Soal Model Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

GuruDikdasLamongan.id | Soal Model Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 adalah kegiatan yang nanti akan dilaksanakan oleh peserta bimtek.

Pada umumnya orang sering berkata atau bahkan diri kita pribadi mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh diartikan sebagai pembelajaran daring atau online. Namun ternyata pada materi Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 itu ternyata salah.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada dasarnya tetap dapat dilaksanakan baik secara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan).

Dalam berbagai keragaman kondisi termasuk sosial ekonomi dan kondisi letak geografis di Indonesia, terkadang tidak memungkinkan dilaksanakannya metode pembelajaran jarak jauh secara daring sehingga pembelajaran jarak jauh tidak dapat berjalan dengan efektif. 

Melihat perbedaan peta sebaran Covid-19 yang berbeda di berbagai wilayah di Indonesia, pembelajaran jarak jauh juga tidak memungkinkan jika kegiatan pelaksanaan PJJ dilakukan dengan model yang sama.

Berbagai macam dan ragam model pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dapat diadaptasi selama masa pandemi, digolongkan ke dalam tiga kategori. (1) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara luring, (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring, dan (3) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara terpadu.

Langkah awal yaitu Bapak dan Ibu guru mengenali kebutuhan dan tingkat kemampuan masing-masing peserta didik setelah itu menentukan sebuah model kegiatan pelaksanaan pembelajaran, apakah menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif baik secara luring daring, ataupun terpadu.

Selain langkah awal diatas, Bapak dan Ibu guru juga menggali informasi terkait kondisi awal peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran, yaitu dengan melakukan asesmen diagnostik awal.

Kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh Bapak dan Ibu guru diatas, diperlukan untuk mencari informasi mengenai cara belajar murid, letak kondisi daerah tempat tinggal terkait akses internet, fasilitas alat bantu yang dipergunakan berupa gawai yang dimiliki murid atau orang tua murid, pelaksanaan jam belajar efektif, dan masih banyak komponen lainnya.

Model Pembelajaran Jarak Jauh terkait dengan cara 5M, yakni Memanusiakan Hubungan. 

Sebelum masuk pada Soal Kuis Model Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 5, peserta diharapkan membaca modul atau bahan materi yang ada sebagaimana secuil isi materi diatas.

Materi Model Pembelajaran Jarak Jauh

Materi untuk ruang lingkup Model Pembelajaran Jarak Jauh, meliputi: (1) Pengantar Model Pembelajaran Jarak Jauh, (2) Beragam Pilihan Model Pembelajaran Jarak Jauh, (3) Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh dengan Beragam Model, (4) Kuis Model Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 5, (5) Refleksi Pembelajaran Tahap 1 – Topik 5, (6) Perayaan Capaian Belajar Tahap 1 – Topik 5.



Soal Model Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban

Setelah membaca modul materi Model Pembelajaran Jarak Jauh, kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh Bapak Ibu Guru yaitu mengukur sejauh mana pemahaman Bapak Ibu Guru dalam memahami materi.

Bapak Ibu Guru diminta untuk mengikuti kuis dengan memilih satu jawaban yang menurut Bapak Ibu Guru paling sesuai. 

Capaian yang harus ditempuh oleh Bapak Ibu Guru dalam menjawab soal atau kuis pada Tahap 1 – Topik 5 yaitu mencapai minimal 70%.

Berikut ini 10 (sepuluh) soal atau Kuis Model Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 – Topik 5. Soal atau kuis yang ada bisa saja di acak, namun jumlah soalnya tetap.

(Soal)
Miskonsepsi yang sering kali terjadi mengenai Pembelajaran Jarak Jauh antara lain adalah …
  • Pembelajaran Jarak Jauh sesuai dengan kebutuhan siswa
  • šŸ‘Pembelajaran Jarak Jauh berarti pembelajaran daring/online
  • Pembelajaran Jarak Jauh membutuhkan tidak hanya pembelajaran daring
  • Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif membutuhkan adaptasi
(Soal)
Berikut yang termasuk media pembelajaran secara daring (dalam jaringan) ialah…
  • Radio pembelajaran
  • šŸ‘Grup Whatsapp
  • Televisi pembelajaran
  • Lembar Kerja Siswa
(Soal)
Dalam pembelajaran jarak jauh dikenal istilah sinkron dan asinkron. Bagaimana maksud sesi sinkron dalam pembelajaran?
  • Guru memberikan tugas mandiri yang dapat diselesaikan siswa secara fleksibel
  • šŸ‘Guru berinteraksi bersama siswa sesuai waktu yang disepakati
  • Guru dan siswa menggunakan aplikasi LMS (Learning Management System)
  • Guru menyaksikan siaran pembelajaran melalui televisi
(Soal)
Guru Dian mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Sebagian besar siswanya tidak memiliki akses internet yang mendukung proses pembelajaran. Guru Dian menyiasati dengan memberi modul belajar mandiri untuk siswa. Dalam hal ini, apa model PJJ yang diterapkan Guru Dian?
  • Dalam jaringan
  • šŸ‘Luar jaringan
  • Terpadu
  • Online
(Soal)
Pembelajaran jarak jauh sering dilakukan melalui aplikasi zoom video conference. Termasuk model PJJ yang manakah penggunaan zoom tersebut?
  • šŸ‘Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Terpadu
  • Daring dan Luring
(Soal)
Yang membedakan model pembelajaran terpadu (blended) dengan model Pembelajaran jarak jauh lainya adalah …
  • Menggunakan aplikasi dan gawai untuk melakukan pembelajaran
  • Interaksi dengan guru melalui tatap muka langsung/radio
  • Menggunakan modul belajar mandiri untuk pembelajaran
  • šŸ‘Menggunakan paduan pembelajaran luring dan daring
(Soal)
Guru Robi memberikan jadwal untuk melakukan pertemuan pagi bersama siswa setiap hari pada pukul 08.00 – 08.45 melalui google meet. Pada sesi ini guru dan murid dapat berdiskusi mengenai apa yang akan siswa pelajari dan lakukan hari itu, sekaligus melakukan refleksi mengenai pembelajaran kemarin. Setelah sesi pertemuan pagi, siswa dapat mengerjakan tugas mandiri seperti membaca materi, observasi, menulis, mengerjakan LKS sesuai dengan waktu yang mereka tentukan sendiri. Model pembelajaran seperti ini termasuk dalam kategori ..
  • Pembelajaran daring (online)
  • Pembelajaran luring (offline)
  • šŸ‘Pembelajaran terpadu (blended)
  • Pembelajaran berbasis kompetensi
(Soal)
Sesi pertemuan pagi Guru Robi diatas termasuk sesi …
  • Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • šŸ‘Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Asinkron pada pembelajaran daring (online)
  • Sinkron pada pembelajaran daring (online)
(Soal)
Sementara sesi pengerjaan tugas mandiri sesuai dengan waktu yang siswa tentukan sendiri termasuk pada sesi … di kelas PJJ Guru Robi.
  • šŸ‘Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Asinkron pada pembelajaran daring (online)
  • Sinkron pada pembelajaran daring (online)
(Soal)
Cara 5M yang paling mendasari pemilihan model pembelajaran adalah …
  • Memanusiakan dan memilih tantangan
  • Memanusiakan hubungan dan memahami konsep
  • šŸ‘Memanusiakan hubungan dan memberdayakan konteks
  • Memanusiakan hubungan dan membangun keberlanjutan

Setelah mempelajari modul dan mengerjakan Soal Model Pembelajaran Jarak Jauh dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19, tahap selanjutnya adalah Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Post a Comment

0 Comments