Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila | PNMP

Setelah Saintifik, PPK, Literasi, 4C, HOTS, dan Anti Korupsi, kini ada lagi PNMP yaitu Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila.

Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila yang disingkat PNMP nantinya akan masuk pada muatan karakter yang terintegrasi dengan ranah dan proses pembelajaran dan diinternalisasikan melalui berbagai aktivitas pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Proses internalisasi tersebut dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, dan budaya satuan pendidikan serta dalam kegiatan pembelajaran yang bermakna.

Penguatan nilai moral Pancasila diperlukan sebagai salah satu wahana sosiopedagogis yakni unsur pembentukan identitas, kepribadian, dan moralitas generasi muda Indonesia menyiapkan diri untuk keberlanjutan kepemimpinan bangsa.

Internalisasi nilai moral Pancasila merupakan awal untuk melakukan penguatan nilai moral Pancasila. Untuk itu diperlukan pemahaman dari seluruh unsur pemangku kepentingan stakeholder pendidikan, khususnya kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan.

Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila
Pegembangan Penguatan nilai moral Pancasila dikembangkan melalui aktualisasi nilai moral Pancasila yang berwujud program terstruktur, pembiasaan, keteladanan, dan pengkondisian ekosistem sekolah dengan dukungan kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Tujuan Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila

Terdapat 2 (dua) tujuan dalam Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila, antara lain:
1. Tujuan Umum
Melakukan gerakan penguatan pembinaan, pemahaman, penanaman, dan pengamalan nilai-nilai moral Pancasila melalui pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pendidikan Luar Biasa.
2. Tujuan Khusus
  • Meningkatkan pemahaman, penghayatan, pembiasaan, penciptaan suasana dan apresiasi serta peneladanan dalam rangka penguatan pembelajaran nilai dan moral Pancasila peserta didik pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pendidikan Luar Biasa; 
  • Menguatkan integrasi nilai moral Pancasila pada mata pelajaran/muatan di Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pendidikan Luar Biasa; 
  • Meningkatkan pengamalan nilai moral Pancasila peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat;  
  • Memberikan contoh keteladanan yang berdasarkan nilai moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari;  
  • Memudahkan dalam menginternalisasikan nilai-nilai moral Pancasila dalam kegiatan belajar, seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya lingkungan sekolah;  
  • Menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan Pendidikan yang kondusif berdasarkan nilai moral Pancasila.
Secara jelas muatan karakter dalam Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila, dapat dilihat lebih jelas pada materi berikut:

Post a Comment

0 Comments