Ringkasan Pengerjaan EDS PMP Offline 2019 By Diyan Shodik, Admin Guru Dikdas Lamongan

Susah-susah mudah atau mudah-mudah susah dalam mengerjakan EDS PMP Offline 2019 ini. Apalagi batas waktu mengerjakan diperpanjang hingga 31 Januari 2020. Rilis mulai dari versi Online, Offline, hingga versi Android.

Apa karena Tim Pengembang yang merasa ribet dalam mengaplikasikan Pemetaan Mutu Pendidikan di tahun 2019 hingga Operator Sekolah selaku Admin jenjang satuan pendidikan juga merasakan dampaknya.

Dari pada mikir ribet dan banyaknya Operator Sekolah yang masih bingung dalam mengerjakan EDS PMP 2019. Simak ringkasan pengerjaan EDS PMP Offline 2019 By Diyan Shodik, Admin Guru Dikdas Lamongan.

Ringkasan Pengerjaan EDS PMP Offline 2019
Ringkasan Pengerjaan EDS PMP Offline 2019 By Diyan Shodik, Admin Guru Dikdas Lamongan

Langkah Instalasi
  1. Unduh Prefill Reguler EDS 2019, masukkan dalam folder di Local Disk C yang bertuliskan prefill_dapodik, kemudian instalkan Aplikasi EDS Offline 2019 menggunakan Installer versi 2019.11.11.  
  2. Lakukan proses regristasi dengan memasukkan User, Password, dan Koreg (Kode Regristasi) menggunakan akun Dapodik.  
  3. Jika sudah, tinggal login menggunakan User dan Pass.  
  4. Instal Patch 2019.11.21 dan Patch 2019.12.18 

Langkah Pengerjaan
Pada proses pengerjaan ini, tentukan dulu siapa yang menjadi kandidat respondennya dengan cara:
  1. Pilih kandidat Responden.
  2. Kepala Sekolah
  3. Guru
  4. Peserta Didik
  5. Komite 
Proses Penginputan Jawaban
Pada tahap pengisian kuesioner pada masing-masing responden, yang paling penting dan perlu untuk diperhatikan adalah dengan menjawab Isi Kuesioner pada masing-masing kandidat responden.
  1. Untuk Kepala Sekolah
    Terdiri dari kuesioner: A, B, C, D, E, F, G, dan H.
    Jika sudah, klik SIMPAN, klik Perangkat Kuesioner, klik HITUNG REKAP KEMAJUAN ANDA, tekan tombol reload atau refresh.
    Klik Menu Beranda, tunggu beberapa detik dan tekan KONVERSI JAWABAN, tunggu beberapa detik untuk melakukan proses hingga muncul Proses Selesai, klik SELESAI DAN TUTUP.
  2. Untuk PTK.
    Perangkat kuesionernya terdiri dari:
    A, B, C, D, dan E.
    Tahap proses yang dilalui sama dengan Kepala Sekolah, yaitu: Isi Kuesioner,
    Jika sudah, klik SIMPAN, klik Perangkat Kuesioner, klik HITUNG REKAP KEMAJUAN ANDA, tekan tombol reload atau refresh.
    Klik Menu Beranda, tunggu beberapa detik dan tekan KONVERSI JAWABAN, tunggu beberapa detik untuk melakukan proses hingga muncul Proses Selesai, klik SELESAI DAN TUTUP.
    Lakukan berulang sesuai dengan jumlah responden yang ditentukan atau kondisi jumlah minimal dan maksimal responden pada aplikasi.
  3. Untuk PD (Peserta Didik)
    Pada respoden peserta didik, perangkat kuesionernya terdiri dari: A, B, C, dan E.
    Tahap proses pengisiannya hampir sama dengan Kepala Sekolah dan Guru atau PTK, namun ada sedikit yang berbeda.
    Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut hingga 100%, ada sedikit tahapan yang harus dilalui dari C ke E, caranya yaitu: tekan tombol panah pada pojok kanan atas hingga muncul LANJUT KE KATEGORI SELANJUTNYA yang menuju pada kuesioner D yang kosong, tekan
    tombol panah pada pojok kanan atas hingga muncul LANJUT KE KATEGORI SELANJUTNYA, maka akan ada kuesioner E yang muncul, lakukan pengisian jawaban.
    Jika sudah selesai,
    klik SIMPAN, klik Perangkat Kuesioner, klik HITUNG REKAP KEMAJUAN ANDA, tekan tombol reload atau refresh.
    Klik Menu Beranda, tunggu beberapa detik dan tekan KONVERSI JAWABAN, tunggu beberapa detik untuk melakukan proses hingga muncul Proses Selesai, klik SELESAI DAN TUTUP.
    Lakukan proses berulang pada kandidat responden peserta didik.
  4. Untuk Komite.
    Proses yang dilalui hampir sama dengan Peserta Didik.

