Hingga Angkatan 5. Bimtek Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid Kemendikbud. Simak Jadwal Pelaksanaan dan Tahapan

Jika minggu-minggu yang lalu di awal Bulan Oktober 2020, Bimtek Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid Kemendikbud diselenggarakan dari mulai Tahap 1, 2 dan 3 yang cukup sampai Angkatan 3, untuk kali ini bertambah menjadi Angkatan 5.

Penambahan angkatan ini melihat banyaknya animo peserta utamanya guru di masing-masing tahapan.

Sedikit gambaran pada tiap-tiap tahapan, untuk Tahap 1 berupa Bimtek, Tahap 2 berupa Diklat, dan Tahap 3 berupa Pengimbasan.

Sertifikat yang akan diperoleh oleh peserta terbagi menjadi 2 sertifikat dan piagam penghargaan.

Bagi peserta yang lolos Tahap 1 akan mendapat sertifikat bimtek 32 JP, peserta berhak mengikuti tahapan selanjutnya dan jika lolos maka akan mendapat sertifikat diklat 32 JP, peserta akan mendapat piagam penghargaan apabila melakukan pengimbasan.

Masih adakah waktu untuk mengikuti kegiatan Bimtek Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid?
Dengan banyaknya peserta, maka kegiatan ini ditambah hingga Angkatan 5 dan berakhir pada 19 November 2020.

Bagi peserta baru yang ikut pada Tahap 1 Angkatan 4 dan 5 dapat mengetahui penjelasan berikut dibawah ini secara gamblang.

Tahapan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19

Kegiatan Orientasi
Sebelum memasuki Tahap 1, kegiatan yang wajib diikuti oleh peserta adalah orientasi program. Orientasi program ini dimaksudkan membekali peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

Kegiatan Tahap 1: Bimtek
Pada tahap 1 ini peserta wajib mengikuti Bimtek dan mempelajari materi serta modul panduan yang ditampilkan. Setelah itu dilanjutkan dengan mengerjakan kuis yang disajikan.

Materi bimtek pada tahap 1 ini meliputi: Pembelajaran peserta dengan konsep Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa, Kurikulum Kondisi Khusus, Asesmen Diagnosis, Asesmen Diagnosis Berkala, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Media, Teknologi dan Sumber Belajar.

Sebagai bahan referensi, peserta Angkatan 4 dan Angkatan 5 dapat melihat terlebih dahulu soal atau kuis dan pilihan jawaban Course Content berikut untuk dijadikan bahan belajar terlebih dahulu.

Kegiatan Tahap 2: Diklat
Pada kegiatan Diklat. Peserta diberikan kesempatan untuk melakukan pelatihan agar peserta mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh (PJJ), merancang dan menerapkan PJJ, mengunggah tulisan praktik baik PJJ, melakukan penilaian diri terhadap tulisan praktik baik PJJ.

Kegiatan Tahap 3: Pengimbasan
Pada kegiatan pengimbasan ini, peserta yang lolos tahap 2 dan mengantongi sertifikat 32 jam wajib mengundang peserta lain untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.

Jadwal Pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Bagi peserta lama dan peserta baru dapat mengetahui Jadwal Pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid berdasarkan tahapannya pada gambar dibawah ini:

Jadwal Pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Guru Dikdas Lamongan

Cara Mengikuti Bimtek Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Mumpung masih ada waktu hingga 19 November 2020, bagi peserta yang hendak mengikuti Bimtek Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 dapat mengikuti tautan ini https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/.

Klik masuk atau daftar dengan memasukkan Surel dan Password SIMPKB.

Post a Comment

0 Comments