Akankah Awal Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 Peserta Didik Dianjurkan Masuk Sekolah

GuruDikdasLamongan.id - Akankah Awal Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 Peserta Didik Dianjurkan Masuk Sekolah? Bisa jadi pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Kalpendik, akan tetapi pada proses belajar peserta didik tetap di rumah!

Hal tersebut juga disampaikan oleh Hamid Muhammad selaku Plt. Direktur Jendral PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan yang pada intinya yaitu kalender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada hari Senin pekan ketiga bulan Juli dan berakhir pada akhir Juni.

Jika melihat penyebaran Covid-19 yang masih menghantui, Hamid Muhammad memastikan bahwa kalender pendidikan tidak akan berubah.

Senin, tanggal 13 pada pekan ketiga bulan Juli 2020 awal tahun pelajaran akan tetap dilaksanakan.

Plt. Direktur Jendral PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan megatakan bahwa “Tahun pelajarannya itu mulai akan tetap sama. Tapi pola pembelajarannya itu yang mungkin berbeda” kata Hamid Muhammad.

Dengan menetapkan kalender pendidikan di bulan Juli 2020, artinya tidak memundurkan kegiatan belajar-mengajar ke Januari 2021.

Bisa jadi peserta didik untuk jenjang Sekolah Dasar akan masuk pada Januari 2021, mengingat usia yang termasuk rentan dalam penyebaran Covid-19.

Jika melihat situasi diatas, pastinya masing-masing lembaga jenjang satuan pendidikan utamanya Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama menunggu informasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota masing-masing.

Akankah awal Tahun Ajaran Baru 2020/2021 peserta didik dianjurkan masuk sekolah ataukah tidak?

Akankah Awal Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 Peserta Didik Dianjurkan Masuk Sekolah

Jika tetap dianjurkan masuk sekolah di awal tahun pelajaran, pastinya memperhatikan protokol kesehatan. Entah bagaimana nanti teknis di lapangan yang akan diterapkan di tiap-tiap sekolah. Apakah membentuk Tim Satgas Covid Jenjang Satuan Pendidikan.

Begitu juga dengan jenjang Sekolah Menengah Atas yang juga masih menunggu informasi dari Dikmen.

Pembukaan sekolah di masing-masing wilayah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan memperhatikan instruksi atau edaran langsung dari Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lantas! Langkah apa yang harus disampaikan kepada orang tua atau wali murid dalam mengawali tahun ajaran baru 2020/2021?

Bagaimana teknisnya, semua tergantung Kepala Sekolah dalam menginformasikan kegiatan awal tahun pelajaran 2020/2021.*)

Post a Comment

0 Comments