Pantau Penerbitan NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019. NRG PPG Akan Terbit Otomatis. NRG PPG Belum Keluar. Simak di Sini!

Pantau Penerbitan NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019. NRG PPG Akan Terbit Otomatis. NRG PPG Belum Keluar.

Pendidikan Profesi Guru atau PPG merupakan pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan ini diperuntukan bagi guru-guru baik Pegawai Negeri Sipil atau Honorer yang sebelumnya sudah mengajar di sekolah-sekolah dalam kurun waktu tertentu. Guru honorer yang dimaksud adalah guru yang sudah mendapat pengakuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing melalui Surat Keputusan.

Kurun waktu tertentu untuk Pegawai Negeri Sipil atau Honorer dalam mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) ini dari mulai 2 (Dua) tahun hingga 5 (Lima) dan sudah masuk di SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan).

Di SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan) ini, secara otomatis nantinya guru-guru baik Pegawai Negeri Sipil atau Honorer akan mendapat undangan untuk mengikuti PPG melalui SIMPKB.

Untuk bisa mengikuti Pendidikan Profesi Guru atau PPG, sebelumnya Pegawai Negeri Sipil atau Honorer yang sebelumnya sudah mengajar di sekolah-sekolah harus bisa lulus pretest dan post test. Adapun untuk jangka waktu perkuliahannya kurang lebih akan dilaksanakan selama 4 bulan.

Pantau Penerbitan NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019. NRG PPG Akan Terbit Otomatis. NRG PPG Belum Keluar

Pantau Penerbitan NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019

Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus dan mendapat Sertifikat Pendidik di tahun 2019 namun belum dapat NRG. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana caranya agar bisa keluar NRG nya?

Apa yang harus dilakukan? Untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dan baru lulus, sudah mendapat Sertifikat Pendidik di tahun 2019 namun belum dapat NRG, maka peserta diharap bersabar. Tunggu hingga akhir Maret 2020. Disarankan untuk tetap tenang walau belum terbit NRG tersebut.

Bagaimana caranya agar bisa keluar NRG nya? Pantau Info GTK 2020 Semester 1 Tahun Anggaran atau Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penerbitan NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019 Akan Terbit Otomatis

NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019 akan di generete oleh sistem. Adanya keterlambatan disebabkan karena validitas datanya saat mendaftar PPG Dalam Jabatan bermasalah.

NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019 Belum Keluar

Tunggu hingga akhir maret 2020. Jika hingga April 2020 belum keluar NRG nya di Info GTK, maka peserta PPG dapat menghubungi Operator KSG (Konsorsium Sertifikasi Guru) di masing-masing Kabupaten/Kota untuk jenjang TK, SD, dan SMP. Sedangkan Operator KSG di Provinsi untuk guru yang mengajar jenjang SMA, SMK, dan SLB.

Jika bingung siapa Operator KSG, maka peserta dapat datang ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk Dikdas dan Dikmen menemui Operator Tunjangan. Tanyakan siapa Operaor KSG di Dinas Pendidikan.

Jika di KSG sudah ada NRG tetapi di Info GTK belum keluar, berarti datanya terkendala di Simtun. Silahkan peserta PPG dapat berkordinasi dengan Operator Simtun untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Pahami apa yang disampaikan oleh Operator Simtun tersebut.

Jika permasalahan belum dapat terselesaikan, maka Operator Simtun akan berkordinasi dengan Admin Pusat tentang Verifikasi Data NRG yang belum dapat di munculkan di Info GTK. Apabila permasalahan tidak terlalu sulit maka kurang lebih dalam kurun waktu 1 (Satu) minggu dapat di proses di Simtun.

Bilamana permasalahannya sangat kompleks, misalnya NUPTK pernah digunakan oleh guru lain, maka proses penyelesain permasalahan tersebut agak panjang. Dengan asumsi NUPTK tidak Valid. Perlu perbaikan NUPTK melalui Verval PTK, Perbaiki data kelulusan. Sebab data peserta PPG tersebut harus di ubah di banyak tempat.


Apa yang harus dilakukan bagi peserta yang NRG PPG Dalam Jabatan Lulusan Tahun 2019 Belum Keluar? 
Silahkan melakukan tugas wajibnya seperti biasa, mengajar dengan tenang. Percayakan dengan Operator Simtun di masing-masing Pendidikan Kabupaten/Kota agar berkordinasi dengan Admin Pusat biar data guru tersebut bisa valid. Tunggu saja informasi lebih lanjut melalui Operator Simtun di masing-masing Pendidikan Kabupaten/Kota.

Jika sampai awal Mei 2020 belum terbit NRG guru tersebut, maka guru tersebut dapat menghubungi Admin Pusat lewat kontak layanan ULT yang sudah disiapkan oleh Kemdikbud yaitu http://ult.kemdikbud.go.id/

Apa yang harus dilakukan jika Aplikasi Dapodik 2019.2 Rilis?
Yang harus dilakukan jika Aplikasi Dapodik 2019.2 rilis yaitu Operator Sekolah dapat menulis di Riwayat Sertifikasinya di Dapodik di entri kecuali NRG nya di kosongkan.

Post a Comment

0 Comments