Pedoman PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) di Sim PKB

Pedoman PKP di Sim PKB - Pedoman Peningkatan Kompetensi Pembelajaran di Sistem Informasi Manajemen Keprofesian Berkelanjutan.

Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran merupakan Program Peningkatan Kompetensi Berbasis Zonasi sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).

Sesuai dengan Kurikulum 2013, Pedoman Peningkatan Kompetensi Pembelajaran menekankan pembelajaran yang berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills, agar peserta didik terdorong untuk berkemampuan berpikir kritisnya.

Pedoman PKP
Pedoman PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) di Sim PKB

Pedoman Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi

Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
 
Pedoman ini disusun untuk memberikan arah dalam implementasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi.

Isi Pedoman Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi

Pedoman Program PKP ini terdiri dari 7 (Tujuh) Bab, antara lain: 
  • Bab I Pendahuluan.  
  • Bab II Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. 
  • Bab III Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. 
  • Bab IV Penilaian, Sertifikat, dan Pelaporan   
  • Bab V Standar Penyelenggaraan.  
  • Bab VI Penjamin Mutu.  
  • Bab VII Penutup.

Unduh Pedoman Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi

Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkapnya tentang pedoman peningkatan kompetensi pembelajaran zerbasis zonasi, Bapak atau Ibu Guru Dikdas dapat mengunduh pedoman tersebut sebagai pegangan dan panduan dalam mengikuti program yang mungkin akan segera dilaksanakan.

Unduh : Pedoman PKP


Simak juga:

Post a Comment

0 Comments