Panduan dan Installer Aplikasi Dapodik 2021

GuruDikdasLamongan.id | Panduan dan Installer Aplikasi Dapodik 2021 - Merupakan langkah awal yang harus dilakukan Operator Sekolah terlebih sebelum memulai kegiatan pendataan di masing-masing sekolah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021 kemudian mengunduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Panduan dan Installer Aplikasi Dapodik 2021

Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021

Sebelum memulai kegiatan pendataan, hal yang paling penting adalah mengunduh panduan aplikasi dapodik versi 2021 dan membaca panduan tersebut agar nantinya operator sekolah tidak salah langkah dalam melakukan proses penginstalan, penginputan,  penataan, dan pengiriman.

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021 di antaranya penggabungan aplikasi antara Dapodikdasmen dengan Dapo PAUD-Dikmas, penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi untuk menurunkan perubahan data yang terjadi di server ke lokal, perubahan proses bisnis untuk perekaman GTK baru, perubahan proses bisnis untuk penambahan dan perbaikan akun GTK, penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP), dan perbaikanperbaikan lainnya.

Oleh karena itu, dari dan adanya pembaruan diatas, maka terlebih dahulu diharapkan kepada masing-masing operator sekolah untuk mengunduh Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021 dan kemudian membaca sedari awal hingga akhir panduan tersebut.

Panduan tersebut merupakan gambaran dari apa yang akan dilaksanakan oleh Operator Sekolah dalam memulai sampai dengan tahap proses sinkronisasi.

Installer Aplikasi Dapodik 2021

Setelah mengunduh Panduan Aplikasi Dapodik 2021 langkah selanjutnya adalah mengunduh Installer Aplikasi Dapodik 2021.

Unduh Installer Aplikasi Dapodik 2021 pada laman Dapodik. Uninstal aplikasi dapodik versi lama lalu instal aplikasi dapodik versi baru yakni versi 2021.

Setelah berhasil mengunduh Installer Aplikasi Dapodik 2021, tahap selanjutnya yaitu melakukan proses instalasi dan proses regristasi.

Regristasi dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika operator sekolah menginginkan proses menggunakan metode regristasi offline, maka lakukan generete prefill terlebih dahulu.

Penarikan Data Awal Aplikasi Dapodik 2021 Untuk BOS dan BOP

Sebagaimana yang sudah di informasikan pada laman berita Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021 (Sumber: https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodik-versi-2021) menginformasikan untuk penarikan data awal "bagi segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Petugas pendataan untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodik versi 2021 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021".

Pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program BOP).

Unduh Panduan dan Installer Aplikasi Dapodik 2021

Bagi Operator Sekolah yang belum memiliki Panduan dan Installer Aplikasi Dapodik 2021, Admin Guru Dikdas Lamongan menyiapkan 2 bahan utama sebelum operator sekolah memulai tugas-tugasnya.

Admin Guru Dikdas Lamongan juga mengarsipkan 2 bahan tersebut pada drive jika link atau web dapodik susah untuk di akses, berikut Panduan dan Installer Aplikasi Dapodik 2021 yang dapat di unduh.
  1. [Unduh] Panduan Aplikasi Dapodik 2021
  2. [Unduh] Installer Aplikasi Dapodik 2021
Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments