Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK Gratis, Daftar Segera!

Guru Dikdas Lamongan. Ikuti segera, Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK, apalagi kuota juga tinggal sedikit untuk Level 1 yang terbagi menjadi 5 gelombang.

Bagi peserta baru akan diarahkan ke level 1, dan bagi yang tahun 2019 sudah pernah mengikuti level 1 akan langsung mengikuti level 2, dan bagi yang sudah pernah mengikuti level 2 akan langsung mengikuti level 3.

Jadi, Ujian dilakukan selama 2 hari setelah proses pembelajaran daring selesai. Diklat ini dikhususkan bagi peserta yang belum memiliki sertifikat pembatik level 1 pada tahun 2019.bagi para peserta yang telah memiliki sertifikat pembatik level 1 pada tahun 2019 dapat mengikuti diklat pembatik dengan level yang lebih tinggi.

Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK Gratis, Daftar Segera!
Contoh Sertifikat Level 1

Pembatik Level 1 2020 - Gelombang 1 dilaksanakan tanggal 13 April 2020 - 22 April 2020, Pembatik Level 1 2020 - Gelombang 2 dilaksanakan tanggal 15 April 2020 - 24 April 2020, Pembatik Level 1 2020 - Gelombang 3 dilaksanakan tanggal 17 April 2020 - 26 April 2020, Pembatik Level 1 2020 - Gelombang 4 dilaksanakan tanggal 19 April 2020 - 28 April 2020, Pembatik Level 1 2020 - Gelombang 5 dilaksanakan tanggal 21 April 2020 - 30 April 2020.

Untuk Pembatik Level 2 2020 - Gelombang 1 dan Pembatik Level 2 2020 - Gelombang 2 dilaksanakan setelah Level 1 selesai.

Bimbingan Teknis Pendidikan dan Pelatihan Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ini di selenggarakan oleh Pustekkom dan boleh di ikuti oleh berbagai guru di seluruh wilayah.

SimpaTIK dan PembaTIK

Sebelum masuk ke tahapan pelaksanaan, siapa yang berhak mengikuti, bagaimana cara melakukan regristasi akun, masuk menjadi peserta, dan cara mengikuti Bimtek Diklat. 

Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan mungkin ada yang belum tau tentang SimpaTIK dan PembaTIK. Simak penjelasan ringkas berikut:

SimpaTIK adalah Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sedangkan PembaTIK adalah Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

PembaTIK sendiri merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Sehingga standar kompetensi TIK yang dilaksanakan terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Tahap Pelaksanaan PembaTIK 2020

Sambil mengisi kekosongan dan waktu luang, manfaatkan segera peluang Bimtek Diklat tersebut yang pelaksanaannya dilakukan secara Daring (Dalam Jaringan).

Nantinya, Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan yang ingin mengikuti diklat yang dilakukan secara daring tersebut, akan terbagi menjadi beberapa tahap di setiap levelnya, terdapat 4 level tahapan yang perlu Anda ikuti, mulai dari:
  1. Bimtek Daring Level 1 (Literasi TIK)
  2. Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)
  3. Bimtek Daring Level 3 (Kreasi TIK)
  4. Bimtek Level 4 (Berbagi TIK)

Manfaat Mengikuti Bimtek Diklat Pembatik

  1. Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
  2. Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
  3. Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Jika Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan lolos di level 1 maka berhak mengikuti level 2 dan seterusnya.

Masing-masing level bagi peserta yang lolos, akan menerima sertifikat seperti tahun sebelumnya dengan kapasitas 32 jam.

Cara Mengikuti Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK

1. Registrasi Akun
Langkah awal yaitu Regristasi Akun.
Bagi peserta baru yang belum memiliki akun SimpaTIK maka diwajibkan untuk melakukan regrsitasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol register di sudut kanan atas untuk mendapatkan akun.
Caranya:
  1. Klik Daftar pada link berikut https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/registration
  2. Pilih Pekerjaan, sebagai Guru apa Non Guru.
  3. Masukkan Data Diri pendaftaran akun baru.
    Pada tahap ini masukkan data diri Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan, jika sudah selesai tekan SUBMIT.

2. Login
Login ke dalam aplikasi SimpaTIK menggunakan akun yang Anda miliki atau yang sudah teregristasi.


3. Daftar ke Pelatihan Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK
Setelah berhasil masuk dengan user dan password. Tekan Pelatihan pada Menu, pilih kemudian klik Temukan Pelatihan pada Sub Menu, cari Pembatik Level 1 2020 - Gelombang 1, 2, 3, 4 atau 5. Klik Selengkapnya.

Jika kuota sudah penuh (1500 peserta) carilah Pembatik Level 1 2020 pada Gelombang yang lain. Untuk sementara terdapat sisa Gelombang 4 dan 5 yang masih tersisa. Klik Daftar.

Maka tampilan pada layar beranda akan ditampilkan Syarat dan Ketentuan.
Syarat dan Ketentuan
  1. Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjangyang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan.
  2. Guru Tetap Yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan
  3. Guru Honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
  4. Mengajar minimal satu bidang studi di sekolahnya (guru mata pelajaran/guru kelas).
  5. Belum memiliki sertifikat pembatik level 1
Centang pada pada kotak jika bersedia mengikuti kegiatan tersebut. Untuk mengakhiri proses, tekan Daftar di pojok kanan bawah. Maka Status pendaftaran Anda Diterima sebagai peserta

4. Tunggu Konfirmasi
Panitia pelatihan/workshop akan melakukan seleksi dan verifikasi data Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan yang telah melakukan proses pendaftaran Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK.

Sering-sering lihat portal Pustekkom untuk pelatihan yang akan Bapak atau Ibu ikuti, dan selamat melaksanakan Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK Gratis.

Selanjutnya: Unduh Modul Bimtek Diklat PembaTIK 2020 di SimpaTIK

Post a Comment

0 Comments