Batas Akhir Pengiriman EDS PMP 1 Desember 2019, Akankah Perpanjangan Waktu?

Rilisnya Aplikasi EDS Offline Versi 2019.11 pada laman Informasi pmp.dikdasmen.kemdikbud Tanggal 11 November 2019 yang sangat-sangat ditunggu serasa menambah beban baru. (Informasi Rilis)

Beban baru itu berkaitan dengan kondisi akses yang sangat tinggi ketika diserbu oleh seluruh operator sekolah Se-Indonesia dalam melakukan proses generate dan saat unduh prefill untuk EDS Dikdasmen Offline serta dalam melakukan proses sinkronisasi.

Melihat kondisi tersebut, maka Tim Manajemen PMP melakukan maintenence untuk meningkatkan optimasi sistem jaringan dalam mendukung proses pengumpulan data melalui penginputan dan pengiriman. (Berita Maintenence).

Maintenence sistem yang disampaikan, dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari sejak tanggal 15 November 2019. Bisa saja lebih dari 3 hari.

Proses maintenence yang dilakukan oleh Tim Manajemen PMP, dalam rangka proses generate prefill secara nasional guna membantu satuan lembaga yang terkendala dalam proses generate data prefill, melihat banyaknya lembaga yang belum membuat login akun peserta didik dalam dapodik.

Tahap maintenence juga dilakukan dalam proses melakukan penyesuaian instrumen yang ada di EDS PMP Offline dengan melakukan sinkronisasi data pada jaringan secara online. Simak: Evaluasi Pengisian EDS PMP Offline 2019.

Sejak berakhirnya proses maintenence tersebut terdapat tampilan baru pada tabel Unduhan, yaitu proses Generate Prefill Nasional yang menggunakan NPSN untuk melakukan pengunduhan prefill.

Batas Akhir Pengiriman EDS PMP 1 Desember 2019
Batas Akhir Pengiriman EDS PMP 1 Desember 2019

Melihat proses yang ruwet, ribet dan proses pengiriman yang lama demi melihat proses Mengakhiri Sinkronisasi Data yang turun ke lokal pada isian kuesioner ke lokal, sepertinya operator di tuntut untuk lebih proaktif mencari informasi yang beredar serta cara dan bagaimana melakukan pengiriman untuk menuju sukses. Mengingat setelah mengisikan kuesioner yang belum sampai 100 %.

Banyak keluhan akan kendala yang dialami oleh operator sekolah, bukan dalam hal pengisian kuesioner masing-masing responden tetapi dalam hal pengiriman yang melelahkan.

Tinggal 5 hari menuju batas akhir pengiriman per 1 Desember 2019, akankah perpanjangan waktu? mengingat belum adanya pemetaan pengawas yang tertampil dan proses supervisi serta pakta integritas.

Akankah Perpanjangan Waktu?
Entahlah?

Post a Comment

0 Comments