Susunan RPP Inspiratif Oleh Tim Pusat Kurikulum dan Perbukuan

GuruDikdasLamongan.id | Susunan RPP Inspiratif Oleh Tim Pusat Kurikulum dan Perbukuan Tahun 2019 Merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inspiratif yang secara skema dan susunan dibuat berdasarkan keluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa "beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP".

Banyaknya item komponen-komponen yang harus ada dan tertuang dalam lembar RPP tersebut dirasakan ketika pendidik bahwa RPP saat ini jumlah halaman yang nantinya di cetak (print out) menjadi terlalu banyak halaman.

Fakta dilapangan yang dirasakan oleh guru bahwa penyusunan RPP dibuat berlembar-lembar dan memuat belasan komponen sehingga dinilai tidak efektif. Hal tersebut itulah yang dirasakan guru saat ini.

Tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang menyatakan bahwa penyederhanaan RPP cukup memuat 3 (tiga) komponen saja, yaitu: Tujuan, Langkah-langkah Kegiatan, dan Asesmen.

Susunan RPP Inspiratif Oleh Tim Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Tujuan Pembelajaran Dalam RPP Inspiratif

Tujuan pembelajaran diturunkan dan sebar dari beberapa kompetensi dasar (KD) dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik selama proses kegiatan belajar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Dalam RPP Inspiratif

Untuk kegiatan pembelajaran dalam RPP inspiratif ini memuat 3 (tiga) komponen pembelajaran, yaitu: Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Penutup.

Untuk kegiatan pembelajaran yang alur proses ranahnya kearah percobaan, maka perlu dilengkapi dengan dokumen bukti fisik pendukung yang memuat langkah-langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan ke dalam buku panduan praktikum.

Untuk kegiatan penutup terdapat beberapa refleksi kegiatan pelaksanaan yang tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik setelah melaksanakan serangkaian kegiatan belajar mengajar, sehingga memungkinkan guru untuk mendapatkan informasi mengenai hasil dari keterlaksanaan proses pembelajara yang akan menjadi acuan pembelajaran pada kegiatan selanjutnya. 

Asesmen Dalam RPP Inspiratif

Asesmen atau bentuk teknis langkah dalam RPP inspiratif memuat tentang penilaian yang sesuai dalam proses pembelajaran yang disampaikan.

Muatan-muatan asesmen atau penilaian-penilaian diantaranya: Penilaian Spiritual, Penilaian Sosial, Penilaian Pengetahuan, dan Penilaian Keterampilan.

Unduh Susunan RPP Inspiratif Oleh Tim Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Dengan demikian, susunan RPP Inspiratif yang kerangka dasarnya sudah disusun oleh Tim Pusat Kurikulum dan Perbukuan ini tidak sekedar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman.

Pendidik diberikan keleluasaan, keluwesan, dan kemerdekaan dalam menyusun RPP yang bukan karena banyaknya jumlah halaman, akan tetapi bagaimana cara pendidik mengonstruksi dan membuat RPP secara global dan mudah dipahami dan diterapkan pada saat kegiatan belajar mengajar.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi pendidik yang mengeluh karena banyaknya beban administrasi yang dikelola baik harian maupun mingguan.


Post a Comment

0 Comments