Fitur dan Soal Tiap Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA Pada Pusmenjar. Guru Wajib Tahu Dulu!

GuruDikdasLamongan.id | Babak baru akan segera dimulai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengetengahkan Asesmen Nasional.

Asesmen Nasional merupakan upaya untuk mengetahui gambaran secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar pada tiap-tiap satuan pendidikan dari mulai SD hingga SMA di seluruh Indonesia.

Siapakah yang paling penting untuk dilibatkan pada Asesmen Nasional?
Pastinya pesrta didik di setiap jenjang satuan pendidikan dari mulai sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yang dilibatkan untuk mengetahui mutu dan kualitas proses pembelajaran.

Untuk memperbaiki mutu apa ndak perlu juga kita tinjau sarana dan prasarana di masing-masing sekolah terlebih dahulu secara nyata dan fakta, sudah mampukah dengan apa yang diketengahkan? Sudah adakah: Adakah perpus? Adakah Sarana Prasarana yang mendukung? Adakah alat dan sumber belajar?

Mungkin pertanyaan ini ada pada benak masing-masing guru dan berbagai macam kendala yang dihadapi bagi sekolah yang memang perlu dilihat secara nyata karena memang bukan benda kasat mata.

Oleh karena itu, informasi dari hasil belajar yang diperoleh dari asesmen nasional diharapkan dan digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.

Komponen-komponen hasil belajar peserta didik yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi numerasi (matematika).

Asesmen berupa literasi membaca dan numerasi disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan tiap-tiap individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.

Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran.

Dari sini kita atau Anda pasti bertanya-tanya dan sudah tentu Guru Wajib Tahu Dulu!, Apa Itu AKM, AKM Adalah, Apa Tujuan AKM dan Asesmen Nasional Adalah?.

Begitu juga dengan Pusmenjar. Apa itu Pusmenjar? Pusmenjar adalah Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Pusmenjar (Pusat Asesmen dan Pembelajaran)

Mari kita simak link dan isian dari Pusmenjar.
Untuk mengetahui link atau portal Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak atau Ibu Guru Dikdas dapat mengunjungi tautan berikut https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/ agar langsung menuju portal dan mengetahui isian apa saja yang ditampilan.

Fitur dan Soal Tiap Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA Pada Pusmenjar

Fitur dan Soal Tiap Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA Pada Pusmenjar

Dan bagi bapak atau ibu Guru Dikdas yang ingin mengetahui isian sebagaimana gambar diatas, dapat langsung mengunjungi portal atau link berikut 
https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Scroll kebawah pada layar tampilan untuk mengetahui fitur AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) pada Numerasi, Literasi Teks Fiksi, dan Literasi Teks Informasi atau tekan masing-masing kelas pada level pembelajaran.

Soal dan Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA

Isian fitur pada Level Pembelajaran dapat dipilih sesuai dengan dan di kelas atau mata pelajaran apa yang bapak dan ibu guru ajarkan kepada peserta didik.

Bapak atau ibu dapat memilih level-level pembelajaran, masing-masing soal dapat dipilih sesuai dengan yang diinginkan untuk ditampilkan.

Setelah mengetahui soal, bapak dan ibu juga dapat melihat kunci jawaban dan pembahasan yang disajikan.

Jadi. Segera saja kunjungi Fitur dan Soal Tiap Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA Pada Pusmenjar sesuai dengan tautan yang sudah Admin Guru Dikdas Lamongan tempatkan diatas.

Fitur dan Soal Tiap Level Pembelajaran AKM SD, SMP dan SMA Pada Pusmenjar

Pesan terakhir dari Admin, jangan takut untuk menekan tombol dan fitur-fitur yang ada, gunakan mouse untuk mengetahuinya. Bagikan juga artikel Info Guru dan Info Sekolah ini kepada guru, teman sekantor agar segera juga mengetahuinya.(Diyan Shodik)

Post a Comment

0 Comments