Download Draf Instrumen Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020 dan Bahan Persiapan Dokumen

Draf Instrumen Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020


Download Draf Instrumen Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020 dan Bahan Persiapan Dokumen.

Merupakan draf yang nantinya akan diperlukan jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah tahun 2020 yang akan melaksanakan dan mempersiapkan Akreditasi Sekolah.

Pada IASP (Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan) terdapat beberapa komponen utama yang terinci menjadi beberapa butir komponen, antara lain: Komponen Mutu Lulusan, Komponen Proses Pembelajaran, Komponen Mutu Guru, Komponen Manajemen Sekolah.

Masing-masing komponen dalam Instrumen akreditasi satuan pendidikan (IASP) tahun 2020, terdapat 3 hal pokok dalam setiap butir instrumen yang meliputi pembuktian kinerja; telaah dokumen; dan observasi.

Download Draf Instrumen Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020 dan Bahan Persiapan Dokumen

Sebagai catatan dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan di masing-masing komponen baik guru, kepala sekolah dan stake holder yang ada di lembaga yang akan melaksanakan Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020, Admin Guru Dikdas Lamongan akan merangkum tiap-tiap komponen dan dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan sesuai dengan indikator..

Bahan Persiapan Instrumen Dokumen Komponen Mutu Lulusan

Bahan persiapan dokumen untuk Komponen Mutu Lulusan yang perlu dipersiapkan Jenjang SD/MI Tahun 2020 sesuai dengan tiap-tiap indikator, yaitu:

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Menunjukkan karakter disiplin dalam berbagai situasi, misalnya disiplin waktu, disiplin berpakaian dan kepatuhan terhadap aturan sekolah/madrasah.
  1. Tata tertib sekolah/madrasah
  2. Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  3. Jurnal harian guru piket
  4. Catatan guru pembimbing/wali kelas/guru BK
  5. Poster afirmasi

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Menunjukkan perilaku religius.
  1. Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  2. Catatan guru agama
  3. Buku aktivitas kerohanian siswa/laporan kegiatan
  4. Poster afirmasi/foto-foto kegiatan

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Menunjukkan sikap kerja keras, tangguh, dan tanggung jawab.
  1. Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  2. Perangkat pembelajaran
  3. Catatan guru kelas/mata pelajaran
  4. Pajangan hasil kerja siswa
  5. Poster afirmasi/foto-foto kegiatan

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Bebas dari perilaku perundungan.
  1. Dokumen program pencegahan perundungan sekolah/madrasah dan bukti-bukti penanganan bully/perundungan.
  2. Catatan guru BK
  3. Poster afirmasi, pajangan slogan, dan papan bicara

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Memiliki kompetensi abad ke-21 yang meliputi kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kritis, dan mencipta.
  1. Dokumen program pengembangan kemampuan kompetensi abad ke-21
  2. Dokumen program kesiswaan
  3. RPP guru
  4. Catatan guru
  5. Sertifikat, piala, piagam, dsb.

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Menunjukkan ekspresi diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat.
  1. Dokumen program pengembangan minat dan bakat siswa dalam bidang pengembangan minat dan bakat
  2. Pajangan kreasi seni budaya siswa
  3. Sertifikat, piala, piagam, foto-foto kegiatan, dsb.
  4. Poster afirmasi, slogan, dll.

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Menunjukkan Peningkatan Prestasi Akademik
  1. Hasil Ujian Nasional (UN) dalam 3 tahun terakhir
  2. Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dalam 3 tahun terakhir
  3. Rerata Nilai Rapor kelas akhir dalam 3 tahun terakhir
  4. Data lulusan yang diterima di jenjang Pendidikan berikutnya (SMP)

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Siswa menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan ejaan yang baik dan benar.
  1. Buku catatan siswa
  2. Tugas-tugas siswa

Dokumen Mutu Lulusan
Indikator Stakeholder (pemangku kepentingan) lulusan memiliki kepuasan terhadap mutu lulusan.
  1. Dokumen studi penelusuran mutu siswa/lulusan
  2. Lainnya

Bahan Persiapan Instrumen Dokumen Komponen Proses Pembelajaran

Dokumen Komponen Proses Pembelajaran yang perlu dipersiapkan, antara lain:

Dokumen Komponen Proses Pembelajaran
Indikator Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP dan melibatkan aktivitas siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi..

