Contoh Tulisan Teks Pengalaman dan Poster Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19

Berikut ini adalah Contoh Tulisan Teks Pengalaman dan Poster Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19 sebagai bahan referensi peserta yang sudah memasuki Tahap 2 pada kegiatan Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh.

Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh merupakan bagian kegiatan ketiga dari Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh.

Pada kegiatan ini terdapat 3 (tiga) kegiatan berdasarkan pertanyaan dan tugas yang nantinya dimasukkan kedalam kotak jawaban dan diunggah atau di upload ke dalam sistem.

Contoh Tulisan Teks Pengalaman dan Poster Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19

Pertanyaan dan Referensi Jawaban Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19

Untuk itu, cermati pertanyaan-pertanyaan berikut beserta Contoh Tulisan Teks Pengalaman dan Poster Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19.
  1. Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?
    Referensi jawaban: Pengalaman saya 
    dalam merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh ketika menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, yaitu dengan mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik agar guru dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pada tahap inilah saya melakukan asesmen diagnosis awal agar orangtua tidak mengalami kesulitan dan rasa bosan ketika mendampingi anak belajar sewaktu dirumah. Seiring perjalanan pada tahap proses pembelajaran, saya selaku guru juga melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif awal terkait kendala yang dihadapi peserta didik. Guru juga memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif peserta didik untuk memenuhi target capaian belajar. Tantangan yang saya hadapi ketika merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh diagnosis awal adalah minimnya peserta didik yang tidak memiliki handphone, paket, data, kondisi rumah yang berjauhan, rasa bosan orang tua dan peserta didik serta faktor ekonomi orang tua. Untuk mengatasi kondisi ini maka saya berkomunikasi dan berdiskusi dengan orang tua atau wali murid untuk sama-sama menemukan solusi yang terbaik.
  2. Dari Pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?
    Referensi jawaban: Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan terlebih dahulu yang saya lakukan adalah melakukan simulasi baik kegiatan daring, luring, maupun kombinasi dan berdasarkan respon pengalaman belajar peserta didik menyatakan sangat senang dengan yang dilakukan. Usulan siswa untuk perkembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya adalah adanya kegiatan yang lebih menarik dan menantang baik melalui kegiatan 
    daring, luring, maupun kombinas.
  3. Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid 19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya.
    Referensi jawaban:

    Sebelum 
    mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid 19
    (a) Kesulitan merancang pembelajaran jarak jauh dengan penyederhanaan beban kurikulum. (b) Kesulitan mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan murid. (c) Kesulitan melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran. (d) Kesulitan menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
    Setelah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid 19
    (a) Peningkatan kemampuan dalam merancang pembelajaran jarak jauh dengan penyederhanaan beban kurikulum. (b) Peningkatan kemampuan dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan murid. (c) Peningkatan kemampuan dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran. (d) Peningkatan kemampuan dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
Jawaban-jawaban diatas sebagai bahan referensi semata untuk dimasukkan dalam kotak di tiap-tiap pertanyaan.

Unggah Poster Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19

Pada bagian unggah poster ini, peserta diminta untuk mengunggah poster perbedaan pembelajaran jarak jauh sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid 19.

Sebagai contoh poster tersebut dapat di simak pada gambar berikut:

Contoh Tulisan Teks Pengalaman dan Poster Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19

Setelah sesmua selesai, jangan lupa untuk menekan Finish Quiz dan melanjutkan ke kegiatan selanjutnya.

Semoga bermanfaat dan semoga peserta sukses dalam mengikuti Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19.

Post a Comment

20 Comments

  1. Terimakasih atas referensi nya pak. Sangat membantu sekali, semoga selalu diberi kesehatan agar bisa terus berkarya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Pak..atas penjelasannya. Sangat membantu saya untuk mengisi kolom jawaban Kuis. Semoga Bapak mendapat berkah yang melimpah. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Bu/Pak. Semoga lolos ke tahap berikutnya.

      Delete
  3. Terima kasih banyak pa, sebelumnya saya sangat kebingungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Bu, hanya sebatas referensi. Tinggal menyesuaikan saja.

      Delete
  4. Terima kasih byk pak, atas referensinya ..semoga selalu sehat dan bisa mengikuti tahap berikutnya.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, akhirnya saya menemukan referensi nya. Sebelumnya nggak punya gambaran sama sekali. Terimakasih banyak ya pak 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  6. maaf izin bertanya, format file untuk uploadnya apa ya? disaya engga ada tulisan selesai setelah di upload
    terimakasih

    ReplyDelete
  7. bapak, setelah mengerjakan ini ko saya tidak ada tahap lanjutannya ya.. tetap di laman ini pak , bagaimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa untuk menekan Finish Quiz Om, di tunggu keluar Finish Quiznya.

      Delete
  8. trima kasih..sangat bermanfaat skali..
    tapi kenapa saya tidak bisa melanjutkan tahap selanjutnya setelah quiz complete.. tidak ada tulisan next..mohon bantuannya.. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu keluar Finish Quiznya Om. Klo sudah keluar baru menekan Finish Quiz Om dan bisa ke tahap selanjutnya.

      Delete
  9. Terima pak...sangat bermanfaat. mohon bantuannya pak, saya juga tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya...hasil quiznya tidak keluar dan tidak ada tulisan tandai telas selesai. saya diklat tahap 3 pak...terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu keluar Finish Quiznya Om. Klo sudah keluar baru menekan Finish Quiz Om dan bisa ke tahap selanjutnya.

      Delete
  10. Terima kasih Pak, sangat bermanfaat sekali dalam pengisian quiznya...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.