Mengenal Sekolah Melalui Internet Media Blog/Website

Semakin pesatnya kemajuan era teknologi saat ini, pengguna internet semakin hari semakin banyak, hal tersebut dapat dilihat melalui hasil survei penetrasi dan perilaku pengguna yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) tahun 2018 yang mengungkap bahwa tinggal seperempat penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet.

Survei yang dilakukan sepanjang 2018 itu menemukan bahwa 171,17 juta jiwa dari total orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 264,16 juta orang atau sekitar 64,8.

Istilah zaman now yang semakin populer di kalangan masyarakat, gadget/gawai yang terkoneksi internet seakan tak pernah lepas dari genggaman si pengguna, bagaimana  tidak? Alat komunikasi satu ini menyuguhkan dengan berbagai macam fasilitas, ketika melakukan pencarian informasi maupun ilmu pengetahuan bahkan untuk sekedar belanja yang serba instan. Menjamurnya jaringan server atau warnet yang saat ini menggeliat melalui wifi gratis di tiap-tiap warung. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat saat ini sangat bergantung dengan internet.


Mengenal Sekolah Melalui Internet Media Blog/Website


Sudahkah Sekolahmu Memiliki Blog/Website

Blog/Website sekolah yang saat ini tengah menjadi trend zaman now di dunia pendidikan tengah memperoleh perhatian, tanggapan yang sangat bagus dari berbagai kalangan, baik dari tenaga kependidikan, siswa serta masyarakat.

Website sekolah saat ini dapat di jadikan sebagai media pembelajaran hingga informasi online. Hal tersebut juga dapat membantu memudahkan guru, siswa atau murid bahkan alumni untuk mengakses lewat situs sekolah sehingga jauh lebih bermanfaat nantinya.

Pentingnya sebuah sekolah yang memiliki Blog/Website memang sudah seharusnya digalakan apalagi di era 4.0 dengan tujuan supaya siswa pun bisa mengakses, berkreasi, mengetahui informasi, mengakses nilai, mengerjakan tugas dan berbagai banyak hal sebagai bentuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter dan juga pengenalan teknologi informasi pada anak didik sejak dini.

Bukan hal baru nantinya bila masing-masing sekolah mempunyai Blog/Website, tapi apakah mungkin ini dapat digalakkan di era 4.0? Meski belum semua sekolah mempunyai Blog/Website khusus, hampir kebanyakan guru yang ada di masing-masing sekolah serasa enggan untuk melakukan entah itu karena keterbatasan atau guru tersebut juga belum memiliki Blog/Website pribadi.

Sekolah Butuh Media Blog/Website

Sebagian besar terdapat beberapa sekolah yang belum memiliki Blog/Website, entah mungkin tidak terlalu mempedulikan dengan pentingnya sebuah informasi yang mungkin saja di sebabkan beberapa hal, salah satunya ialah kekurangpahaman dalam membuat, membangun atau mengelola.

Sekolah yang berada di kota-kota besar mayoritas tersedia berbagai fasilitas untuk terkoneksi internet, kegiatan mobilitas yang tinggi ini seharusnya dapat di jadikan kesempatan yang baik untuk sekolah supaya bisa mengoptimalkan manfaat yang ada, sehingga siswa dari yang selama ini sering bergelut dengan game aplikasi online menjadi lebih tertarik ke website sekolahnya.

Pastinya! Blog/Website yang dibuat harus jauh lebih interaktif dan atraktif dalam menyuguhkan berbagai macam informasi sehingga tidak kaku dalam mempublikasikan. Selain itu manfaat Blog/Website bagi guru dan warga sekolah itu sendiri sebagai sarana untuk belajar menjadi seorang penulis atau publisher yang baik.

Simak juga: Proposal Pelatihan Peningkatan Mutu Lembaga dan Guru Melalui Blog dan Website

Manfaat Blog/Website Bagi Sekolah Yang Dapat Di Rangkum Oleh Admin Guru Dikdas Lamongan

Berikut beberapa manfaat Blog/Website bagi sekolah yang dapat dirangkum oleh Admin Guru Dikdas Lamongan dari membangun website untuk sekolah.
  1. Profile Sekolah
  2. Media Informasi
  3. Media Pembelajaran
Pada daerah yang minim akan fasilitas jaringan internet bukan berarti tak bisa untuk membuat Blog/Website sekolah, banyak penulis yang Admin Guru Dikdas Lamongan temukan melalui website sekolah yang muncul di search engine, ternyata! setelah di cek keberadaan dan lokasi tempat sekolah tersebut sungguh mengagetkan, daerah penulis bahkan pemilik Blog/Website termasuk daerah pelosok jauh dari ibukota kabupaten maupun propinsi namun bisa menunjukkan eksistensi yang sangat membanggakan.

Menurut Diyan Shodik "Pelosok itu boleh tempat tinggalnya, tapi jangan sampai pola pikirnya".

Membangun Komunitas Blog/Website Melalui Guru dan Teman Sejawat

Tak lepas dari dunia internet yang membahas tentang Blog/Website, pentingnya saling bertukar pikiran dalam membangun blog/web tak semudah yang dibayangkan. Saling belajar dan berani untuk berubah adalah hal yang penting dalam mengaktualisasikan diri untuk saling bersama-sama membangun kompetensi di era teknologi.

Post a Comment

0 Comments