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  2. Jurnal /catatan harian guru mata pelajaran
  3. Dokumen supervisi kepala sekolah/madrasah
Dokumen Komponen Proses Pembelajaran
Indikator Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar serta menggunakan hasilnya sebagai dasar perbaikan program berikutnya.
  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Instrumen penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan.
  3. Nilai atau skor hasil penilaian.
  4. Jurnal atau catatan harian guru tentang kapan penilaian dilaksanakan.
  5. Catatan tindak lanjut hasil evaluasi.
Dokumen Komponen Proses Pembelajaran
Indikator Melaksanakan pengayaan dan/atau remedial pada mata pelajaran.
  1. Dokumen hasil tes diagnostik atau tes lain
  2. Program pelaksanaan Pengayaan
  3. Program pelaksanaan remedial
  4. Catatan bukti bahwa program remedial dan pengayaan telah dilaksanakan.
  5. Hasil penilaian pelaksanaan remedial dan pengayaan.
  6. Bukti-bukti lainnya.
Dokumen Komponen Proses Pembelajaran
Indikator Siswa tampak antusias dalam belajar.

Dokumen Komponen Proses Pembelajaran
Indikator Terjadinya budaya literasi membaca dan menulis.
  1. Program sekolah yang terkait dengan budaya literasi membaca dan menulis.
  2. Bahan bacaan yang tersedia di kelas dan/atau perpustakaan.
  3. Daftar peminjaman buku perpustakaan.
Dokumen Komponen Proses Pembelajaran
Indikator Proses pembelajaran memanfaatkan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar.
  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terutama dalam hal penggunaan media dan sumber belajar 
  2. Kokumen tentang sarana dan prasarana yang bisa digunakan dalam pembelajaran
  3. Tata tertib pemanfaatan sarana prasarana memuat beberapa anjuran dan larangan?

Bahan Persiapan Instrumen Dokumen Komponen Mutu Guru

Guru jenjang SD/MI juga mempersiapkan dokumen-dokumen sesuai dengan indikator di tiap-tiap komponen.

Berikut adalah dokumen yang perlu dipersiapkan sesuai dengan komponen mutu guru.

Dokumen Komponen Mutu Guru
Indikator Menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan melibatkan seluruh siswa, serta mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK.
  1. Kelengkapan dokumen RPP
  2. Indikator
  3. Strategi/metode pembelajaran
  4. Tahapan pembelajaran
  5. Pemanfaatan Lingkungan
  6. Pemanfaatan TIK
  7. Dokumen evaluasi dan refleksi
Dokumen Komponen Mutu Guru
Indikator Melakukan evaluasi diri, refleksi dan perbaikan kinerja secara berkala.
  1. Dokumen hasil evaluasi diri
  2. Dokumen refleksi dan dokumen rencana tindak lanjut
  3. Dokumen bukti perbaikan kinerja yang dilakukan oleh guru
  4. Dokumen bukti diskusi dan diseminasi dengan teman sejawat
Dokumen Komponen Mutu Guru
Indikator Melakukan pengembangan profesi secara aktif untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan baik melalui kegiatan organisasi profesi guru (KKG/MGMP atau yang sejenis) atas inisiatif sendiri atau difasilitasi oleh sekolah/madrasah.
  1. Karya tulis yang dipublikasikan
  2. Karya tulis yang tidak dipublikasikan
  3. Bukti keikutsertaan kegiatan pengembangan profesi
Dokumen Komponen Mutu Guru
Indikator Mengembangkan/memodifikasi strategi/model/metode dan teknik pembelajaran aktif dan mendidik.
  1. Hasil pengembangan/modifikasi strategi, model, dan teknik pembelajaran.
  2. Hasil evaluasi pengembangan/modifikasi strategi, model, metode pembelajaran
  3. Bukti hasil penyebarluasan hasil pengembangan
Dokumen Komponen Mutu Guru
Indikator Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Tematik.
  1. Kelengkapan dokumen RPP
  2. Jejaring KD dan Indikator masing-masing mata pelajaran
  3. Strategi/metode pembelajaran
  4. 4ahapan pembelajaran
  5. Pemanfaatan Lingkungan sebagai sumber belajar
  6. Dokumen evaluasi dan refleksi

