajar yang lain adalah bahan. Bahan ini berupa buku, transparansi, film, slides, gambar, grafik yang dirancang untuk pembelajaran, relief, candi, arca, komik, dan sebagainya.
  • Alat atau perlengkapan
    Alat atau perlengkapan yang ada dapat berupa perangkat keras, komputer, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan sebagainya
  • Pendekatan/metode/teknik.
    Sumber belajar berupa pendekatan/metode/teknik dapat dilakukan seperti diskusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talkshow dan sejenisnya
  • Lingkungan
    Kondisi lingkungan, seperti; ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun atau pasar
Sumber-sumber belajar diatas dapat kita pergunakan pada sekolah kita, kembali lagi melihat 4 K (kondisi, kebutuhan, kegunaan, dan kemanfaatan).

Mengingat 4 K ini tak ubahnya seperti mengingat Intake, Kompleksitas, dan Daya Dukung. Kompleksitas tingkat kesulitan Kompetensi Dasar, kelengkapan mengajar sesuai dengan sumber belajar yang dimiliki sekolah, dan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik.

Sudahkah kita memanfaatkan dan memaksimalkan berbagai sumber belajar di lingkungan sekolah kita sesuai dengan kondisi, kebutuhan, kegunaan, dan kemanfaatan?

Jika sudah?


Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Post a Comment

0 Comments