Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021, Orang Tua dan Sekolah Diminta Pro Aktif, Unduh Panduan

Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021 sebagaimana yang telah disampaikan oleh Pusdatin (15/02/2021) yang ditujukan kepada Kepala Dinas Provinsi, Kabupaten atau Kota.

Mekanisme pelaksanaan Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir tahun pelajaran 2020/2021 sebagai pembaruan data yang terintegrasi dengan NIK dari Ditjen Dukcapil.

Pengintegrasian NIK ke Dapodik dan dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas data terutama akurasi dan kelengkapan data identitas peserta didik untuk kebutuhan program pembangunan pendidikan.

Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021

Mekanisme Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021

Pusdatin mengembangkan mekanisme verifikasi dan validasi, serta aplikasi perbaikan/pembaruan data identitas peserta didik yang terintegrasi dengan data NIK dari Dukcapil dan diakses langsung oleh entitas datanya dalam hal ini peserta didik/orang tua/wali yang dapat diakses melalui tautan https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Sehubungan dengan mekanisme dalam rangka implementasi maka setiap sekolah jenjang satuan pendidikan diharap lebih pro aktif dengan menginformasikan dan sekaligus mendorong peserta didik, orang tua, atau wali dalam melakukan pembaruan data menggunakan aplikasi Verifikasi dan Validasi Data Individu Peserta Didik.

Sekolah dalam lingkup kecamatan dapat berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait pembaruan data Kependudukan.

Orang Tua dan Sekolah Diminta Pro Aktif

Peserta didik/orang tua/wali dalam verifikasi dan validasi data individu peserta didik berperan dalam mengajukan pembaruan data, karena peserta didik/orang tua/wali merupakan sumber data yang bertanggung jawab atas kebenaran data yang dimiliki.

Satuan pendidikan dalam verifikasi dan validasi data individu peserta didik berperan dalam menyetujui/menolak pengajuan pembaruan data oleh peserta didik/orang tua/wali.

Agar mekanisme pelaksanaan Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021 dapat berjalan dengan baik, maka sekolah dan orang tua atau wali bagi peserta didik yang saat ini di kelas akhir dapat saling berkoordinasi.

Unduh Panduan Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021

Pelaksanaan proses verifikasi dan validasi data identitas peserta didik ini harus segera berjalan dengan baik di lapangan, maka Pusdatin menerbitkan “Panduan Verifikasi dan Validasi Data Individu Peserta Didik Tingkat Akhir”.



Sebagai bahan pedoman: Unduh Panduan Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir Tahun Pelajaran 2020/2021.

Panduan yang sudah disampaikan ini diharapkan dapat menjadi pedoman, arahan, dan pegangan dalam pelaksanaan Verval Data Individu Peserta Didik Kelas Akhir 2020/2021.

Post a Comment

0 Comments