Instrumen PMP Tahun 2019 Jenjang SD

Instrumen PMP Tahun 2019 Jenjang SD merupakan Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Dasar.

Instrumen PMP Tahun 2019 Jenjang SD

Perangkat Instrumen PMP Tahun 2019 Jenjang SD dilaksanakan sesuai dengan Kuesioner Pemetaan. Kuesioner Pemetaan dilaksanakan dalam beberapa tahap, tahapan-tahapan tersebut meliputi:
  1. Sekolah dapat membentuk tim yang terdiri atas pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal. 
  2. Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada masing-masing komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bagian setelahnya. 
  3. Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen.
  4. Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.
  5. Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Pemberian jawaban untuk pilihan bertanda O dilakukan dengan menyilang (X) salah satu tanda dan untuk pilihan bertanda dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda.
Pada point 1, 2, dan 3 pelaksanaan tersebut, sekolah dapat membuat SK Tim Pelaksana Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat SD.
Yang tahapan pelaksanaannya meliputi:
  1. Undangan Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana PMP SD.
  2. Berita Acara Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana PMP SD.
  3. Notulen Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana PMP SD.
  4. Dokumentasi Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana PMP SD.
  5. SK Tim Pelaksana PMP SD, dan 
  6. Pengisian Instrumen masing-masing peran.
    a. Peran Kepala Sekolah.
    b. Peran Guru.
    c. Peran Siswa.
    d. Peran Komite Sekolah. 

Kuesioner PMP Tahun 2019 Jenjang SD

Kuesioner PMP Tahun 2019 Jenjang SD berisi kumpulan kuesioner untuk:
  1. Kepala sekolah 
  2. Guru Mata Pelajaran 
  3. Siswa Kelas 4 s.d. 6 
  4. Komite sekolah/Orang tua siswa
Instrumen PMP Tahun 2019 Jenjang SD

Kuesioner Peran Kepala Sekolah
Terbagi atas:
A. Hasil Belajar, terdiri atas 9 pertanyaan.
B. Isi Pendidikan, terdiri atas 16 pertanyaan.
C. Proses Pembelajaran, terdiri atas 27 pertanyaan.
D. Penilaian Pembelajaran, terdiri atas 20 pertanyaan.
E. Pengelolaan Pendidikan, terdiri atas 38 pertanyaan.
F. Sarana dan Prasarana, terdiri atas 5 pertanyaan.
G. Pembiayaan, terdiri atas 4 pertanyaan.
H. Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 1 pertanyaan.

Kuesioner Peran Guru
Terbagi atas:
A. Hasil Belajar, terdiri atas 6 pertanyaan.
B. Isi Pendidikan, terdiri atas 16 pertanyaan.
C. Proses Pembelajaran, terdiri atas 27 pertanyaan.
D. Penilaian Pembelajaran, terdiri atas 20 pertanyaan.
E. Pengelolaan Pendidikan, terdiri atas 33 pertanyaan.

Kuesioner Peran Siswa
Terbagi atas:
A. Hasil Belajar, terdiri atas 1 pertanyaan.
B. Isi Pendidikan, terdiri atas 1 pertanyaan.
C. Proses Pembelajaran, terdiri atas 8 pertanyaan.
D. Pengelolaan Pendidikan, terdiri atas 7 pertanyaan.

Kuesioner Peran Komite Sekolah
Terbagi atas:
A. Hasil Belajar, terdiri atas 2 pertanyaan.
B. Isi Pendidikan, terdiri atas 1 pertanyaan.
C. Penilaian Pembelajaran, terdiri atas 2 pertanyaan.
D. Pengelolaan Pendidikan, terdiri atas 21 pertanyaan.

Setelah Kuesioner PMP Tahun 2019 Jenjang SD di isi oleh masing-masing peran, maka lampiran selanjutnya adalah Formulir Data Pokok Pendidikan.


Untuk lebih jelasnya,  Unduh Instrumen PMP Tahun 2019 Jenjang SD.

Post a Comment

0 Comments