Soal Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19


Seiring berputarnya waktu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran mengalami prosesnya. Perubahan dan pemanfaatan dari masa ke masa. Apalagi di masa Pandemi COVID-19 mengubah bentuk bagaimana teknologi, media dan sumber belajar dapat memberikan dampak pada pembelajaran, terutama dalam pembelajaran jarak jauh.

Untuk melakukan pembelajaran secara maksimal, Bapak dan Ibu guru dapat mengintegrasikan teknologi, sebagai bahan pertimbangan perlu mempertimbangkan terutama mengenai pengalaman belajar yang dialami peserta didik.

Pada masa pandemi atau masa darurat saat ini, penggunaan media teknologi dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) berpengaruh besar dalam proses kegiatan pembelajaran.

Untuk dapat menerapkan teknologi pembelajaran, sebagai guru harus bisa menggunakan media agar dapat menyampaikan pesan berupa konsep atau konten pembelajaran sehingga peserta didik dapat dengan menerimanya dengan baik.

Media teknologi pembelajaran akan bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik sesuai dengan sumber belajar dan model yang dipilih yang akan digunakan. 

Sumber belajar dapat memberikan informasi yang diperlukan murid dalam proses pembelajaran, serta memberikan kesempatan belajar seketika, dimana peserta didik dapat menerima informasi langsung.

Sumber-sumber belajar dapat berupa:
  1. Pesan. Misalnya informasi, cerita rakyat, dongeng, hikayat, dan sebagainya 
  2. Orang. Misalnya guru, instruktur, peserta didik, ahli, narasumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier dan sebagainya
  3. Bahan: buku, transparansi, film, slides, gambar, grafik yang dirancang untuk pembelajaran, relief, candi, arca, komik, dan sebagainya
  4. Alat atau perlengkapan: perangkat keras, komputer, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan sebagainya
  5. Pendekatan/metode/teknik, seperti diskusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talkshow dan sejenisnya
  6. Lingkungan berupa; ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun atau pasar

Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

Memasuki materi Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh, peserta akan mempelajari beberapa modul atau materi sebelum melaksanaan soal atau Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 6  kuis, dianataranya: (1) Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran, (2) Mempertimbangkan Pengalaman Belajar Siswa, (3) Mengenal Media Belajar, (4) Mengenal Berbagai Sumber Belajar, (5) Memilih Teknologi dan Media Pembelajaran, (6) Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 6, (7) Refleksi Pembelajaran Tahap 1 – Topik 6, (8) Perayaan Capaian Belajar Tahap 1 – Topik 6.


Soal Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

Soal dan Capaian Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Capaian
Soal atau kuis untuk Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 6 terdapat 10 soal, dan untuk capaian yang harus di tempuh oleh peserta bimtek adalah mencapai minimal 70%.

Soal Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban
Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 6

(Soal)
Dalam praktik pembelajaran jarak jauh, guru perlu menguasai pengetahuan Pedagogi, pengetahuan konten, dan pengetahuan teknologi. Pengetahuan pedagogi merupakan …
  • Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
  • Pengetahuan mengenai standar teknologi yang digunakan
  • Pengetahuan mengenai konsep penting yang dipelajari
  • šŸ‘Pengetahuan mengenai proses atau metode pembelajaran
(Soal)
Mengintegrasikan pengetahuan teknologi pada pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten menghasilkan pengetahuan konten pedagogi teknologi dimana …
  • šŸ‘teknologi melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten.
  • teknologi merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran
  • teknologi merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari
  • teknologi menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru
(Soal)
Pengalaman pembelajaran manakah yang memungkinkan siswa untuk mengingat lebih banyak?
  • Mendengar ceramah
  • Menonton video
  • Melihat pameran
  • šŸ‘Melakukan simulasi
(Soal)
Aktivitas yang dilakukan siswa berikut ini, yang masih digolongkan sebagai pembelajaran yang pasif adalah …
  • Mengevaluasi
  • šŸ‘Menjelaskan
  • Menciptakan
  • Menganalisis
(Soal)
Piramida pengalaman belajar Dale membantu guru untuk menghubungkan tujuan pembelajaran dengan ….
  • šŸ‘Metode dan pilihan media pembelajaran
  • Kebutuhan pembelajaran siswa
  • Konten yang akan dipelajari siswa
  • Target pencapaian akhir pembelajaran
(Soal)
Siswa kelas 1 lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia karena hari ini Guru Ima mengajak mereka untuk membuat komik tentang keluarga. Hal ini menunjukan manfaat media untuk …
  • Menyampaikan pesan lebih jelas
  • Mengubah pengalaman abstrak menjadi konkrit
  • Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
  • šŸ‘Mendorong keterlibatan murid
(Soal)
Film pendek penunjang pembelajaran termasuk ke dalam jenis media …
  • Audio visual
  • šŸ‘Audio visual bergerak
  • Audio visual tidak bergerak
  • Multimedia
(Soal)
Salah satu kekurangan dari sumber belajar yang dirancang sendiri oleh guru, antara lain …
  • Sesuai dengan rencana pembelajaran
  • Memungkinkan adanya personalisasi
  • šŸ‘Membutuhkan energi dan waktu pembuatan
  • Membutuhkan waktu untuk kurasi materi
(Soal)
Manfaat pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran jarak jauh yang paling terlihat  adalah …
  • šŸ‘Pembelajaran yang searah menjadi lebih interaktif
  • Pembelajaran menggunakan aplikasi yang canggih
  • Pembelajaran menjadi lebih kaya dengan aktivitas
  • Pembelajaran lebih mendukung kompetensi siswa
(Soal)
Dari asesmen diagnostik awal, Guru Rizqy mendapat data bahwa rata-rata muridnya memiliki gadget berupa hape dengan jangkauan jaringan internet yang cukup memadai di daerahnya. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari berbagai aplikasi. Guru Rizqy memilih menggunakan whatsapp untuk pembelajaran jarak jauh. Fitur obrolan, voice note, pengiriman gambar, video dan dokumen juga cukup dikenal dan mudah digunakan. Pemilihan ini didasari pertimbangan …
  • Tujuan pembelajaran
  • Karakteristik siswa
  • Keadaan lingkungan
  • šŸ‘Potensi teknologi

Post a Comment

0 Comments