DIA (Data Isian Akreditasi) dan Cara Pengisian di Sispena-S/M

Apa itu DIA Sispena-S/M. DIA merupakan Data Isian Akreditasi yang dapat akses melalui Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah) dengan sistem Daring (Dalam Jejaring).

Selain bisa diakses menggunakan Laptop,  Notebok, Netbook atau komputer yang terkoneksi dengan internet, DIA pada Sispena juga bisa diakses menggunakan handphone atau device yang resolusinya lebih kecil.

Jadi proses pengisian DIA (Data Isian Akreditasi) tersebut dilakukan menggunakan aplikasi SIspena-S/M dan masuk pada url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena pada laman browser atau pada website http://bansm.kemdikbud.go.id


Login Sispena-S/M

Sebelum membahas lebih jauh tentang proses penginputan DIA (Data Isian Akreditasi) pada aplikasi, langkah awal yang harus dilakukan yakni, user dapat mengakses aplikasi Sispena-S/M terlebih dahulu dengan cara:
  1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena atau website http://bansm.kemdikbud.go.id di halaman browser. 
  2. Login user dan password menggunakan NPSN, masukkan kode yang tertera kemudian klik login. Jika Sekolah tidak termasuk Sasaran tahun 2019, maka login belum berhasil dan jika sekolah yang sebelumnya sudah melaksanakan akreditasi, maka dapat melanjutkan proses atau tahapan selanjutnya.
  3. Setelah berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data Dapodik/EMIS.
    Sebagai catatan *) Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu program keahlian.
  4. Data yang wajib diisi sekolah adalah status akreditasi terakhir, tahun akreditasi serta visi dan misi. Jika sudah terisi, maka langkah selanjutnya tekan atau klil Submit.

Cara Pengisian DIA pada Sispena-S/M

Sebelum melanjutkan bagaimana cara mengisikan DIA pada Sispena-S/M, Admin Guru Dikdas Lamongan mencoba masuk dengan sampling 2 (dua) lembaga menggunakan NPSN lembaga yang belum melaksanakan akreditasi dan lembaga yang sudah melaksanakan akreditasi.

Bagi lembaga yang belum melaksanakan akreditasi, maka pada tampilan login terdapat pemberitahuan: "Sekolah Anda tidak termasuk Sasaran tahun 2019", tetapi bagi lembaga yang sudah melaksanakan akreditasi dapat melanjutkan pengisian DIA pada aplikasi Sispena-S/M.



Untuk dapat melakukan pengisian DIA pada Sispena-S/M simak atau unduh tautan berikut dan ikuti tahapan demi tahapan. Unduh Panduan Cara Pengisian DIA pada Sispena-S/M, atau dapat melihat panduan pada tampilan pdf berikut:


Selamat bekerja.

Post a Comment

0 Comments