Proses Singkronisasi
Untuk proses sinkronisasi, langkahnya yaitu dengan mengembalikan akun pengguna terlebih dahulu, caranya: Tukar Pengguna kemudian klik tombol KEMBALI MENJADI KEPSEK. Tekan tombol reload atau refresh hingga muncul tabel Menu Sinkronisasi.

Proses sinkronisasi pada tahap ini hanya mengirimkan jawaban kecuali PTK, pastikan proses sinkronisasi pada masing-masing tabel habis hingga bersih, cek isian juga jangan lupa, apa ada data yang masuk ke lokal.
 
Untuk jawaban PTK akan ada patch tersendiri nantinya untuk mengirimkan seluruh jawaban PTK, jadi Operator diminta untuk bersabar sambil menunggu proses supervisi oleh pengawas dalam memverivikasi dan memvalidasi sekolah binaannya.
 
Rapor Mutu
Jika masing-masing responden sudah mengisikan jawabannya sesuai dengan ketentuan, Kepala Sekolah, PTK (jumlah sesuai kondisi minimal atau maksimal), Peserta Didik 15 (lima belas siswa), Komite 3 (tiga) orang. Maka pada Menu Rapor Mutu, klik Hitung Rapor Mutu. Di situ akan nampak jelas tulisan HITUNG RAPOR MUTU SEKOLAH berwrna putih dengan background biru. Klik tombol tersebut, maka sistem pada aplikasi akan memproses rapor mutu tersebut.

Langkah selanjutnya yaitu klik BUKA HASIL RAPOR MUTU. Akan nampak tabel jaring laba-laba.

Tampilan Nama Pengawas Pada Verval dan Supervisi
Akan nampak nama pengawas yang akan memproses Hasil Verval dan Hasil Supervisi. Baik berupa kunjungan, proses pemeriksaan, pengisian format instrumen, dan proses penilaian. (Baca: Formulir Pemeriksaan Pengawas pada Sekolah Binaan).
Terdapat 4 Format Instrumen Supervisi yang akan dilakukan oleh pengawas dalam melakukan verifikasi dan validasi pada lembaga.
 
Lantas bagaimana dengan lembaga (pada Aplikasi PMP) yang belum memiliki pengawas untuk tahun ajaran ini?
 
Untuk mengatasi hal tersebut, Operator Sekolah melaporkan kepada Kepala Sekolah agar dapat diteruskan ke Pengawas Pembina, bahwa sekolah belum memiliki pengawas dalam melakukan proses Verifikasi dan Validasi untuk proses Rapor Mutu pada lembaga.

Maka Pengawas akan memproses data sekolah tersebut menggunakan akun pengawas dan memasukkan data sekolah dengan menggunakan NPSN untuk masuk dalam lajur kolom sekolah binaannya.

Jika tahapan tersebut sudah dilalui, maka Operator Sekolah hanya cukup melakukan proses sinkronisasi agar data pengawas tersebut dapat tertampil pada aplikasi.
 
Masalah Jawaban Ganda atau Responden Ganda
Untuk mengetahui masalah ini, pastinya pada saat sebelumnya Operator Sekolah sudah mengerjakan EDS PMP 2019 secara online dan ketika unduh prefill dan menginstalkan pada aplikasi pasti akan ada double hingga triple responden.

Meski sudah menginstal Patch 2019.11.21 namun masih ajja membandel jika ada responden ganda atau jawaban ganda hingga mengupgrade patch ke Patch 2019.12.18 pastinya dibutuhkan sebuah kejelian dan ketelitian Operator Sekolah.

Untuk mengatasi hal-hal ganda tersebut, pastikan deret lajurnya terlebih dahulu dan cek kandidat responden, meski nampak terisi lajurnya berwarna kuning namun isian nol. Maka kerjakan secara offline. Cara memeriksanya juga dapat melalui tombol keluar pada masing-masing responden, akan ada Notifikasi ganda, dan anda akan diminta menghapus salah satu dari isian tersebut, gunakan ketelitian jika sudah mengerjakan seluruhnya.

Ingat! hanya database PMPDB saja yaaa...

Pelaksanaan EDS PMP 2019 ini berakhir apabila Kepala Sekolah sudah melakukan proses Cetak Pakta Integritas.

Terdapat penjelasan kurang lengkap yang dituliskan oleh Admin Guru Dikdas Lamongan memang. Namun jika kurang jelas dapat mengubungi Admin. 
 
Semoga berhasil dan selamat mencoba.*)

Post a Comment

0 Comments