Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian II Tahap Membuat Blog

Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian II Tahap Membuat Blog. Hanya ada 3 hal saja yang akan Admin sampaikan dalam membuat blog, yaitu; Tujuan Ngeblog, Penentuan Target Pengunjung, dan Pemilihan Platform Template Blog.

3 (tiga) tahap membuat blog sebagai awal yang nantinya dapat menjadi gambaran secara umum sebelum membuat blog.

Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian II Tahap Membuat Blog

Tujuan Ngeblog

Jika Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan ingin membuat blog, maka yang perlu Anda mulai adalah menentukan arah tujuan utama dalam ngeblog nantinya seperti apa. Mau berisikan informasi tentang Sekolah, Pendidikan, Perangkat Pembelajaran, Musik, atau sebagai arsip pribadi dalam mengaktualisasikan diri.

Ketika anda sudah memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam membuat blog, maka harapannya adalah mengisi konten-konten sesuai tujuan. Bukan perkara yang mudah untuk mengisi konten blog yang kita miliki secara rutin, jika tidak maka blog kita akan tumbang dengan sendirinya, walhasil akan kalah dengan blog-blog lain, kalau hanya sekedar arsip pribadi sih gak masalah bagi Admin.

Banyak blogger yang tumbang karena kehabisan sebuah materi yang di sampaikan atau bahkan tidak ingat tujuan arah awal ngeblog, akhirnya jadi sebuah blog gado-gado karena konten yang di isikan bermodel campur-campur.

Secara pribadi banyak alasan dan tujuan kenapa seseorang ingin ngeblog atau memiliki blog, disini dapat Admin simpulkan alasan secara umum, seperti:
  1. Ingin meningkatkan kemampuan menulis artikel yang dapat di publikasikan secara langsung.
  2. Sekedar punya.
  3. Ingin mengaktualisasikan diri.
  4. Sebagai arsip pribadi.
  5. Membuat perbedaan dengan orang lain.
  6. Ingin menghasilkan.
  7. Sarana informasi.
Dan tentunya masih banyak alasan lain, semua itu tergantung dari diri pribadi kita sesuai tujuan kenapa ingin ngeblog.

Penentuan Target Pengunjung

Setelah menemukan arah dan tujuan dalam ngeblog, maka langkah selanjutnya kita tentukan target pengunjung, kira-kira siapa yang akan melihat isi konten kita atau jenis blog yang kita miliki.

Apa yang kita kuasai sebagai penentu siapa target pengunjungnya dengan menentukan topik blog. Memfokuskan kata kunci dari jenis blog akan memudahkan kita dalam menulis.

Penentuan target pengunjung adalah topik utama sebuah pembahasan dari blog yang kita miliki, misalnya blog yang berisikan tentang pendidikan, tentu yang akan di bahas dalam blog tersebut adalah pendidikan atau yang berhubungan dengan pendidikan, bisa sekolah, guru, peserta didik, kebijakan, peraturan terkait pendidikan. Jangan sekali-kali melakukan isi pembahasan diluar topik utamah artikel.

Sebagai bahan rangkuman dalam menentukan target pengunjung, ada beberapa hal yang dapat Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan, diantaranya:
  1. Penggunaan kata kunci.
    Dengan penggunaan kata kunci, maka pencarian dan pembahasan akan menjadi sempit dan menjadi fokus untuk di bahas sebagai target pencarian pengunjung.
  2. Penerapan kata kunci pada blog sebagai target.
    Google akan mengakui sebuah blog dari kata kunci yang kita miliki dan akan masuk sebagai kata otoritas dalam pencarian.
  3. Mencari target pengunjung menggunakan SEO
    SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization atau Search Engine Optimizer yang artinya sebuah pengoptimalan mesin telusur. Dengan menggunakan SEO maka akan memudahkan siapa saja yang hendak mencari menggunakan kata kunci karena hanya berfokus pada satu topik atau pembahasan yang sedang di cari atau satu tema dalam bahasan.
Dengan memilih kata kunci yang anda sukai untuk menentukan target pengunjung, maka ngeblog akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Pemilihan Platform Template Blog

Terdapat platform template blog yang di sediakan jika Anda benar-benar ingin ngeblog, baik secara gratis maupun berbayar versi premium. Di sana juga banyak berbagai macam versi tergantung kita sendiri mau yang bagaimana dalam memilih template yang ada. Ketik saja di mesin pencarian tentang template blog, pastinya akan muncul ratusan konten bahkan ribuan yang muncul.

Pemilihan template yang akan kita pilih menentukan kenyamanan kita dalam menulis pastinya. Jadi! Sebelum memilih secara pasti template blog yang akan kita gunakan, cari tahu kekurangan dan kelebihannya sebelum kita gunakan dalam waktu yang lama.

Simak pembahasan sebelumnya:
Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian I Mengenal Blog

Pembahasan selanjutnya:
Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian III Cara Membuat Blog

Post a Comment

0 Comments