Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah

Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah | Seiring kemajuan teknologi di Era 4.0, sudah sepantasnya jika masing-masing sekolah baik jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat memiliki web sebagai media dan sarana penunjang bagi sekolah. Berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi karena teknologi di ciptakan untuk mempermudah proses pendidikan.

Ketika sekolah sudah memakai produk teknologi dalam proses pengembangan peningkatan mutu pendidikan, tentu sebagai guru dapat melakukan perimbangan dengan meningkatkan kualitas kompetensi diri pribadi seorang guru dalam menapaki teknologi.

Imbasnya, peningkatan kualitas siswa, peningkatan kualitas guru sebagai admin atau publisher hingga pelaku serta lembaga itu sendiri dalam membangun komunikasi intensif dengan orang tua, maka langkah termudahnya yakni membangun sebuah Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah.


Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah

Website Sekolah merupakan salah satu produk teknologi yang sudah harusnya digunakan oleh sekolah sebagai sarana informasi, media aktualisasi diri, dan sebagai media promosi. Sangat banyak sekali manfaat yang bisa di peroleh dari pengadaan website untuk sekolah, semuanya tak lepas dari campur tangan kepala sekolah, guru, peserta didik, dan lingkungan.

Berikut beberapa alasan yang dapat dituliskan oleh Admin Guru Dikdas Lamongan, mengapa sebuah sekolah harus mempunyai Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah

1. Media Informasi

Pengembangan penyampaian informasi melalui media online saat ini lebih cepat dibanding penyampaian informasi dengan cara offline. Hal tersebut dapat dilihat dengan intensitas pengguna yang semakin banyak menggunakan smartphone yang bisa mengakses informasi secara online dengan sangat cepat.

Hadirnya website sekolah dapat menjadi media informasi yang sangat efisien. Tujuan Utama dari penyampaian informasi ini tidak hanya untuk siswa atau bahkan alumni yang mengetahui perkembangan sekolah asal tetapi juga untuk orang tua siswa. Artinya jika dalam satu website bisa dibuatkan kolom tertentu yang membedakan informasi mana yang dapat diakses dengan umum dan informasi yang diakses dengan username serta sandi tertentu untuk para siswa dan guru.

Manfaat untuk orang tua tentu akan sangat dimudahkan dalam memilih sekolah yang cocok untuk anaknya nanti. Lewat informasi yang disajikan melalui website sekolah, orang tua akan mengetahui sejarah dari sekolah tersebut, visi misi, prestasi dan perkembangan lainnya dari tahun ke tahun.

Untuk siswa sendiri pastinya juga sangat banyak manfaatnya. Selain ditulis dalam sebuah artikel kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat di publikasikan dalam bentuk video. Akan menjadi sebuah kenangan tersendiri bagi mereka untuk melihat ke belakang masa yang telah dilalui sepanjang waktu.

Selain memperkenalkan dan juga membiasakan dengan pemakaian produk teknologi berbasis website, siswa juga dapat memiliki sumber informasi yang tepat untuk mengakses kegiatan sekolah, kegiatan evaluasi, tugas mandiri, tugas sekolah, metode kegiatan evaluasi yang dapat diakses ketika di rumah, nilai hasil ujian, jadwal ujian, informasi sekolah dan bahkan informasi yang lainnya. Website sekolah juga dapat berisi banyak informasi yang bermanfaat untuk siswa, guru, bahkan orang tua murid sebagai bentuk proses pengembangan diri.

2. Media Aktualisasi Diri

Website juga berperan sebagai media penerbitan berbagai macam konten yang publishernya tak hanya guru, tulisan-tulisan siswa juga dapat dimuat di dalamnya sehingga nantinya memungkinkan untuk dilihat. Kondisi ini yang nantinya dapat dijadikan sebagai ajang media untuk aktualisasi diri bagi para siswa yang berbakat. Misalnya pada anak yang suka menulis baik berupa cerpen, tulisan hasil karya anak, resensi buku, hingga puisi dan lainnya dapat disiapkan kolom tertentu menu tersendiri yang dapat memediasi dan mengaktualisaikan tulisan anak tersebut. Artinya apa! Website sekolah dapat berperan layaknya mading online (majalah dinding).

Anak dapat menuliskan banyak hal sebagai bentuk aktualisasi diri. Selain itu juga website sekolah juga dapat menjadi bahan tempat galeri kegiatan tersendiri dari tahun ketahunnya atau tempat untuk menyimpan berbagai macam foto hingga video kegiatan yang dapat di kenang. Misalnya foto terkait moment kegiatan menarik seperti sebelum hingga saat menjuarai event tertentu, penamatan siswa dan juga penerimaan siswa baru. Website sekolah juga dapat menjadi arsip yang sewaktu-waktu dapat diakses kapan saja dan juga dimana saja.

3. Media Promosi Sekolah

Setiap tahun ada saja penambahan sekolah, baik itu sekolah swasta atau sekolah negeri. Hal tersebut bertujuan agar anak Indonesia dapat tersentuh oleh pendidikan formal. Akan tetapi, dengan bertambah atau berdirinya sekolah baru ternyata juga menambah rasa persaingan tersendiri untuk memperoleh siswa.

Kegiatan tahunan yang dilaksanakan baik di sekolah atau di lingkup kecamatan yang bersifat kegiatan perlombaan juga menjadi salah satu media promosi sekolah, hal-hal tersebut terlihat sepele tetapi manfaatnya terbilang cukup besar, bahwa sekolah A, B atau C meraih prestasi juara I, II, atau III bidang apa dan seterusnya.

Itu artinya! Untuk memperoleh calon siswa, sekolah pun perlu melakukan media promosi pada masyarakat. Media promosi sekolah yang baik ialah website sekolah. Masyarakat modern saat ini pastinya akan lebih senang mengakses informasi dengan online untuk mengetahui perkembangan sekolah putra putrinya atau mengetahui sekolah mana yang akan di tuju nantinya.

Banyak sekali manfaat yang dapat digali sebenarnya, untuk membangun atau memiliki  Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah, manfaat positif jika dikelola dengan benar akan menimbulkan manfaat yang besar pula.

Simak juga: Proposal Pelatihan Peningkatan Mutu Lembaga dan Guru Melalui Blog dan Website

Tetapi ternyata sampai saat ini belum semua sekolah mempunyai website sendiri, berbagai bantuan sarana TIK dari pemerintah bahkan dialokasi dana khusus pada bantuan operasional sekolah, seakan alat pancing sudah diberikan namun tak ada yang mau memancing untuk mendapatkan ikan, jika kita sebagai pendidik ingat. Bahwa teknologi ini di ciptakan sebagai buah dari hasil pendidikan.

Jadi, sudah seharusnya guru sebagai agen perubahan untuk mencoba memanfaatkan nya untuk membuat Website Sebagai Media dan Sarana Penunjang Bagi Sekolah.

Post a Comment

0 Comments