Analisa Paspor GTK Tereset Otomatis, Hubungi Ketua Komunitas

Bermula di awal Juli 2019 (06/07/2019). Admin Guru Dikdas Lamongan sudah menginformasikan kolom label di Info Dikdas tentang Langkah VerVal Data Mapel PKP di Sim PKB. Yang inti dari tulisan tersebut adalah agar Bapak atau Ibu Guru PNS dan Guru Non PNS diminta segera untuk melakukan Langkah VerVal Data Mapel PKP di Sim PKB secara mandiri.

Langkah proses update VerVal Data Mapel PKP tersebut, hanya dapat dilakukan dengan cara masuk pada Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Sim PKB). VerVal (Verifikasi Validasi) Data Mata Pelajaran dipilih sesuai dengan kompetensi atau tugas mengajar semester ini atau sertifikasi yang dimiliki berbasis Kurikulum 2013 (K13) di Tapel 2019/2020.

Dalam penjelasan tulisan yang lalu (simak: Juknis dan Pedoman), bahwa tujuan utama Verifikasi Validasi Data Mapel PKP adalah untuk mendukung program Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Periode 2019. Tak hanya guru pns maupun non pns pada jenjang sekolah dasar saja, tetapi juga pada guru pns dan non pns baik pada SMP maupun SMA Sederajat.

Simak: Pedoman PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)

Program PKP sendiri merupakan program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran yang nantinya akan dilaksanakan Berbasis Zonasi karena langkah ini diambil oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa yakni dengan menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).
Simak: Juknis PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)

Analisa Paspor GTK Tereset Otomatis

Entah mengapa? Mencoba menelusuri, menggali informasi dan bertanya sana-sini kepada guru di lembaga maupun di luar lembaga, maka Admin menyimpulkan:
  1. Tidak Segera Diaktifkan (VerVal Data Mapel PKP di Sim PKB)
    Informasi yang bergulir sejak Juli 2019 di beberapa laman media sosial, baik itu blog, facebook maupun informasi web di internet. Ada kemungkinan PTK tidak segera melakukan proses pengaktivasian ulang atau Update Data Mapel Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

    Karena proses update data ini nantinya akan digunakan sebagai pemetaan program kompetensi berdasarkan zonasi. Dengan bertambahnya  fitur baru, khusus bagi PTK yang dinyatakan sebagai Guru Inti dan Ketua Komunitas masing-masing wilayah selaku pelaksana program dan lain sebagainya, maka proses 2 bulan, yaitu Agustus dan September untuk segera melakukan update data PKP di Sim PKB.
  2. Saling Tunggu Informasi dan Koordinasi
    Proses saling tunggu informasi dan atau koordinasi menjadi salah satu faktor lambannya untuk melakukan proses update data mapel di masing-masing akun PTK. Informasi yang beredar di dunia maya entah benar atau tidak, namun yang pasti perlu di cek kebenarannya. Jika iya, maka dengan segera Ketua Komunitas dapat menginformasikan kepada guru-guru di bawah masing-masing komunitasnya, entah guru tersebut dinyatakan masih ada, pensiun, alih kelas bawah atau kelas atas, dan guru mapel yang lain.
  3. Tereset Otomatis
    Mungkin saja berdasarkan analisa pribadi karena Admin Guru Dikdas Lamongan yang tepatnya pada Bulan Juli juga sudah mengaktifkan Akun VerVal Data Mapel PKP dan dengan ditunggunya proses
    VerVal Data Mapel PKP di Sim PKB mulai bulan Juli hingga Agustus yang tak kunjung dilakukan oleh PTK yang bersangkutan, entah guru tersebut pada Tapel sebelumnya sebagai guru kelas bawah dan pada tapel saat ini sebagai guru kelas atas, atau PTK tersebut mutasi dan lain sebagainya. Maka, bisa saja di reset untuk mengetahui PTK siapa saja yang dianggap aktif.
  4. Regristrasi Akun Bagi PTK Baru
Dari beberapa point di atas, jangan serta merta kita lantas berpikiran negatif dengan menyalahkan Operator Sekolah berdasarkan hasil analisa tersebut dan dengan di tinjau dari beberapa faktor yang tak dapat dijelaskan secara gamblang yang mengakibatkan akun ptk tereset dan membebankan kesalahan dan pikiran negatif kepada Operator Sekolah atau juga Operator Sekolah berpikiran negatif, bahwa proses reset tersebut dilakukan oleh Admin SIM PKB/PKP Kabupaten.

Patut kita telaah dan pahami saat ini, bahwa cepatnya informasi saat ini sudah memasuki era dan masanya. Mau tertinggal informasi atau menjemput informasi, semuanya kembali kepada diri kita masing-masing.

Solusi Paspor GTK Tereset

Solusi dari user dan pass akun Paspor GTK yang tak bisa digunakan untuk login dan melakukan VerVal Data Mapel PKP di Sim PKB, maka solusi terbaik adalah menghubungi Ketua Komunitas untuk dilakukan Reset Akun, jika sudah di reset, maka segera lakukan tahapan ini: Langkah VerVal Data Mapel PKP di Sim PKB.

Apabila setelah melakukan VerVal dan ada perubahan dan perbaikan data, maka PTK dapat melakukan proses cetak dan kemudian di setorkan kepada Ketua Komunitas untuk dilakukan pengaktifan.

Semoga, dengan adanya analisa ini, entah benar atau salah analisa yang dapat saya paparkan agar tidak menjadi polemik dengan saling menyalahkan, baik itu PTK lembaga kepada Operator Sekolah, Operator kepada PTK karena tidak segera mengupdate data secara pribadi atau Operator Sekolah yang kurang update sehingga menyalahkan Admin SIM PKB/PKB Kabupaten.

Segera! Hubungi Ketua Komunitas.

Post a Comment

0 Comments