Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian I Mengenal Blog

Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian I Mengenal Blog. Admin Guru Dikdas Lamongan akan mengajak Bapak atau Ibu Guru untuk bersama-sama belajar menggunakan blog sebagai media yang dapat digunakan sebagai alat informasi, arsip pribadi, dan sebagai pemuas dalam mengaktualisasikan diri untuk selalu berkarya dan mempublikasikan melalui bentuk tulisan yang bermanfaat bagi diri pribadi maupun orang lain sebagai pembaca.

Sudahkah nama Anda ada di Google? Sudahkah Anda punya Blog?

Pertanyaan mendasar untuk diri pribadi kita yang sengaja Admin Guru Dikdas Lamongan layangkan kepada pembaca sebelum mengawali sebuah tulisan yang akan kita kaji bersama-sama hingga tuntas sehingga Bapak atau Ibu Guru dapat memiliki Blog pribadi dan menjadi Blogger tentunya, maka kita bahas lebih jauh pada Bagian I Mengenal Blog.

Lingkup konteks pembahasan untuk Belajar Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian I Mengenal Blog ini Admin kajikan menjadi 3 (tiga), diantaranya:
  1. Sejarah Blog
  2. Apa sih Blog itu?
  3. Apa sih Blogging itu?
  4. Fungsi Blog
  5. Menjadi Blogger
Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian I Mengenal Blog

Sejarah Blog

Menurut sejarahnya (Sumber Wikipedia Blog), Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs merupakan media blog yang pertama kali mempopulerkan sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Semenjak tahun 2002 dan beralih kepemilikan maka banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog untuk dapat mengapresiasikan tulisan.

Apa sih Blog itu?

Blog (menurut KBBI Wikipedia: Sumber laman Blog) merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Secara umum, Blog merupakan  website atau jurnal online yang dapat memuat beragam informasi serta menampilkan postingan yang di publikasikan terbaru di bagian atas halaman.

Konten blog atau postingan blog diperbarui secara berkala dan biasanya dikelola oleh satu orang sebagai admin atau user dan bisa juga dilakukan secara berkelompok untuk menjadi publisher. Meski isi konten diatur dan di isi oleh banyak publisher, misalnya, pikiran dan opini, artikel yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik. Inilah pengertian dan definisi blog secara umum yang dapat Admin Guru Dikdas Lamongan rangkum.



Apa sih Blogging itu?

Blogg-ing, sebuah kata yang berakhiran ing menjadi sebuah kata kerja yang secara umum Admin simpulkan dari Blogging adalah aktivitas seorang admin atau publisher dalam menulis artikel dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet agar user atau publisher bisa menulis, membagikan melalui berbagai media, serta menautkan konten dengan mudah.

Aktivitas blogging bagi seorang user atau publisher dimulai sekitar awal tahun 2000an. Sejak kemunculannya hingga saat ini, blogging sangat populer hingga muncullah blogger-blogger yang sudah kawakan dengan penyajian konten-konten yang apik dan menarik dan sudah terbit sejak lama.


Pertanyaannya! Kok bisa yaa?


Pada awalnya blogging atau istilah sekarang yang lagi ngetrend dengan sebutan ngeblog merupakan platform yang digunakan sebagai media sarana berita dan informasi. Seperti koran misalnya atau majalah yang muncul sebelum blog menjadi menjamur, meskipun demikian tingkat kenyamanan yang ditawarkan berbeda, blogging berkembang lebih cepat secara perbandingan atau komparatif.


Dengan adanya blog dapat sangat memudahkan para pembaca (reader) dalam melakukan proses searching atas apa yang di inginkan atau mengikuti informasi yang disuguhkan. Blog juga memberikan kesempatan bagi orang-orang yang ingin mengaktualisasikan diri dengan menciptakan, memiliki, mempublikasikan sesuatu yang dianggap baru bagi user atau admin.


Admin Guru Dikdas Lamongan menganggap blog itu seperti sebuah buku diary atau arsip pribadi yang digunakan sebagai catatan yang dituliskan untuk dapat dinikmati secara pribadi atau umum.



Fungsi Blog


Blog sendiri mempunyai banyak fungsi, mulai dari sebuah catatan pribadi, catatan harian, media publikasi, media informasi, penjelasan berbagai program-program dan masih banyak yang lainnya.

Blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal atau yang dapat kita sebut sebagai Admin atau user, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis atau publisher. Tak hanya itu, blog juga memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu, penyematan kolom komentar namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).


Menjadi Blogger

Secara umum Blogger tak jauh beda dengan Blogging, hanya saja Blogger itu orang yang membuat dan mengelola blog kemudian membagikan hasil tulisan secara perspektif kepada pembaca secara online baik untuk tujuan pribadi atau dalam bentuk lain.

Masing-masing karakter blogger berbeda-beda nampak pada topik yang dibahas atau di sajikan, hal tersebut terlihat pada isi konten yang disajikan dan tujuan yang di unggah. Misalnya Pendidikan, Olahraga, hingga konten berita layaknya majalah.

Ada blogger menjadikan blognya sebagai profesi sampingan ada pula yang menjadikan blog mereka sebagai profesi utama bahkan ada juga hanya sekedar menulis di blog untuk menyalurkan hobi, menjadikannya sebagai arsip pribadi yang dapat dinikmati pribadi atau umum atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat untuk mengaktualisasikan diri.

Menjadi blogger bisa dikatakan sebagai profesi yang menyenangkan meski terkadang tak begitu mudah jika dijalani. Ada yang berdiam diri ada pula yang berpindah dari satu tempat ketempat yang lain sekedar menulis konten tergantung dari jenis blog yang dibuat. 

Siapa pun bisa menjadi blogger.

Simak juga: Ngeblog Bersama Guru Dikdas Lamongan Bagian II Tahap Membuat Blog

Post a Comment

0 Comments