Cara Melakukan Verval TIK, Persiapan Asesmen Nasional Terakhir 30 April 2021, Segera Laksanakan Verval TIK


Rencana pasti sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen (16/03/2021) bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 akan dilaksanakan pada Bulan September dan Oktober.


Dalam rangka proses persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 pada bulan September dan Oktober tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan verifikasi dan validasi Teknologi dan Informasi Komputer (TIK) yang dilaksanakan Satuan Pendidikan paling akhir 30 April 2021 sebagai instrumen pemetaan data kesiapan Satuan Pendidikan.

Cara Melakukan Verval TIK, Persiapan Asesmen Nasional Terakhir 30 April 2021, Segera Laksanakan Verval TIK

Persiapan Asesmen Nasional 2021

Agar pelaksanaan proses kesiapan Asesmen Nasional 2021 dapat berjalan lancar, maka perlu adanya sinergi atau koordinasi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota, Kanwil Kemenag, dan masyarakat dalam hal terkait resource sharing infrastruktur Asesmen Nasional.

Sekolah Melaksanakan Verval TIK

Masing-masing Sekolah jenjang Satuan Pendidikan harus melengkapi data dukung TIK sebagai persiapan pelaksanaan berupa Jumlah Komputer/Laptop yang dimiliki, ada atau tidaknya layanan Akses Internet, dan pemenuhan sumber listrik di lingkungan Satuan Pendidikan.
Sekolah melaksanakan proses kesiapan melalui laman Verval TIK yang sudah disediakan oleh Pusdatin pada tautan http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/tik/ yang kemudian akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan selaku verifikator.

Cara Melakukan Verval TIK

Untuk Operator Sekolah jenjang satuan pendidikan atau yang diberi tugas melakukan proses Verval TIK, silahkan klik tautan berikut (sso data kemdikbud) untuk dapat langsung login menggunakan akun verval yang sudah dimiliki.

Setelah berhasil login, kemudian klik menu Kesiapan TIK kemudian pilih sub menu Verval. Pada sub menu Verval ini, silahkan jawab atau isi pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Verifikasi dan Validasi Kesiapan TIK Satuan Pendidikan.

Pada pertanyaan Kesiapan TIK Sekolah, silahkan di jawab sesuai dengan kondisi sekolah, jika punya silahkan di pilih berapa yang dimiliki jika tidak punya maka pilih 0 (nol).

Untuk mengetahui kapasitas maupun Klasifikasi dan Spesifikasi sebagai syarat kesiapan, silahkan cek terlebih dahulu apa saja yang perlu dipersiapkan oleh sekolah jenjang satuan pendidikan di menu Keterangan.

Untuk mempermudah panduan, silahkan klik kanan menu Keterangan dan silahkan pilih Open link in new tab.

Jika semua sudah di isi oleh Operator Sekolah, silahkan ajukan pernyataan tersebut ke Kepala Sekolah bahwa "semua yang sudah di isikan pada form adalah data yang sesungguhnya dan sesuai dengan keadaan di sekolah", sehingga Kepala Sekolah mengetahui hasil isian tersebut kemudian klik tanda centang () kemudian tekan Simpan.

Nah! Setelah melakukan proses Centang dan Simpan, Admin Dinas selaku Verifikator menyetujui atau tidak, sepenuhnya ada di wewenang Dinas Pendidikan setempat.

Post a Comment

0 Comments