Rapor Mutu PTK PMP Muncul Batas Pengisian 15 April 2020

Sahabat Guru Dikdas Lamongan, kali ini Admin akan mencoba dan mengedukasi secara bersama tentang Rapor Mutu PTK PMP Muncul Batas Pengisian 15 April 2020 yang tersemat pada Info Dikdas.

Yaa... Mungkin dengan bahasa yang tidak terlalu formal sieh, agar Operator Sekolah tidak merasa terbebani dengan lamanya proses sejak informasi rilisnya Sistem Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 yang tepatnya pada 9 September 2019. (Sumber rilis: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/berita-detail/rilis-sistem-aplikasi-penjaminan-mutu-pendidikan-tahun-2019-versi-2019.09.01)

Mulai dari menggunakan sistem EDS Daring, EDS Versi android hingga EDS Offline. Apalagi saat ini sudah masuk pada bulan April di Tahun 2020, entah sampai kapan berakhir secara final pengisian Aplikasi Pemetaan Mutu ini.

Jika di hitung-hitung, berarti antara rilis hingga saat ini sudah 8 bulan berjalan dong dan itupun tersemat batas waktu pengumpulan data pemetaan mutu pendidikan yang di informasikan pada laman berita, jika pengiriman data EDS Dikdasmen Offline diperpanjang sampai dengan tanggal 15 April 2020.

"Semakin paaaanjang"

Apa iya bisa berakhir tanggal tersebut? Melihat Operator Sekolah saja yang saat ini merasa ogah-ogahan jika membahas PMP.

Unduh, instal, update patch, singkron, update lagi, sinkron lagi mengingat juga terdapat data PTK yang kurang mencukupi dan ada lagi data PTK di Dapodik sekian eeeh di PMP cuman sekian yang muncul apalagi pengisian kuesioner yang waktu itu memakan waktu lama pada proses simpan jawaban.

Yaaa ... Bisa di bilang kalau waktu 8 bulan berjalan dan apalagi prosesnya tak ending-ending.

Rapor Mutu PTK PMP Muncul


Rapor Mutu PTK PMP Muncul Batas Pengisian 15 April 2020

Ah sudahlah!

Mending bahas gimana caranya agar Rapor Mutu PTK yang ada di jaring laba-laba ketika di hitung rapor muncul apalagi batas waktu pengumpulan dan pengiriman data EDS Dikdasmen Offline diperpanjang sampai dengan tanggal 15 April 2020.

Nah! Bagi yang kemaren jika PMP nya masih versi 2019.12.18 mending langsung update ajja pakai Patch EDS 2020.20.07. Eh rilis, update lagi donk. Wkwkwkwk. Updatenya di unduh dulu kemudian di instal yaa.

Setelah terinstal, buka ajja tuuh aplikasi EDS Dikdasmen yang versi Oflline. Jangan lupa login EDS pakai akun Dapodik biar terbuka aplikasi PMP nya.

Setelah terbuka dan berhasil masuk, klik pada menu Pengaturan, submenu pada Manajemen Pengguna. Cek Kandidat Responden apakah sudah berwarna hijau dan tertampil Kandidat Responden Pengisi Instrumen, jika sudah cek kemajuan.

Singkatnya, pada EDS PMP 2020.02.07 terdapat tampilan HITUNG TOTAL KEMAJUAN SD NEGERI apa atau HITUNG TOTAL KEMAJUAN SMP NEGERI apa. Apa di sini yaa lembaganya sampean itu.

Klik ajja HITUNG TOTAL KEMAJUAN SD NEGERI.... Setelah itu masuk ke Hitung Total Kemajuan SD atau SMP apa tadi. Ceklist ajja responden yang terpilih secara keseluruhan. Tekan "Lanjutkan," tunggu ajja tuuh proses berjalan, lama atau tidak yaa tergantung spek laptop atau netbook yang Operator Sekolah pakai.

Eh, waktu proses berjalan, jangan sampai laptop atau netbook mati yaa, biar kelihatan jika udah selesai. Jika udah selesai dan terdapat laporan 100%, tekan silang ajja pada Hitung Total Kemajuan SD atau SMP apa tadi itu.

Udah beres kan hitungnya. Naaah, tinggal sedikit lagi kalau gitu. Lakukan sinkronisasi, kalau bisa, saat sinkron sambungkan ke internet laptop atau netbooknya dan lakukan berulang agar data tabel bisa habis.

Kalau udah sinkron, cek ajja tuh hitung rapor mutu yang ada jaring laba-labanya. Kalau udah ada jaring laba-labanya dan perlu di lihat jika 2019 itu warna jaringnya kuning, kalau 2018 itu hijau, kalau 2017 itu warna jaringnya merah, dan kalau 2016 itu warna jaring laba-labanya berwarna biru, jika di singkat KUHIMEBI (Kuning, Hijau, Merah, Biru).

Rapor Mutu PTK PMP Muncul
Lihat garis yang warna kuning

Lihat dengan teliti dan pasti seperti gambar di atas, jika 2019 yang warna kuning untuk jaring laba-laba yang menunjukkan PTK masih ke arah 0 (nol), maka tunggu 3 X 24 Jam, berarti 3 hari dari singkron.

Sambil nunggu proses agar rapor mutu standar PTK terproses di server PMP jangan lupa lapor ke Pengawas jika sudah update dan singkron, biar pengawas melakukan tugasnya untuk memverval rapor mutu lembaga dibawah binaannya.

Singkron kembali setelah 3 hari untuk melihat apakah sudah ada perubahan agar data verval mutu dari pengawas tadi turun ke Aplikasi PMP yang Operator Sekolah kelola.

Kalau sudah menunjukkan perubahan, lakukan proses Pakta Integritas Kepala Sekolah sebagai tanda kalau proses pendataan EDS PMP tahun 2019 telah selesai.

Ingat!!! Data jawaban kuesioner dan rapor mutu tidak dapat diubah lhoo setelah Pakta Integritas. Soo ... harus sedikit hati-hati kalau begitu.

Terakhir, pada label Info Dikdas mengenai Rapor Mutu PTK PMP Muncul Batas Pengisian 15 April 2020, jangan lupa untuk mengecek di progres pengiriman pada website pmp.kemdikbud.go.id.

Post a Comment

2 Comments

  1. Siap mas. Bsk dicoba trus nunggu 3x24 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggunya bakal lama lagi, kan masih ada jadwal sink yaa Mbak.
      Wkwkwkwk

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.