Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Kelas 4 Tema 1

GuruDikdasLamongan.id | Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Kelas 4 Tema 1 Merupakan jurnal kegiatan Proses Belajar Mengajar yang mengacu pada RPP Inspiratif serta kondisi saat ini yang di masa darurat.

Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Kelas 4 Tema 1 ini pastinya tak lepas juga dengan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan dalam melaksanakan proses belajar.

Acuan Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 adalah pelaksanaan RPP Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 Semester 1 Daring itu sendiri.

Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Kelas 4 Tema 1

Bahan Ilustrasi Proses Pembelajaran Daring Penuh Masa Darurat

Penghitungan waktu pembelajaran bagi guru kelas yang pada normalnya adalah 4 jam dalam sehari untuk kegiatan pembelajaran adalah 35 menit per 1 jam kbm/pbm nya.

Mengawali prosesnya, konsep luring diterapkan terlebih dahulu dengan mengirimkan materi awal (pdf, slide, ppt, video, tautan dll) yang akan di literasi oleh peserta didik dengan waktu 4 x 15 atau 4 x 10 atau juga 4 x 5 menit.

Kemudian proses luring ini juga diterapkan di akhir kegiatan kbm/pbm jika nantinya peserta didik melaksanakan tugas sesuai dengan langkah kegiatan yang tidak menyita waktu untuk kegiatan daringnya.

Mengapa demikian?
Sebagaimana diatas sebelumnya, bahwa Alokasi jam pembelajaran normal dari 1 jam pelajaran adalah 35 menit.

Jika materi awal dikirim kepada peserta didik dan di lakukan Literasi sebagai unsur pembuka, peserta didik akan tahu gambaran materi yang akan dipelajari.

Semisal, taruhlah waktu luring ini 4 x 5 menit, maka hasilnya adalah 20 menit.
Waktu inilah unsur Literasi peserta didik diterapkan oleh guru menggunakan luring. Atau 4 x 15 menit untuk ber Literasi dan melaksanakan tugas dari hasil pelaksanaan pembelajaran.

Setelah materi awal terkirim dan ter literasi, untuk selanjutnya masuklah konsep daring.

Dari sini kita bisa mulai menghitung kegiatan pbm secara daringnya.

Dalam kegiatan daring inilah, guru mulai menerangkan, menjelaskan, mencoba, menalar, menanya, mengkomunikasikan, menilai, dan atau mengevaluasi secara online.

Jika dihitung jam alokasi waktu pembelajaran daringnya yaitu 4 x 30 menit yang hasilnya adalah 120 menit atau 2 jam waktu normalnya.

Jika daring dan luring atau luring dan daring dihitung secara akumulatif, antara 4 x 5 menit sama dengan 20 menit, dan 4 x 30 menit adalah 120 menit.
Maka, 20 menit + 120 menit sama dengan 140 menit.

Jam pembelajaran (PB) ini jika di diandaikan dengan waktu normal, maka sama dengan 2 jam 20 menit.

Waktu inilah guru kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran daring dan luring atau luring dan daring.

Penghitungan waktu tersebut adalah 4 jam dalam kbm/pbm, jika dikalikan 4 jam per harinya selama hari 6, maka 4 jam x 6 hari sama dengan 24 jam guru kelas melaksanakan daring dan luring.

Referensi Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Kelas 4 Tema 1

Dari sinilah Admin mencoba membuat referensi yang nantinya diterapkan dalam jurnal. Bagi Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan yang menginginkan file word ini, simak terlebih dahulu pdf berikut:


Untuk kehadiran, isikan jumlah peserta yang ada, apabila ada yang tidak hadir dapat dituliskan alasan pada keterangan.

Untuk Penilaian Harian (PH), proses pelaksanaan menyesuaikan kegiatan, apakah dilaksanakan secara online dengan daring ataukah secara luring dengan mengirimkan soal berupa word, pdf atau bentuk lain.

Unduh Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 Kelas 4 Tema 1

Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan dapat mengunduh file referensi Jurnal PBM Inspiratif Kelas 4 Tema 1 ini, yang meliputi:
  1. Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 T1 ST 1 Kelas 4 Daring
  2. Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 T1 ST 2 Kelas 4 Daring
  3. Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat Covid-19 T1 ST 3 Kelas 4 Daring
Silahkan unduh Jurnal PBM Inspiratif Masa Darurat pada alamat berikut: http://gg.gg/Unduh_Jurnal_PBM_Masa_Darurat_Kelas_4_Tema_1

Untuk sementara yang Admin unggah adalah Tema 1 Kelas 4. Jika waktu memungkinkan, nantinya Admin akan mencoba unggah untuk Tema 2 Kelas 4.

Post a Comment

0 Comments