Bahan Persiapan Instrumen Dokumen Manajemen Sekolah

Sekolah/madrasah mengembangkan, menjabarkan, menyosialisasikan, dan mengimplementasikan visi, misi, dan tujuan sekolah.

Terdapat beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan oleh sekolah jenjang SD/MI dalam mempersiapkan dokumen manajemen sekolah sesuai dengan masing-masing indikator.

Berikut adalah dokumen yang perlu dipersiapkan sesuai dengan komponen manajemen sekolah sesuai dengan masing-masing indikator, diantaranya:

Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Mengimplementasikan visi, misi dan tujuan dengan melibatkan seluruh komponen
sekolah dan pemangku kepentingan.
  1. Visi, misi, dan tujuan sekolah
  2. Dokumen atau notulen proses penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah (undangan rapat, foto kegiatan, absensi, dsb)
  3. Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
  4. Dokumen sosialisasi visi, misi, dan tujuan sekolah
  5. Dokumen hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana sekolah.
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Menunjukkan kompetensi supervisi dalam membantu guru memperbaiki kualitas pembelajaran.
  1. Program supervisi yang dibuat kepala sekolah/madrasah.
  2. Instrumen supervisi yang digunakan
  3. Catatan pelaksanaan supervisi yang mendeskripsikan tahap praobservasi, observasi, dan refleksi.
  4. Catatan evaluasi pelaksanaan supervisi sebagai bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Rekomendasi tindak lanjut perbaikan yang disarankan oleh kepala sekolah/madrasah
  6. Pelaksanaan tindak lanjut pemantauan pelaksanaan saran tindak lanjut.
  7. Surat penugasan/SK penugasan.
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Mempraktikkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, partisipatif, kolaboratif, transformatif dan efektif.
  1. Rencana pengembangan sekolah atau sejenisnya yang menunjukkan kemampuan sekolah memanfaatkan potensi dan merebut peluang yang ada
  2. Rencana kerja sekolah/madrasah (RKS)
  3. Rencana kegiatan dan anggaran tahunan (RAKT)
  4. Dokumen/ MOU kerja sama pihak sekolah dengan lembaga di luar sekolah
  5. Proposal/TOR
  6. Notulen rapat dan kegiatan yang menunjukkan kegiatan kreatif dan inovatif sekolah (foto, berita acara, notulen, dsb).
  7. Bukti lain tentang usaha-usaha kreatif yang dilakukan kepala sekolah
  8. Publikasi program di web/medsos
  9. Bantuan lembaga luar kepada sekolah yang berdampak penting bagi pengembangan sekolah.
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Menciptakan komunikasi dan interaksi antara guru, siswa, dan warga sekolah, orang tua, dan masyarakat yang harmonis.
  1. Rencana dan program sekolah atau yang sejenisnya
  2. Notulen kegiatan baik dalam bentuk catatan maupun foto dan bukti lainnya yang menunjukkan jalinan komunikasi dan interaksi baik tatap muka maupun melalui media sosial dengan berbagai pihak
  3. Dokumen kerja sama antara siswa atau guru dengan warga masyarakat termasuk orang tua siswa (al. SK kepanitiaan).
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Menunjukkan budaya bersih, indah, aman dan tertib.
  1. Kebijakan dan program kerja sekolah yang berkaitan dengan budaya bersih, indah, aman, dan tertib
  2. Notulen kegiatan baik dalam bentuk catatan maupun foto dan bukti lainnya yang menunjukkan adanya pembiasaan warga sekolah dalam penanaman budaya bersih, indah, aman dan tertib.
  3. Dokumen terkait dengan prestasi sekolah dalam lomba-lomba di bidang lingkungan hidup
  4. Keberadaan slogan dan pesan-pesan afirmasi
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Sekolah/Madrasah melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan dalam pelaksanaan program sekolah/madrasah.
  1. Kebijakan dan program kerja sekolah yang berkaitan dengan pelibatan masyarakat
  2. Bukti pelaksanaan kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti undangan, daftar hadir, dokumentasi.
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Sekolah/madrasah mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematik/prosedural dan efektif.
  1. Dokumen kurikulum secara utuh
  2. Silabus
  3. RPP
  4. Program tahunan
  5. Program semesteran
  6. Kalender akademik
  7. Dokumen pengembangan kurikulum seperti notulen rapat, SK Tim, absensi kegiatan, dsb.
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Menerapkan pengelolaan guru dan tenaga kependidikan secara efektif, efisien dan akuntabel.
  1. Pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan
  2. Pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan
  3. Deskripsi kerja guru dan tenaga kependidikan
  4. Deskripsi kerja guru dan tenaga kependidikan
  5. Pelatihan, kursus, seminar, workshop, dsb yang diikuti oleh tenaga kependidikan
  6. Instrumen penilaian kinerja
  7. Hasil penilaian kinerja
  8. Pemberian tindak lanjut penilaian kinerja
  9. Sistem atau kebijakan penggajian di sekolah
  10. Daftar gaji guru dan tenaga kependidikan
  11. Standar Operasi dan Prosedur Pengelolaan SDM di sekolah
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Sekolah/madrasah memfasilitasi pendidikan agama berdasarkan agama yang dianut siswa.
  1. Pembagian tugas guru
  2. Uraian tugas guru
  3. Lainnya
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Terkelolanya sarana dan prasarana dengan baik.
  1. SOP Pengelolaan sarana dan prasarana
  2. Program kerja sekolah (RKJM, RKT, RKAS).
  3. Kartu Inventaris Barang (KIB) A, B, C, D, E, F.
  4. Kartu Inventaris Ruangan (KIR).
  5. Buku pengeluaran barang.
  6. Dokumen pemeliharaan barang
  7. Penugasan staf kebersihan/keindahan,
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Sekolah/madrasah menggali sumber pembiayaan dari pihak lain yang mendukung kegiatan sekolah
  1. Rencana kerja sekolah dan rencana anggaran sekolah
  2. Kebijakan pembiayaan sekolah
  3. Bukti penerimaan sumbangan dan bantuan
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Sekolah/madrasah menerapkan pelaporan keuangan.
  1. Proses penyusunan laporan keuangan
  2. Pihak yang melakukan audit laporan keuangan
  3. Sejauh mana pihak-pihak berkepentingan mengetahui laporan keuangan sekolah
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Melakukan pembinaan kesiswaan.
  1. Foto-foto kegiatan siswa
  2. Informasi yang dipublikasikan terkait dengan kegiatan siswa
  3. Data siswa yang mengikuti kegiatan kesiswaan.
Dokumen Manajemen Sekolah
Indikator Melakukan pelayanan Bimbingan dan Konseling.
  1. Program BK (harian, mingguan, bulanan, semester, tahunan)
  2. Format layanan yang sudah diisi, dan
  3. Rencana pelaksanaan layanan.

Download Draf Instrumen Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020

Sebagai arsip, silahkan Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan dapat mendownload Draf Instrumen Akreditasi Jenjang SD/MI Tahun 2020.


Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments