Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan yang sengaja Admin Guru Dikdas Lamongan buat.

Entah perlu atau tidak perlu guru dalam membuat laporan tersebut, mengingat ini sebagai bagian dan tugas wajib selaku guru jenjang satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Sebagaimana Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan dan Surat Pemberitahuan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Nomor 420/678/413.101/2020 tanggal 15 Maret 2020 dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).


Simak: Surat Edaran Dinas Pendidikan Lamongan, Karena Covid Peserta Didik Belajar di Rumah

Sebagaimana Surat Pemberitahuan tersebut, mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai pemberitahuan lebih lanjut, maka kegiatan belajar mengajar dilaksanakan berbasis online atau sejenisnya.


Kegiatan Proses Belajar dari Rumah dilaksanakan dan dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran daring melalui aplikasi Whatsapp serta aplikasi sejenis guna mendukung proses belajar dari rumah.

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

Meski tidak ada format baku yang diberikan mengenai bagaimana bentuk dan penyusunan tentang Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 jenjang satuan pendidikan, namun semoga saja bentuk dan penyusunan laporan ini bisa menjadi gambaran laporan pelaksanaan selama masa karantina guru maupun peserta didik selama di rumah.
Guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan jadwal pelajaran seperti biasanya. Kegiatan pembelajaran meliputi penyampaian materi, penugasan, dan penilaian.


Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (WFH) bagi Peserta Didik ini bertujuan sebagai berikut.
  1. Memberikan wadah bagi peserta didik untuk dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari selama belajar di rumah.
  2. Memudahkan peserta didik dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
  3. Menyediakan bahan ajar dan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan materi terkait yang diajarkan.
  4. Melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan jadwal pelajaran seperti biasanya.
  5. Kegiatan pembelajaran meliputi penyampaian materi baik melalui google classroom, materi berupa pdf, penugasan, dan penilaian
  6. Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terhadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis atau soal yang dapat dikerjakan secara mandiri.

Sasaran Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

  1. Sasaran Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (WFH) Guru Kelas bagi Peserta Didik ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020.
  2. Sasaran pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah peserta didik kelas kelas dengan jumlah target peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Ruang Lingkup Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

Ruang lingkup Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (WFH) dilakukan dengan sistem daring atau pembelajaran jarak jauh ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.
  1. Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring.
  2. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring.
  3. Metode dan Media Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring.
  4. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring.
  5. Pemberian Tugas Pembelajaran Daring oleh Guru.
  6. Bimbingan Pembelajaran Daring.
Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan yang Admin Guru Dikdas Lamongan susun ini sebenarnya untuk jenjang Sekolah Dasar khususnya guru kelas tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat di pergunakan untuk guru mata pelajaran baik pendidikan jasmani dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam atau bahkan untuk guru mata pelajaran yang lain.

Menjadi hal yang lumrah apabila pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Daring tidak berlangsung sukses 100 %, melihat tidak semua siswa mampu mengikuti, mengingat faktor ekonomi orang tua atau wali murid, namun akan menjadi sukses 100 % apabila pelaksanaan daring tersebut menggunakan beberapa metode.

Meski terdapat kendala, pelaksanaan pembelajaran daring tetap dilaksanakan dengan metode terbimbing langsung (aktif) dan tidak langsung (pasif).


Metode terbimbing langsung (aktif) yakni peserta didik yang memiliki gawai dapat mengikuti materi, tugas, penilaian dan penilaian harian melalui group WhatsApp yang sudah terbentuk, sedangkan Metode terbimbing tidak langsung (pasif) yaitu peserta didik menyampaikan materi yang diperoleh untuk dapat disampaikan kepada peserta didik yang orang tuaya belum memiliki gawai atau gadget.

Sebagai bahan referensi, laporan ini dapat pula untuk guru jenjang Sekolah Menengah Pertama atau jenjang Sekolah Menengah Atas dalam membuat dan melaporkan kegiatannya selama Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).


Simak Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan ini Admin buat dan susun berupa file Word dan Excel khusus Lampiran 2.a (Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring), sehingga nantinya Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan dapat dengan mudah mengedit laporan tersebut.

Simak laporan berikut:

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan yang Admin susun terdiri dari mulai: Cover, Lembar Identitas Guru, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I Pendahuluan, Bab II Laporan Kegiatan, Penutup, dan Lampiran-lampiran Laporan Kegiatan.
Untuk Lampiran-lampiran kegiatan yang Admin susun seperti Lampiran 1 Data Peserta Didik, Lampiran 2.a Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring, Lampiran 2.b Uraian Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring, Lampiran 3 Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring, Lampiran 4 Jurnal Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring, Lampiran 5 Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring, dan Lampiran 6 Soal Penilaian Harian Kegiatan Pembelajaran Daring.

Unduh Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan

Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan, dapat mengunduh secara langsung file-file tersebut dan mengubahnya sesuai dengan bentuk kegiatan yang dilakukan.

Sebagai bahan referensi Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan, unduh laporan tersebut di bawah ini.
  1. [Unduh] Laporan Kegiatan Belajar Di Rumah
  2. [Unduh] Lampiran 1 Data Peserta Didik
  3. [Unduh] Lampiran 2.a (Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring)
  4. [Unduh] Lampiran 2.b (Uraian Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring)
  5. [Unduh] Lampiran 3 (Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring)
  6. [Unduh] Lampiran 4 (Jurnal Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring)
  7. [Unduh] Lampiran 5 (Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring)
  8. [UnduhLampiran 6 (Rekap Nilai Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring)
Semoga Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Daring Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Jenjang Satuan Pendidikan yang sengaja Admin Guru Dikdas Lamongan buat dapat dijadikan arsip atau bahan referensi.*)

Post a Comment

0 Comments