Menjadi Guru Kreatif Untuk Selalu Aktif Sesuai Profesi

Menjadi Guru Kreatif Untuk Selalu Aktif Sesuai Profesi

Menjadi Guru Kreatif Untuk Selalu Aktif Sesuai Profesi

Menjadi guru yang sukses mengajar, mendidik, berkarier di lingkungannya adalah mereka-mereka yang mau dan selalu ingin sukses dalam mengembangkan diri.

Dengan selalu mau mengembangkan diri secara kreatif artinya guru tersebut akan selalu aktif di berbagai kegiatan dan kesempatan yang ada.

Guru yang aktif akan melakukan berbagai macam inovasi dan kegiatan pengembangan diri dengan selalu bersemangat belajar, menambah wawasan, menambah ilmu dan selalu aktif meningkatkan kompetensi baik melalui kegiatan online maupun offline.

Selain itu, guru-guru tersebut juga akan selalu aktif dalam menjalin hubungan silaturahmi, termasuk saling berkomunitas untuk menempatkan diri dan aktif berbagi.

Guru kreatif akan selalu aktif dalam mengembangkan diri adalah tiket untuk memasuki proses pintu kemajuan dalam bermetamorfosa.

Yaa ... Menjadi perubahan dan pembaruan bagi diri pribadi dan sekitar.

Untuk menjadi guru kreatif dan aktif dalam mengembangkan kompetensi, lantas apa yang harus dilakukan jika Anda sebagai guru dan pendidik?

Aktif Menjadi Self Learner dalam Menambah Wawasan

Menjadi pembelajar mandiri dan berusaha untuk selalu menambah wawasan baru yang merasa haus dan lapar akan ilmu pastinya akan menjadi self learner.

Anda sebagai guru pastinya bisa memperdalam ilmu ke jenjang yang lebih tinggi dengan berkesempatan mengikuti kuliah dan meraih apa yang di inginkan, namun perlu kita ketahui bersama bahwa ilmu itu tak hanya di bangku kuliah saja.

Untuk menjadi self learner bisa dilakukan di lembaga, komunitas, maupun anda yang saat ini mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Webinar, Workshop dan lain sebagainya.

Yang terpenting adalah memiliki kemauan dan punya rasa keinginan untuk terus belajar mengasah kemampuan.

Selalu Aktif Tingkatkan Keterampilan dan Berinovasi

Keterampilan layaknya sebuah mata pisau yang diasah terus menerus, semakin di asah maka semakin tajam pula bilah kedua mata.

Selayaknya itulah cara untuk meningkatkan keterampilan untuk menjadi guru kreatif yang akan selalu aktif.

Inovasi untuk mengolah keterampilan atau skill dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan bersama siapa saja.

Mengetahui kelemahan diri pribadi bagi seorang guru pastinya akan segera menutupi dengan berbagai cara pastinya. Belajar bersama siapa untuk menutupi kelemahan hingga mampu mengasah kemampuan secara mandiri atau bersama untuk menuju tingkat keberhasilan.

Sehingga nantinya keterampilan atau skill yang mumpuni akan memiliki tempat tersendiri bagi mereka yang mau berinovasi.

Aktif Berbagi Dalam Tukar Informasi

Menabur informasi sama juga menebar kebaikan kepada setiap orang, dalam tanda kutip menyebar informasi yang bersifat positif.

Anda sebagai guru bisa berbagi informasi apa saja yang Anda mampu. Apalagi saat ini semakin pesatnya teknologi.

Bagi yang mampu, mungkin cara membagikan informasi dapat dilakukan melalui blog atau web yang dimiliki atau dengan cara share informasi melalui dunia maya. WhatsApp, facebook, Instagram, Twitter misalnya yang saat ini sedang marak karena cepatnya cara dan proses untuk membagikan informasi.

Silaturahmi Untuk Memperluas Komunikasi Sesuai Profesi

Menjaga hubungan untuk memperluas komunikasi dengan siapa saja agar kreatif untuk selalu aktif pastinya menambah nilai positif tentunya.

Kita tidak akan sukses tanpa adanya bantuan orang lain. Jadi, berusalah aktif untuki memperluas komunikasi dan selalu mau untuk turut dalam mengembangkan diri dengan teman sejawat, bergabung ke komunitas sosial ataupun komunitas yang sesuai dengan profesi yang Anda miliki saat ini.

Mencari wadah berupa komunitas sesuai dengan profesi yang dimiliki akan mendukung Anda menjadi seseorang yang lebih kontibutif, kreatif, aktif, dan produktif. (Diyan Shodik)

Post a Comment

0 Comments